Mengapa Perlu Baby Oil Saat Memijat Bayi?

29 July 2017

Ketika Bunda merasa pegal ataupun stres, kadang-kadang yang terbayang di benak adalah spa nyaman dengan pijatan lembut yang mengusir rasa penat. Manfaat pijat salah satunya memang memberikan rasa rileks. Manfaat ini tak hanya berlaku pada orang dewasa saja, lho. Bayi Bunda pun akan mendapatkan manfaat menenangkan dari pijat bayi secara rutin. Manfaat pijat untuk tumbuh kembang bayi pun tak sedikit.

Tapi tentu saja, pijat untuk orang dewasa tak sama dengan pijat untuk bayi. Pijat bayi tentu harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan lebih lembut sehingga tidak akan melukai bayi. Selain cermat memberikan tekanan secukupnya saat memijat bayi, Bunda juga disarankan menggunakan baby oil untuk mengurangi gesekan antara tangan Bunda dan kulit bayi. Risiko kulit bayi terluka akibat pijat bayi pun berkurang. Tentu saja, Bunda juga tak boleh lupa melepaskan perhiasan atau aksesoris lain seperti cincin atau gelang saat memijat bayi, ya. Jangan sampai kulit si kecil terluka karena hal ini.

Baby oil yang Bunda gunakan saat memijat bayi juga harus dipilih dengan cermat. Baby oil dengan kandunganaloe vera yang tidak lengket adalah salah satunya yang dapat membantu gerakan pijat bayi menjadi lebih mengalir dan terasa nyaman. Selain itu, baby oil yang mudah diserap kulit bayi juga diperlukan agar kulit bayi tak perlu dibasuh ataupun dilap dengan kain setelah aktivitas pijat bayi. Baby oil yang mudah diserap kulit, misalnya baby oil yang mengandung aloe vera, juga tak akan menyumbat pori-pori kulit bayi.

Agar dapat digunakan dalam jumlah yang cukup, tuangkan sedikit baby oil ke dalam wadah bersih. Bunda pun tinggal mencelupkan jemari Bunda ke dalamnya bila diperlukan saat pijat bayi. Dengan cara ini, baby oil yang digunakan pun tidak akan berlebihan. Namun ingat ya Bunda, jangan pernah mengembalikan baby oil yang telah dikeluarkan ke dalam botolnya, karena hal ini bisa membuat baby oil yang masih tersimpan dalam botol menjadi terkontaminasi.

Penggunaan baby oil membantu Bunda memberikan pijat bayi dengan benar, sehingga manfaatnya bisa didapatkan si kecil dengan maksimal. Selain itu, kandungan aloe vera juga membantu menjaga kelembapan kulit bayi, lho. Banyak manfaat dari baby oil yang bisa Bunda dapatkan, kan?

Sumber:

birth.com.au/baby-massage/about-oils-the-environment-massage-techniques#.U-ndllZD7wI

parents.com/baby/care/newborn/baby-massage/