Resiko Obesitas pada Ibu Hamil dan Janin Resiko Obesitas pada Ibu Hamil dan Janin

Resiko Obesitas pada Ibu Hamil dan Janin

29 July 2017

Kegemukan yang berlebih atau obesitas cukup sering dialami ibu hamil saat menjalani masa kehamilan. Salah satu penyebabnya adalah mitos bahwa selama hamil seorang ibu harus memberi makan 2 individu, yakni dirinya dan bayi dalam kandungannya. Akibatnya, terjadi penumpukan kalori yang berujung pada kegemukan.

Jika sebelum hamil berat badan Bunda normal, jagalah kenaikan berat badan antara 12-16 kg selama hamil. Akan tetapi, jika sebelum hamil berat badan Bunda sudah berlebih, Bunda harus lebih berhati-hati, yaitu dengan mengusahakan agar kenaikan berat badan sekitar 5-7 kg selama hamil. Hal ini dilakukan agar Bunda terhindar dari obesitas yang dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat membahayakan Bunda dan janin jika Bunda mengalami obesitas saat hamil, yaitu:

  1. Preklampsia. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar protein di dalam urin, serta pembengkakan pada kaki dan tangan yang mengakibatkan aliran darah menuju janin menjadi terhambat. Kemudian penyakit ini akan berlanjut pada eklampsia yang dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami koma, baik itu sebelum, ketika dan setelah melahirkan dan bahkan bisa berujung pada kematian.
  2. Diabetes gestasional. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah yang terjadi selama masa kehamilan.
  3. Bayi lahir prematur atau bayi lahir kurang dari 37 minggu.
  4. Bayi lahir dengan cacat bawaan. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para dokter di New York menemukan bahwa ibu hamil yang mengalami obesitas akan sangat berisiko melahirkan bayi dengan cacat jantung bawaan.
  5. Bayi mengalami Makrosomia dimana ukuran janin terlalu besar yaitu lebar bahu lebih besar daripada diameter kepala sehingga menyulitkan proses melahirkan dan komplikasi persalinan.
  6. Obesitas pada bayi.
  7. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami obesitas akan berujung pada kematian saat dilahirkan.

Ibu hamil yang mengalami obesitas akan mengalami kesulitan saat menjalani proses persalinan secara alami. Hal ini disebabkan timbunan lemak yang mempersulit proses kelahiran bayi melewati jalan lahir sehingga harus dilakukan tindakan operasi caesar.

Sumber:

www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/inilah.risiko.obesitas.pada.ibu.hamil/001/001/1767/3

www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/risiko.obesitas.pada.janin/001/001/1769/3

Go to Top