Menjaga Kebersihan Bath Toys

29 July 2017

Setiap aktivitas yang dilakukan si kecil bisa jadi waktu bermain yang seru, terutama saat mandi. Acara baby bath pun bisa jadi semakin menyenangkan bila balita Bunda ditemani mainan yang menarik dan mendidik. Tapi, jangan lengah menjaga kebersihan mainan si kecil yang ia gunakan di dalam bak mandi, lho.

Apalagi kondisi kamar mandi yang lembap merupakan lingkungan yang tepat bagi tumbuhnya jamur. Bagaimanakah cara terbaik untuk menjaga kebersihan bath toys dan menjaga kesehatan balita Bunda saat baby bath? Simak beberapa tipsnya berikut ini:

  1. Gunakan bath toys yang memang ditujukan untuk digunakan saat mandi. Mainan seperti ini biasanya lebih mudah kering dan tahan air. Penggunaan mainan yang tak tahan air bisa membahayakan bayi, misalnya cat yang mengelupas atau bagian mainan yang mengelupas karena air.
  2. Selalu keringkan mainan setelah digunakan untuk bermain saat baby bath dengan saksama. Bath toys yang basah dan lembap akan mudah berjamur dan berbahaya bagi kesehatan si kecil.
  3. Jangan malas membersihkan bath toys si kecil secara rutin dengan cairan pembersih yang aman untuk bayi. Walaupun sering terendam air, bukan berarti mainan tersebut selalu bersih.
  4. Bath toys sebaiknya tidak dimainkan di aktivitas lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah kuman dan kotoran menempel pada mainan dan mengotori air mandi si kecil. Kuman dalam air mandi bisa dengan mudah masuk ke telinga, hidung, ataupun mulut si kecil, sehingga membahayakan kesehatannya.

Dengan tips di atas, Bunda pun bisa lebih mudah menjaga kebersihan dan keamanan bath toys si kecil. Selain itu, bisa disimpulkan bahwa mainan yang bisa digunakan untuk bermain saat baby bath adalah mainan yang mudah dikeringkan, tahan air, dan mudah dibersihkan. Mainan yang memenuhi kriteria ini tidak harus mahal.

Bunda bahkan bisa membuat bath toys sendiri untuk dimainkan si kecil saat mandi, misalnya spons yang dibuat menjadi perahu, botol atau gelas plastik yang diberi beberapa lubang kecil untuk membuat ‘pancuran’. Untuk balita yang sangat tertarik dengan berbagai hal baru, mainan sederhana seperti ini pasti akan sangat menyenangkan.Tapi tentunya perhatikan si kecil agar dia tidak memasukkan mainan ini ke dalam mulutnya ya. Selamat bermain!

Sumber: http://voices.yahoo.com/keep-babys-bath-toys-safe-healthy-376570.html?cat=25 http://www.whattoexpect.com/baby-bathtime-basics/diy-bath-toys.aspx

Go to Top