Momen Gayaku

3 Tips Agar Rambut Si Kecil Tumbuh Lebat, Sehat, dan Kuat

29 July 2017

Hampir semua ibu menginginkan rambut bayinya tumbuh dengan lebat dan sehat. Tapi, tahukah Bunda bahwa ada beberapa faktor yang menentukan kesuburan rambut bayi? Faktor tersebut adalah keturunan, hormonal, asupan gizi, lingkungan, dan perawatan. Jika rambut bayi tipis karena faktor keturunan dan hormonal, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Dengan mengoptimalkan faktor gizi, lingkungan, dan perawatan, rambut si kecil bisa tetap tumbuh lebat, sehat, dan kuat. Berikut ini tipsnya.

1. Berikan Makanan Penyubur Rambut

Jika si kecil sudah mengonsumsi MPASI, pastikan ia mendapatkan banyak protein sehat dari salmon, telur, dan bayam. Asupan protein yang cukup dapat membantu rambut si kecil tumbuh dengan baik. Vitamin B, C, dan E adalah jenis vitamin yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Bunda bisa menyajikan kelengkapan vitamin tersebut dari aneka sayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan seperti jeruk, alpukat, wortel, labu, ubi jalar, kacang almond, dan kacang kenari. Tidak boleh ketinggalan, asupan si kecil juga harus mengandung cukup zat besi, yaitu antara 7-10 mg per hari. Zat besi dapat menjaga rambut si kecil dari kerontokan. Mineral ini bisa didapat antara lain dari hati ayam, beras merah, kentang, kacang hijau, dan aprikot.


2. Lindungi Rambut si Kecil

Panas dan kotoran bisa merusak dan menghambat pertumbuhan rambut bayi. Jika Bunda hendak mengajak si kecil keluar rumah, pakaikan topi atau penutup kepala yang bisa melindungi rambutnya dari terik matahari, debu, dan polusi. Selain itu, pada usia bayi dan balita, Bunda sebaiknya tidak memakaikan aksesoris rambut yang berlebihan seperti ikat rambut atau jepit rambut yang dapat membebani rambut si kecil. Pemakaian aksesoris dalam waktu lama dapat membuat rambut si kecil mudah rontok dan bertambah tipis. Tapi, sesekali Bunda boleh memakaikan bando yang longgar dan tidak terlalu besar untuk mempercantik tampilannya.


3. Rawat Rambutnya Setiap Hari

Perawatan rambut harian yang perlu Bunda lakukan pada si kecil di antaranya adalah mencuci rambutnya dengan sampo yang berformula lembut dan hypo-allergenic, mengoleskan hair lotion, dan menyisir dengan baik. Mencuci rambut si kecil secara teratur dapat membuat rambut dan kulit kepalanya sehat dan membantu membersihkan sisik kepala. Sedangkan mengoleskan hair lotion bermanfaat untuk memberikan kelembapan alami pada rambut dan kulit kepala bayi agar rambutnya tumbuh lebih tebal, hitam, bercahaya, dan lembut. Selanjutnya, rambut si kecil pun akan lebih mudah disisir dan tidak kusut. Menyisir rambut bayi sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan mengikuti alur rambutnya.


Karena rambut si kecil yang tebal dan sehat adalah kebanggaan Bunda, yuk lakukan tips di atas secara rutin!


Sumber:

ayahbunda.co.id

parentinghealthybabies.com

livestrong.com

Go to Top