Temani Bunda Senam Hamil, Yuk!

29 July 2017

Memang bukan hanya Bunda yang berperan penting dalam menjaga kehamilan yang sehat. Peran Ayah dalam menjaga kehamilan Bunda pun tak boleh dianggap enteng. Salah satunya adalah ketika Ayah menemani Bunda saat senam hamil. Bunda yang melakukan senam hamil bersama Ayah akan merasa lebih bersemangat untuk menjalani senam hamil secara rutin. Ayah yang menemani Bunda melakukan senam hamil juga jadi lebih tahu tentang pertolongan pertama yang bisa Ayah berikan pada Bunda pada saat persalinan. Dengan pengetahuan yang lengkap, Ayah pun bisa membantu Bunda dalam mengatasi rasa sakit yang dialami selama persalinan. Beberapa gerakan senam hamil yang bisa Ayah lakukan bersama Bunda di antaranya adalah:

  1. Pregnancy Squat Ayah dan Bunda berdiri saling berhadapan sambil saling berpegangan. Setelah itu, perlahan-lahan Ayah dan Bunda mengambil posisi jongkok dengan telapak kaki tetap menempel pada lantai. Tahan posisi jongkok selama sekitar 30-90 detik, setelah itu kembalilah ke posisi berdiri. Dalam gerakan ini, Ayah bisa membantu Bunda menjaga keseimbangannya, sehingga Bunda tidak mudah terjatuh.
  2. Seated Partner Straddle Ayah dan Bunda duduk berselonjor di lantai dengan saling berhadapan dan saling berpegangan di pergelangan tangan. Buka kedua kaki Ayah dan Bunda membentuk huruf V dan posisikan kaki Ayah di bagian dalam kaki bagian bawah Bunda. Lalu perlahan-lahan Ayah menarik tubuh Bunda agar tubuh bagian atas Bunda condong ke depan. Setelah itu, lakukan arah sebaliknya di mana Ayah menahan tubuh Bunda yang condong ke belakang. Peran Ayah dalam gerakan ini adalah untuk menahan Bunda agar tidak terjatuh. Tapi jangan lupa, pastikan Bunda tetap nyaman dan tidak merasa sakit, ya.
  3. Back and Chest Stretch Ayah dan Bunda duduk saling membelakangi dengan punggung saling bersentuhan. Silangkan kaki Bunda senyaman mungkin dan duduklah tegak. Setelah itu, perlahan-lahan Bunda mencondongkan tubuh ke belakang sambil bersandar pada Ayah, sehingga tubuh Ayah akan condong ke depan. Tahan posisi ini selama beberapa saat, lalu lakukan arah sebaliknya di mana tubuh Ayah akan condong ke belakang sambil bersandar pada Bunda, sehingga tubuh Bunda akan condong ke depan.

Selain senam hamil, Ayah juga bisa menemani Bunda melakukan olahraga lain secara rutin, misalnya jalan pagi atau berenang. Berolahraga bersama Bunda juga membantu menghindari masalah yang mungkin muncul selama Bunda berolahraga karena Ayah bisa melihat perubahan atau rasa sakit yang Bunda alami tapi tidak Bunda sadari selama berolahraga. Hasilnya, Bunda pun bisa berolahraga dengan lebih aman. Makin banyak alasan untuk menemani Bunda berolahraga, kan? Jadi, temani Bunda berolahraga, yuk!   Sumber: fitpregnancy.com/exercise/prenatal-workouts/it-takes-two-baby motherandbaby.co.id/article/2014/2/13/1562/Perlunya-Menemani-Istri-Bersalin

Go to Top