Manfaat Baby Spa pada Sistem Panca Indera si Kecil

29 July 2017

Panca indera pada bayi berkembang seiring dengan pertumbuhannya. Indera memiliki peran penting bagi kematangan fungsi saraf seorang bayi. Stimulasi dini pada anak dengan cara memberikan rangsangan terhadap panca indera dapat meningkatkan kecerdasannya. Melalui baby spa yang berbasis neurosains, seluruh indera bayi dirangsang agar dapat berfungsi dengan baik. Rangsangan berupa pemijatan dapat memberi stimulasi pada sistem indera si kecil secara optimal dan meningkatkan kecerdasannya. Berikut adalah beberapa manfaat baby spa pada sistem panca indera si kecil:

5 Khasiat Melakukan Baby Spa Untuk Perkembangan Panca Indera Si Kecil

  1. Indera Penglihatan Mata merupakan alat indera yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitarnya sehingga si kecil mampu mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya dengan cepat. Stimulasi yang dilakukan di sekitar area mata dapat merangsang saraf-saraf, memperkuat aliran darah, dan otot-otot di sekitar mata si kecil.
  2. Indera Penciuman Hidung merupakan alat indera yang digunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Di dalam hidung terdapat banyak sel kemoreseptor untuk mengenali bau. Stimulasi pada bayi melalui penciuman aroma yang lembut dan segar akan merangsang area otak yang berguna untuk pengelolaan emosi dan mengajarkan si kecil untuk belajar.
  3. Indera Pendengaran Telinga merupakan alat indera yang memiliki fungsi untuk mendengar suara di sekitar untuk mengetahui dan mengidentifikasi apa yang terjadi tanpa harus melihatnya. Stimulasi di sekitar telinga bertujuan untuk memberi rangsangan serta memperlancar peredaran darah yang baik bagi organ keseimbangan si kecil.
  4. Indera Pengecap Lidah merupakan alat indera yang berfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda-benda yang masuk ke dalam mulut. Lidah dapat merespon dan mengenali berbagai jenis serta macam rasa. Stimulasi di sekitar area bibir akan membantu si kecil saat mulai belajar membaca, berkomunikasi, atau bernyanyi. Gerak lidah ini penting dalam proses kesiapan si kecil berbicara.
  5. Indera Peraba Kulit merupakan alat indera yang mampu menerima rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lainnya. Pada kulit terdapat ujung saraf (reseptor) untuk menerima rangsangan. Stimulasi berupa rangsangan pada bayi khususnya saat bayi dimandikan, seperti ketika mendapatkan pergantian suhu ruangan dengan suhu air di dalam bak mandi, dapat membantunya beradaptasi dengan otaknya terhadap respon suhu di sekitarnya.

Baca: 3 Manfaat Zwitsal Baby Spa Untuk Si Kecil Dan Bunda

Bunda tentu ingin memberikan stimulasi terbaik untuk si kecil. Teruslah melakukan stimulasi pada si kecil dengan ritual sehari-hari. Bunda bisa melihat panduan lengkapnya di website www.zwitsal.co.id. Percayalah, setiap langkah pada rangkaian Zwitsal Baby Spa yang Bunda berikan akan memberikan hasil yang besar bagi si kecil di masa akan datang. Yuk Bunda rangsang panca indera si kecil sedini mungkin agar perkembangannya optimal!

Sumber:

Hisyam, Aien. 2013. Pembahasan Lengkap Zwitsal Baby Spa. Jakarta: PT Unilever Indonesia

Zwitsal Baby Spa Fact Sheet, 19 November 2013

Go to Top