Sudahkah Bunda Memiliki Nama Bagi Si Kecil?

29 July 2017

Bertambahnya anggota keluarga yang telah dinantikan selama ini membuat Ayah dan Bunda berbahagia. Kegiatan memilih dan memberi nama kepada si bayi baru lahir menjadi momen istimewa bagi setiap orangtua. Tak hanya orangtua saja yang bisa memberi usulan nama, bahkan keluarga dekat lainnya seperti Orangtua pasangan, Mertua, Kakek, Nenek dan sesepuh keluarga juga bisa turut andil memberi nama bagi calon sang Buah Hati. Agar si Kecil memiliki nama yang istimewa, unik dan pas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda dalam mencipta dan memilihkan nama si Kecil sehingga kelak di kemudian hari kita puas dengan nama yang baik serta anak bangga dengan namanya yang bagus dan orang lain tidak ada yang keberatan dengan pemberian nama anak kita tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  1. Buat nama yang artinya baik Nama adalah doa. Oleh sebab itu sebaiknya nama memiliki arti dan makna yang baik. Anak berhak untuk diberi nama yang baik karena nama merupakan doa dari orangtuanya.
  2. Indah, mudah diucapkan dan enak didengar Nama yang diberikan bagi si Kecil sebaiknya adalah nama yang baik dan indah sehingga setiap orang yang mendengar namanya akan membayangkan seseorang yang baik dan terasa aura positifnya. Perlu diperhatikan pula nama singkat atau panggilan si Kecil agar sesuai dengan nama panjangnya, tetap indah dan mengandung arti yang baik.
  3. Tegas menjelaskan siapa anak kita Pilih nama yang memastikan orang tahu jenis kelamin anak kita. Nama perempuan untuk anak perempuan dan nama lelaki untuk anak laki-laki. Bila Ayah dan Bunda menyenangi nama netral, sebaiknya pilih nama yang tetap indah, pas didengar dan benar-benar netral. Pada akhir nama bisa diberi nama keluarga ataupun nama marga.
  4. Jangan terlalu panjang atau sulit dieja Berikan nama paling panjang min. 3 suku kata. Semakin panjang nama anak, maka akan semakin menyulitkan anak dalam menuliskan namanya dan menyulitkan orang lain untuk menghafal/mengingat nama anak kita. Dalam mengisi lembar ujian/formulir pun memerlukan waktu yang cukup lama untuk menuliskan nama, apalagi jika mengisi kertas lembar jawaban komputer.
  5. Nama unik (tidak pasaran) atau bukan nama orang terkenal bisa jadi pertimbangan Bila memungkinkan beri si Kecil nama yang unik dan jarang/belum ada yang punya. Lakukan kombinasi nama unik dan nama biasa agar menarik, dan perhatikan keserasian antara nama depan, tengah dan belakang. Sebaiknya tidak memberikan nama penjahat atau tokoh antagonis. Perhatikan juga jika ingin memberikan nama tokoh atau artis terkenal agar ketenaran orang itu tidak membayangi atau memberatkan sang anak.Jika Ayah dan Bunda telah memiliki beberapa ide nama untuk si Kecil, tulislah semua nama itu beserta artinya di buku catatan, lalu bandingkan satu sama lain. Bila perlu beri bobot penilaian untuk mengetahui nama yang terbaik untuk si Kecil. Pilih salah satu dan sisanya dapat disimpan untuk Buah Hati berikutnya atau bisa diberi kepada orang lain yang membutuhkan ide nama untuk bayinya yang akan lahir. Nah, bagi  Ayah dan Bunda yang tengah menanti kelahiran sang Buah Hati, beruntung saat ini tidak perlu repot mencari. Zwitsal menghadirkan Baby Name Generator langsung di layar Bunda. Dengan mengklik menu Baby Name Generator , Bunda bebas mencari nama untuk si Buah Hati,  berikut dengan artinya.

Go to Top