Tidur Nyenyak Saat Hamil Tidur Nyenyak Saat Hamil

Tidur Nyenyak Saat Hamil

29 July 2017

Setiap ibu hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup. Sayangnya, Bunda mungkin justru lebih sulit mendapatkan tidur nyenyak ketika hamil. Penyebabnya beragam, mulai dari bentuk tubuh yang semakin besar sehingga Bunda sulit mendapatkan posisi yang nyaman untuk tidur, sampai frekuensi buang air kecil yang semakin sering, sehingga Bunda sering terbangun di malam hari. Lalu apa yang harus Bunda lakukan agar Bunda bisa tidur nyenyak di malam hari selama masa kehamilan?

Beberapa Tips dan Cara sederhana yang bisa membantu Bunda tidur lebih enak dan nyenyak

  1. Gunakan Bantal Tambahan Gunakanlah bantal untuk menopang bagian perut dan punggung Bunda saat tidur. Selain itu, memeluk guling juga membuat posisi tidur menyamping jadi lebih nyaman dan mudah dilakukan. Carilah posisi tidur yang paling nyaman saat hamil, dan letakkan beberapa bantal untuk menjaga posisi tidur Bunda tersebut.
  2. Minum Susu Sebelum Tidur Segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu Bunda tidur lebih nyenyak. Makanan kaya karbohidrat seperti roti atau biskuit juga bisa jadi pilihan. Selain itu, makanan kaya protein akan menjaga kadar gula dalam darah, sehingga membantu mencegah sakit kepala saat tidur. Karena itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tersebut sebelum tidur adalah pilihan yang baik. Dan, hindarilah makanan yang mengandung kadar gula tinggi ataupun kafein.
  3. Belajar Teknik Relaksasi Teknik relaksasi seperti peregangan, yoga, serta teknik pernafasan akan membantu Bunda menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh, sehingga tidur pun akan lebih nyenyak.
  4. Olahraga Selain membantu menjaga kesehatan kehamilan, olahraga juga membantu Bunda tidur lebih nyenyak selama masa kehamilan. Namun, jaga agar Bunda tidak melakukan olahraga berat maksimal 4 jam sebelum waktu tidur.
  5. Mandi Air Hangat Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu Bunda merasa lebih rileks, sehingga Bunda lebih mudah tidur.
  6. Atur Asupan Cairan Bunda memang harus mendapatkan cairan yang cukup saat hamil. Tapi jaga agar Bunda tidak mengonsumsi cairan secara berlebihan pada beberapa jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mencegah Bunda terlalu sering terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil.
  7. Cegah Masalah Lambung Wanita hamil kadang mengalami masalah nyeri ulu hati yang bisa mengganggu tidur. Untuk mencegah masalah ini, jangan berbaring selama 1 – 2 jam setelah makan. Hindarilah makanan gorengan serta makanan yang terlalu pedas dan asam. Bunda juga bisa tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mencegah masalah lambung.

Bila masalah susah tidur terus berkelanjutan dan mengganggu Bunda, bahkan membahayakan kesehatan kehamilan, segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan Bunda. Jangan menganggap remeh masalah sulit tidur, karena pada masa kehamilan Bunda sangat membutuhkan istirahat yang cukup.

Sumber:

http://www.parents.com/pregnancy/my-life/sleep/10-pregnancy-sleep-tips/

http://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/sleeping-like-a-baby.aspx

http://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/pregnancy-insomnia

Go to Top