Kehamilan Bunda: Minggu Ke-35

29 July 2017 Apa yang terjadi pada janin Bunda sekarang ini?

Waktu bersalin semakin dekat. Apa saja yang sudah Bunda siapkan untuk menyambut kelahiran si kecil? Yang pasti ia sedang mempersiapkan diri untuk menelusuri jalur lahir. Panjang tubuhnya masih sekitar 50 cm. Tapi, berat badannya kini telah mencapai kurang lebih 2,5 kg. Perkembangan pesat terjadi pada sel-sel otaknya sehingga kepala bayi sedikit lebih berat dibandingkan tubuhnya. Lapisan lemak yang akan membantu mengatur suhu tubuhnya saat ia lahir nanti, membuat si kecil terlihat montok. Kulitnya juga halus sekali. Selain itu, saat ini sistem saraf pusat dan paru-parunya telah semakin matang. Pada umumnya, di minggu ini kepala bayi sudah turun mendekati panggul. Dalam beberapa minggu ke depan, kepalanya akan masuk ke jalan lahir, lho. Gejala yang mungkin Bunda rasakan

  • Memasuki minggu ke-35,ibu hamil semakin mudah lelah dan pusing.
  • Bunda juga masih sulit menemukan posisi yang nyaman untuk tidur.
  • Di malam hari, Bunda akan sering terbangun untuk buang air kecil.
Tips
  • Mulai minggu ini, sebaiknya hindari melakukan aktivitas berat yang mudah membuat Bunda lelah atau rentan terjatuh karena berbahaya bagi kehamilan.
  • Ketika hendak bangkit dari duduk, lakukan secara perlahan, agar tidak pusing.
  • Di minggu ini, banyak ibu hamil yang bertanya apakah mereka masih boleh menyetir mobil. Sebenarnya boleh saja, asalkan Bunda masih muat duduk di balik kemudi dengan sabuk pengaman. Namun, sebaiknya hindari melakukan perjalanan jauh. Hal ini bisa berisiko, mengingat kondisi tubuh yang mudah lelah dan mengantuk.
  • Selain itu, carilah informasi mengenai peluang Bunda untuk melahirkan secara normal. Ketika melakukan kontrol kehamilan rutin, bicarakan hal ini dengan dokter, ya. Mengetahui metode persalinan yang akan dilakukan sangatlah penting agar Bunda dapat menyiapkan diri maupun mental saat waktunya tiba.

Sumber: What to Expect when You’re Expecting oleh Heidi Murkoff; hal. 309, 327
babycenter.com/6_your-pregnancy-34-weeks_1123.bc

Go to Top