Memilih Highchair dengan Cermat

29 July 2017Highchair

atau kursi bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang dapat membantu Bunda saat menyuapi si kecil. Kursi ini juga sekaligus bermanfaat untuk melatih kemampuan makan bayi dan batita. Saat ini, di pasaran sudah banyak dijual beragam jenis highchair dengan desain serta warna yang unik dan lucu. Akan tetapi, Bunda harus tetap cermat dalam memilih highchair. Saat memilih, utamakanlah kualitas perlengkapan bayi tersebut.

Berikut adalah beberapa tips cermat memilih highchair yang perlu Bunda ketahui:

  1. Perhatikan bahan utama yang digunakan highchair, dan pilihlah sesuai kebutuhan. Hindari memilih kursi bayi berbahan dasar kayu karena selain berat juga tidak dapat dilipat. Pilihlah kursi yang mudah dilipat dan dibawa sehingga dapat menjadi pilihan yang menyenangkan bagi Bunda yang senang bepergian. Biasanya, highchair yang berbahan fiber lebih ringan, mudah dipindahkan ketika dibongkar pasang, dan lebih mudah dibersihkan.
  2. Perhatikan tempat duduknya. Tempat duduk pada highchair harus cukup besar untuk batita yang sedang tumbuh, namun juga dapat menyangga dengan nyaman si kecil yang masih bayi. Bagi si kecil yang masih bayi, pilihlah tempat duduk yang tidak terlalu tegak atau agak berbaring. Jangan lupa juga, pilihlah sarung dan bantalan tempat duduk yang mudah dibersihkan.
  3. Perhatikan faktor keamanannya. Tempat duduk si kecil harus dilengkapi sabuk pengaman sehingga si kecil terhindar dari jatuh atau merosot ke bawah. Selain itu, highchair juga harus memiliki pijakan kaki agar si kecil merasa nyaman saat duduk. Jika highchair menggunakan roda, pastikanlah pengeremnya berfungsi saat di posisi berhenti.
  4. Ada 2 jenis meja highchair yaitu yang menempel langsung dengan highchair dan ada yang dapat dilepas. Memang yang menempel akan lebih praktis, tetapi jika meja tersebut dapat dilepas si kecil dapat ikut makan di meja makan bersama anggota keluarga yang lain sambil tetap duduk di atas highchair-nya. Pilihlah meja highchair yang dapat digunakan untuk meletakkan makanan maupun mainan sehingga saat menunggu makanan, si kecil dapat memaksimalkan kemampuan koordinasi mata dan tangannya dengan mainan.

Jenis apapun highchair yang Bunda pilih, yang harus menjadi prioritas utama saat memilih perlengkapan bayi ini adalah kenyamanan, kepraktisan dan keamanannya. Pastikan highchair yang Bunda pilih telah lolos uji mutu dari badan atau lembaga yang berwenang misalnya dari badan Standarisasi Nasional dan lainnya sehingga aman untuk digunakan dan keselamatan si kecil pun terjamin.

Sumber:

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/elemen.penting.highchair/001/001/367/1/High+Chair/4

http://female.kompas.com/read/2013/01/09/08204413/7.Kiat.Pilih.Kursi.Makan.Bayi

Go to Top