Mengajarkan si Kecil untuk Membereskan Mainannya

29 July 2017

Membesarkan balita yang aktif berarti menyerah pada fakta bahwa dia dan rumah Bunda tidak akan sepenuhnya rapi dan teratur. Ketika waktu bermain tiba dan si kecil mengeluarkan semua mainan yang dia punya di ruang bermain, rumah Bunda tidak akan lolos dari keadaan menyerupai kapal pecah. Semua itu merupakan salah satu cara si kecil mengeksplorasi dunianya. Untungnya ketika si kecil sudah cukup besar, Bunda bisa mulai mengajarkannya untuk membereskan mainannya sendiri. Yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan si kecil adalah:

  1.  Buat acara bebersih menjadi aktivitas untuk mendekatkan diri Seorang balita senang menghabiskan waktu bersama Bunda-nya. Jadi, Bunda bisa mengajak si kecil untuk membantu Bunda membereskan mainannya sekaligus mengajarkan dia untuk mengikuti instruksi sederhana. Bunda bisa mulai dengan memberikan tugas yang sederhana seperti memasukkan balok mainan ke dalam kotaknya.
  2. Bersabar Jangan terburu-buru membereskan kekacauan yang dibuat si kecil. Misalnya, bila dia menumpahkan cat air, jangan langsung mengelap tumpahan cat tersebut. Hal ini membuat si kecil mengira bahwa Bunda lebih mementingkan kebersihan daripada memberikan kesempatan bagi dirinya untuk mengeksplorasi. Biarkan si kecil menikmati saat bermainnya hingga waktu bermainnya selesai dan saat untuk bebersih tiba.
  3. Pusatkan kekacauan di 1 tempat Biarkan si kecil bermain di suatu area yang mudah Bunda bersihkan. Misalnya, di ruangan dengan perabotan yang mudah dibersihkan dan lantai bebas karpet.
  4. Buat acara beberes kamar menjadi permainan yang menyenangkan Misalnya, ajak si kecil berlomba mengumpulkan balok kayu paling banyak, dll. Hal ini membuat si kecil merasa acara beberes yang membosankan menjadi acara bermain yang menyenangkan
  5. Pilih tempat penyimpanan mainan yang menarik bagi si kecil Berikan kotak plastik khusus untuk penyimpanan mainan si kecil, sehingga dia bisa menyimpan berbagai mainan sesuai tempatnya masing-masing. Misalnya, semua mainan dinosaurus masuk ke kotak A, dan semua mobil mainan masuk ke kotak B. Hal ini juga membantu si kecil mencari mainan yang dia inginkan tanpa harus membongkar semua isi kotak mainannya

Sumber:

http://o5.com/how-to-teach-your-toddler-to-put-away-his-toys/

Go to Top