Tempat yang Tepat untuk Pijat Bayi Tempat yang Tepat untuk Pijat Bayi

Tempat yang Tepat untuk Pijat Bayi

29 July 2017

Pijat bayi memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan serta tumbuh kembang bayi. Tapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut secara optimal, banyak hal yang harus Bunda perhatikan saat melakukan Pijat Sehat untuk si kecil, misalnya teknik memijat, gerakan pijatan, suasana hati si kecil, serta respon yang ia berikan terhadap pijat bayi yang Bunda lakukan. Faktor penting lain yang juga perlu diperhatikan adalah lokasi tempat pijatdilakukan.

Saat melakukan tahap Pijat Sehat untuk si kecil, pilihlah ruangan dengan beberapa faktor penting berikut ini:

1. Hangat dan tidak pengap

Pilihlah ruangan yang hangat namun tidak terlalu panas. Ingat, bayi biasanya tidak mengenakan pakaian saat dipijat. Karena itu, ruangan yang terlalu dingin atau terlalu berangin bisa membuatnya masuk angin. Selain itu, pilih juga ruangan yang tidak pengap agar si kecil merasa nyaman saat dipijat.

2. Tenang dan tidak berisik

Pijat bayi adalah saat yang tepat untuk membangun bonding antara Bunda dan si kecil. Sentuhan yang Bunda berikan serta kontak mata antara Bunda dan si kecil mungkin tampak sederhana, tapi berperan besar untuk memperkuat hubungan antara Bunda dan si kecil. Karena itu, sebaiknya pijat bayi dilakukan di ruangan yang tenang agar konsentrasi Bunda dan si kecil tidak terpecah. Musik yang lembut sudah cukup untuk menemani Bunda dan si kecil selama proses pijat bayi.

3. Cukup terang

Saat melakukan pijat bayi, Bunda harus memperhatikan respon si kecil terhadap pijatan yang Bunda lakukan. Selain ekspresi si kecil, warna kulit bayi saat dipijat juga bisa jadi indikator. Kalau kulitnya berwarna kemerahan saat dipijat, berarti pemijatan telah cukup dilakukan. Kalau ruangan tempat pijat bayi terlalu gelap, perubahan warna kulit si kecil bisa tak terlihat dan pemijatan akan jadi berlebihan. Ruangan dengan penerangan alami seperti sinar matahari di pagi hari bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Hindari wewangian yang terlalu kuat

Baby oil yang digunakan saat pijat bayi sudah memiliki keharuman lembut yang cukup sebagai stimulasi indera penciuman bayi. Bunda tak perlu menambahkan aroma terapi atau pewangi ruangan yang terlalu kuat. Beberapa pewangi yang terlalu kuat justru bisa membuat bayi alergi, lho.

Selain faktor-faktor di atas, tentu saja faktor kebersihan ruangan juga harus diperhatikan. Tempat yang tepat tak hanya membuat Bunda dan si kecil lebih nyaman saat Pijat Sehat, tapi juga membantu Bunda memberikan manfaat pijat bayi secara lebih optimal untuk si kecil.

Sumber:

Panduan Pintar Pengasuhan Bayi; Yazid Subakti, S.Si & Deri Rizki Anggarani, S.Gz; halaman 240

iaimbabymassage.co.uk/baby-massage-questions-and-answers.html#30

Go to Top