Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

29 July 2017

Pada trimester ketiga kehamilan, tubuh Bunda mungkin akan mulai merasa sakit karena berat bayi dalam kandungan Bunda. Masalah seperti sulit tidur dan mudah lelah mungkin akan dialami Bunda pada 3 bulan terakhir ini, dan semuanya diperparah dengan masalah lain yang sering dialami oleh ibu hamil: sakit punggung.

1 dari 10 wanita mengalami sakit punggung selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh hormon tubuh Bunda sudah mempersiapkan diri untuk proses kelahiran, sehingga sendi Bunda mulai melonggar. Postur tubuh Bunda juga dipengaruhi oleh perubahan pusat gravitasi tubuh Bunda seiring dengan pertumbuhan bayi dalam perut Bunda, sehingga punggung Bunda menanggung lebih banyak berat.

Solusi yang akan 100% menghilangkan sakit punggung Bunda adalah proses kelahiran. Tapi sambil menunggu waktu itu tiba dengan tabah, Bunda bisa mencoba beberapa cara untuk mengurangi intensitas dan frekuensi sakit punggung Bunda, yaitu:

  1. Olahraga rutin sejak awal kehamilan untuk memperkuat dan menyiapkan otot Bunda terhadap ‘kerja berat’ yang akan dilakukannya di akhir masa kehamilan
  2. Hindari gerakan berjongkok, terutama bila Bunda harus mengangkat sesuatu dari lantai
  3. Kenakan sepatu yang nyaman. Stop pemakaian sepatu hak tinggi di trimester akhir kehamilan Bunda
  4. Kompres area yang sakit dengan kompres panas atau dingin
  5. Tidurlah di sisi kiri Bunda dengan bantal di bawah lutut Bunda
  6. Pijat kehamilan akan membantu meredakan sakit. Carilah rekomendasi terbaik untuk terapis pijat yang bisa dipercaya, aman, dan biasa memijat ibu hamil

Bila sakit punggung Bunda datang secara tiba-tiba dengan intensitas tinggi, sebaiknya Bunda segera menghubungi dokter kandungan, karena sakit punggung yang disertai kram bisa menjadi tanda awal proses kelahiran.

Sumber: http://o5.com/how-to-deal-with-backpain-during-pregnancy/

Go to Top