Memilih Make-Up yang Aman Selama Kehamilan

29 July 2017

Setiap ibu hamil mungkin sudah mengetahui pantangan yang sebaiknya dipatuhi demi menjaga kesehatan kehamilannya, misalnya menghindari daging mentah atau minuman beralkohol. Tapi, bukan hanya makanan saja yang harus diperhatikan selama kehamilan, lho. Memilih kosmetik pun harus dilakukan dengan cermat oleh setiap ibu hamil agar tidak hanya tetap cantik, tapi juga tetap sehat. Sebelum membeli kosmetik dan produk kecantikan selama kehamilan, terlebih dahulu membaca label kandungan bahan kimia yang terdapat pada kemasan produk penting untuk dilakukan. Demi sehat dan cantik saat hamil, setiap ibu hamil perlu menghindari produk yang mengandung bahan kimia berikut ini.

  1. Paraben Paraben adalah jenis pengawet yang sering dikaitkan dengan masalah cacat lahir, keguguran, dan masalah reproduksi.
  2. Phthalates Kandungan Phthalates dalam berbagai produk memiliki beragam fungsi. Tapi, kandungan bahan kimia ini bisa mengubah tingkat hormon dalam tubuh.
  3. Diazolidinyl Urea Bahan kimia ini sering digunakan dalam maskara. Bila terdapat dalam produk kecantikan, bahan kimia ini bisa melepaskan komponen-kompenen merkuri yang berbahaya.
  4. Pewarna Buatan Pewarna buatan yang harus dihindari adalah CI 75470, Red 28 Lake Aluminum, Red 30 Lake Aluminum, dan Acid Yellow 23 Lake Aluminum.
  5. Oxybenzone Bahan kimia ini sering ditemukan dalam tabir surya. Penyerapan bahan kimia ini pada tubuh sering dihubungkan dengan bayi perempuan yang lahir dengan berat badan rendah.
  6. Retinol Retinol sering terdapat pada produk krim anti kerut. Bahan kimia ini sering dikaitkan dengan masalah cacat lahir.
  7. Accutane (isotretinoin), Retin-A (tretinoin), dan tetracyclines Ketiga bahan kimia ini sering terdapat dalam produk anti jerawat dan dianggap bisa menyebabkan masalah cacat lahir.
  8. Salicylic Acid Bahan kimia ini umumnya terdapat pada produk pelembap dan toner. Salicylic acid juga sangat ampuh untuk melawan masalah jerawat. Tapi, kebanyakan dokter kandungan akan menyarankan untuk menghentikan penggunaan bahan kimia ini dalam produk kecantikan selama kehamilan.

Apabila Bunda sudah terlanjur menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan kimia di atas, tak usah panik. Masalah kesehatan pada ibu hamil karena bahan kimia berbahaya biasanya disebabkan oleh pemakaian berulang. Jadi, begitu Bunda menyadari bahwa produk kecantikan yang Bunda gunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya, segeralah hentikan pemakaian produk kecantikan tersebut. Target tampil sehat dan cantik saat hamil pun bisa tercapai! Sumber: http://pregnant.thebump.com/pregnancy/is-it-safe/qa/makeup-ingredients-avoid-during-pregnancy.aspx http://www.webmd.com/baby/features/revamp-your-pregnancy-beauty-regimen http://cincovidas.com/ingredients-to-avoid-while-youre-pregnant-or-breastfeeding/

Go to Top