[Moms - Food & Nutrition] Camilan Sehat, Konsumsi Biji Bunga Matahari Yuk!

29 July 2017

Menonton televisi, berbincang sore dengan Ayah, atau bahkan sambil bekerja, camilan dapat selalu menjadi teman yang tepat. Tapi kalau camilannya tinggi kadar gula dan garamnya, serta tidak mempunyai kandungan gizi, sudah jelas Bunda membuang waktu untuk mengunyah. Namun, kalau pilihan camilannya sehat, ya pasti akan sangat bermanfaat untuk Bunda. Kali ini kami mau mereferensikan biji bunga matahari sebagai teman camilan yang sehat. Walaupun membuka kulitnya lebih lama dari memakannya, tapi jenis biji-bijian satu ini memiliki banyak manfaat yang tidak boleh dilewatkan oleh Bunda, seperti:

Kesehatan Jantung

Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E terbaik yang berperan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan jantung sekaligus daya tahan tubuh secara umum.

Kesehatan Tulang

Ternyata biji bunga matahari kaya akan magnesium dan kalsium! Kalsium diperlukan untuk membentuk tulang kuat dan magnesium juga sangat berperan dalam perkembangan pembentukan tulang. Kekurangan kalsium akan membuat pertumbuhan tulang menjadi lambat pada si Kecil. Sedangkan pada Bunda, kekurangan kalsium dapat membuat osteoporosis dini karena kurangnya kepadatan tulang.

Menurunkan Kadar Gula

Bagi Bunda yang memiliki kadar gula tinggi, sebaiknya konsumsilah biji bunga matahari. Karena, biji bunga matahari mengandung senyawa polifenol seperti asam klorogenik, asam quinic, dan asam cafeic yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya di dalam tubuh. Asam klorogenik dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasai pemecahan glikogen dalam hati.

Perkembangan Otak si Kecil

Biji bunga matahari memiliki kandungan asam folat yang tinggi yaitu sekitar 227 mg per 100 gram yang sangat penting untuk sintesis DNA. Jadi mulai sekarang jangan takut untuk menyemil, asal pilihan camilannya sehat dan bermanfaat seperti biji bunga matahari.


Sumber : http://www.onegreenplanet.org/vegan-health/sunflower-seeds-health-benefits-tips-and-recipes/ https://sproutpeople.org/sunflower-sprouts/

Go to Top