Bedak Bayi Yang Bagus dan Aman Bedak Bayi Yang Bagus dan Aman
Momen Perawatanku

Bedak Bayi Yang Bagus dan Aman

11 January 2018

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi saat cuaca gerah dan panas adalah biang keringat. Bedak bayi yang bagus bisa jadi solusi andalan Bunda untuk mengatasi masalah biang keringat, karena bedak bayi membantu agar kulit bayi terasa lebih dingin dan tidak gatal. Tapi ingat, Bunda harus memilih bedak bayi yang aman digunakan oleh si kecil dan menggunakan bedak bayi tersebut dengan cara yang tepat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Bedak Bayi yang Bagus untuk Si Kecil

Kini, Bunda bisa menemukan bedak bayi yang bagus untuk si kecil dengan lebih mudah di toko bayi atau supermarket. Akan tetapi, Bunda tetap perlu memperhatikan beberapa hal ketika memberikan bedak bayi pada si kecil, seperti berikut ini:

1. Cek jenis biang keringat yang dialami bayi

Kalau gelembung biang keringat terasa kering dan tidak kemerahan, Bunda bisa menaburkan bedak bayi di atas biang keringat tersebut untuk membantu menghilangkan rasa gatal. Tapi kalau biang keringat terasa basah, jangan gunakan bedak bayi, karena penggunaan bedak bayi justru akan menyumbat pori-pori kulit bayi.

2. Taburkan bedak pada kulit bayi yang sudah dikeringkan

Bedak bayi yang ditaburkan pada kulit bayi yang basah justru akan menyumbat pori-pori kulit bayi dan menyebabkan biang keringat. Karena itu, pastikan kulit bayi dalam keadaan kering sebelum Bunda menaburkan bedak bayi di atasnya. Kalau kulit bayi berkeringat, lap dulu kulit bayi dengan lap atau handuk basah yang lembut, lalu keringkan kulitnya dengan lap atau handuk yang kering. Setelah kulit kering, Bunda bisa menaburkan bedak bayi pada kulit bayi. Penggunaan bedak bayi akan membantu menjaga kulit bayi tetap kering dan tidak lembab.

3. Pilih produk bedak bayi yang bagus dan tepat

Penggunaan bedak bayi yang tepat adalah faktor penting untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi. Bedak bayi yang bagus adalah bedak yang sudah disesuaikan dengan kondisi kulit bayi. Selain itu, bedak bayi yang mengandung Zinc akan membantu mengurangi dan mengatasi iritasi ringan serta kulit kemerahan. Contohnya adalah Zwitsal Baby Powder Extra Care dengan Zinc.

Selain mengandung Zinc, Zwitsal Baby Powder serta produk Zwitsal lainnya juga telah teruji Hypo-allergenic sehingga memiliki risiko lebih kecil untuk menyebabkan alergi pada bayi, bahkan pada kulit bayi yang sensitif sekalipun. Pemakaian Zwitsal Baby Powder tentu akan membantu Bunda mencegah atau mengatasi masalah biang keringat Si Kecil.

Selain penggunaan bedak bayi yang bagus, ada beberapa hal lain yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah masalah biang keringat, yaitu:

1. Pilih pakaian yang terbuat dari materi alami seperti katun yang lebih menyerap keringat. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis. Selain itu, sebaiknya bayi tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang longgar mencegah keringat menjadi terperangkap di kulit bayi dan mengurangi resiko biang keringat.

2. Saat memandikan bayi, perhatikan bagian-bagian lipatan kulit bayi seperti leher. Tidak jarang ada keringat yang tertinggal di bagian-bagian lipatan kulit seperti ini, sehingga menyebabkan biang keringat. Karena itu, pastikan bagian-bagian lipatan kulit telah dibersihkan dengan sempurna dan dikeringkan dengan baik. Bila bayi berkeringat atau kepanasan, segera bersihkan keringatnya dengan lap atau handuk basah yang lembut, lalu keringkan dengan lap atau handuk kering.

3. Sebaiknya bayi tidak merasa kepanasan terlalu lama. Jadi, hindari berada di bawah terik matahari langsung terlalu lama. Bila si kecil sedang bermain di luar ruangan, cari area yang teduh agar dia merasa lebih nyaman.

Bila Bunda dan si kecil tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, mencegah bayi berkeringat memang rasanya tidak mungkin. Namun, bukan berarti masalah biang keringat pada bayi tidak bisa dicegah dan ditangani, lho. Dengan perpaduan bedak bayi yang bagus untuk biang keringat serta tindakan-tindakan pencegahan yang Bunda lakukan, masalah biang keringat pada bayi bisa dicegah sebelum terjadi.

Bunda juga tidak perlu terlalu khawatir si kecil mengalami masalah biang keringat. Selama bayi masih tetap aktif, biang keringat tidak terasa hangat saat disentuh, dan Si Kecil tidak demam ataupun menggigil, biang keringat yang ia alami masih termasuk normal.

Sumber:

ayahbunda.co.id/Artikel/bayi/tanya.jawab/bedak.bayi.untuk.biang.keringat/001/006/349/1/1

ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Bayi/atasi.biang.keringat.pada.bayi/001/001/100/3/3

zwitsal.co.id/bayi/bayi-archive/410-perawatan-bayi-untuk-cegah-biang-keringat

https://www.babycenter.com/0_heat-rash_10881.bc

Go to Top