Posisi Menggendong Bayi dengan Benar Posisi Menggendong Bayi dengan Benar

Posisi Menggendong Bayi dengan Benar

29 July 2017

Menggendong bayi adalah salah satu hal yang dipelajari Bunda sebagai cara merawat bayi yang baru lahir. Cara sederhana inilah yang akan membantu Bunda menjalani kehidupan sebagai orangtua, karena gendongan Bunda-lah yang akan menenangkan si kecil saat dia rewel ataupun untuk membuat dia terlelap. Selain itu, saat pertama kali menggendong si kecil bisa dibilang saat itu adalah salah satu momen tak terlupakan dalam kehidupan seorang ibu. Tapi bagi Bunda yang baru pertama kali menjadi seorang ibu, bisa jadi Bunda merasa tidak yakin, bagaimana cara terbaik untuk menggendong si kecil? Berikut ini adalah beberapa cara menggendong bayi yang bisa Bunda coba.

Berikut 4 Posisi Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Aman dan Nyaman Untuk Si Kecil

  1. Posisi Membuai Letakkan si kecil di kedua lengan dengan keadaan lengan menekuk. Seimbangkan posisinya dengan bagian bawah lengan dan tangan Bunda. Posisi ini membuat bayi merasa aman dan nyaman karena posisi bayi mirip posisi janin dalam kandungan, sehingga sering digunakan untuk bayi yang baru lahir.
  2. Posisi Duduk di Lengan Posisikan punggung bayi di dada Bunda dengan cara meletakkan satu lengan Bunda di bawah bokongnya dan lengan Bunda yang lain di depan dada si kecil. Posisi ini sangat cocok untuk si kecil yang suka melihat keadaan di sekitarnya.
  3. Posisi Menggendong di Bahu Ketika menggunakan posisi ini, bayi berada dalam posisi ‘berdiri’ dengan tangan Bunda berada di bawah bokongnya. Tapi bila dilakukan dengan salah, posisi ini bisa mengakibatkan postur buruk pada bayi, karena melemahkan otot punggungnya. Untuk mencegahnya, pastikan bagian atas tubuh bayi lurus dan tidak menekuk.
  4. Posisi Astronot Posisi ini adalah pilihan tepat bila Bunda sedang lelah menggendong si kecil. Duduklah dan letakkan bayi Bunda di atas pangkuan Bunda dengan kepalanya di bagian lutut Bunda dan kakinya di perut Bunda. Posisi ini juga akan membantu Bunda berinteraksi dengan si kecil
Posisi menggendongmana yang paling sering Bunda gunakan? Apapun posisi menggendong yang Bunda atau Ayah lakukan, pastikan si kecil merasa nyaman saat digendong.


Sumber:

http://www.kiwimagonline.com/2012/02/posture-perfect-the-best-way-to-hold-your-baby/, diakses 10 Februari 2013

http://www.parenting.com/article/how-to-hold-a-baby, diakses 10 Februari 2013

Go to Top