Mengenal Baby Oil

29 July 2017

Bunda mungkin sudah sering mendengar, atau bahkan menggunakan, produk perawatan bayi berupa baby oil. Tapi sebenarnya apa fungsi baby oil? Apakah bayi harus menggunakan baby oil untuk perawatan kulit mereka?

Baby oil merupakan emollients, yaitu zat yang berfungsi melembapkan dan melembutkan kulit, yang biasanya digunakan untuk mengatasi atau mencegah masalah kulit bayi kering. Kandungan emollients biasanya juga terdapat pada produk yang berfungsi untuk mengatasi jerawat, bibir pecah-pecah, ruam popok, serta masalah iritasi kulit ringan lainnya.

Walaupun pada dasarnya aman, tapi ada beberapa kondisi di mana Bunda disarankan untuk tidak menggunakan baby oil. Misalnya untuk menangani atau mencegah infeksi kulit. Kalau si kecil memiliki masalah luka terbuka, kulit bengkak atau kemerahan, iritasi kulit yang cukup parah, ataupun alergi, sebaiknya Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter anak untuk memastikan apakah Bunda bisa menggunakan baby oil untuk kulit si kecil atau tidak.

Untuk mencegah reaksi alergi atau akibat lain yang tidak diinginkan setelah pemakaian baby oil, ada beberapa hal yang sebaiknya Bunda perhatikan, yaitu:

  1. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan produk baby oil, atau sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter anak. Jangan gunakan baby oil dengan jumlah lebih sedikit atau lebih banyak dari yang disarankan.
  2. Oleskan baby oil pada kulit yang telah dibersihkan. Lebih baik lagi bahkan bila kulit masih basah atau lembab. Itu sebabnya disarankan baby oil digunakan setelah bayi dimandikan.
  3. Oleskan sedikit baby oil ke kulit si kecil terlebih dulu. Kalau bayi Bunda tidak mengalami reaksi alergi, barulah Bunda bisa menggunakan produk ini dalam jumlah agak banyak. Tapi kalau si kecil mengalami reaksi alergi seperti ruam, bengkak, dll, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasilah pada dokter anak.
  4. Jangan sampai baby oil mengenai bagian mata, hidung, dan mulut bayi. Bila hal ini terjadi, bilas segera dengan air bersih.
  5. Simpan baby oil di tempat yang kering, sejuk, dan jauhkan dari sinar matahari. Jangan lupa juga untuk menjaga wadah baby oil tertutup rapat saat sedang tidak digunakan.

Baby oil adalah salah satu produk bayi yang memiliki banyak fungsi. Selain untuk melembapkan kulitdanmengatasi masalah kulit bayi, baby oil juga tepat digunakan saat Bunda melakukan pijat bayi, untuk mengatasi masalah kulit kepala bayi yang kering, serta untuk membersihkan kotoran di kulit bayi yang sulit dihilangkan.

Sumber:

http://www.drugs.com/mtm/baby-oil.html

http://www.whattoexpect.com/first-year/baby-care-products-you-really-need.aspx#

Go to Top