Pakai Baju Yuk, Sayang! Pakai Baju Yuk, Sayang!

Pakai Baju Yuk, Sayang!

29 July 2017

Di minggu pertama kelahiran si kecil, bunda pasti masih perlu membiasakan diri dengan kebiasaan bersama si kecil. Salah satunya mengganti baju si kecil. Yuk ikuti tips ini, supaya acara ganti baju si kecil tidak lagi heboh.

  1. Tetap tenang Biasanya bayi akan menangis dan rewel saat bajunya diganti. Bunda tidak perlu panik, lanjutkan saja membuka bajunya dengan cepat dan hati-hati. Ajak si kecil bicara atau menyanyi supaya perhatiannya teralihkan.
  2. Rajin berlatih Bunda perlu tahu cara mengganti baju yang paling efisien, apakah dilakukan di tempat tidur, meja ganti baju atau di pangkuan bunda. Semakin sering berlatih, bunda akan menemukan selahnya dan cara yang paling nyaman bagi bunda dan si kecil.
  3. Memakaikan baju dengan kancing depan Baringkan si kecil. Masukkan tangan kanan si kecil ke dalam lengan baju. Angkat bagian belakang leher dan punggung si kecil secara hati-hati lalu selipkan bagian belakang baju sehingga menutupi punggung si kecil. Baringkan si kecil kembali dan masukan tangan kiri si kecil ke dalam lengan baju yang lain.
  4. Memakaikan baju tanpa kancing depan Baringkan si kecil, gulung baju dari bawah ke bagian leher. Regangkan bagian lehernya, lalu bagian depan baju didekatkan ke dagu si kecil. Angkat bagian belakang kepala si kecil dengan hati-hati menggunakan tangan kiri bunda. Sementara tangan kanan, menarik bagian belakang baju. Turunkan kembali kepala. Setelah itu regangkan bagian tangan baju dan tahan dengan jari bunda. Masukan tangan bayi perlahan-lahan. Ulangi untuk tangan yang lain. Tarik baju ke bawah dan rapikan.
  5. Baju terusan celana Letakkan baju dalam keadaan kancing terbuka. Baringkan si kecil di atas baju tersebut. Masukkan kaki bayi ke dalam bajunya. Kemudian tarik lengan baju menutupi tangan si kecil dan pasang semua kancing bajunya.
  6. Yang penting praktis dan nyaman Pilih selalu baju yang tidak menyulitkan bunda saat harus mengenakan dan melepaskan dari tubuh si kecil. Ingat, bunda harus melakukannya juga di tengah malam dalam keadaan mengantuk lho!

Sumber: Ayahbunda

Go to Top