Kehamilan Bunda: Minggu Ke-28 Kehamilan Bunda: Minggu Ke-28

Kehamilan Bunda: Minggu Ke-28

29 July 2017 Apa yang terjadi pada janin Bunda sekarang ini?

Selamat datang di bulan ke-7! Minggu ini, bayi Bunda telah mencapai panjang 40 cm dengan berat lebih dari 1 kg. Setelah kelopak matanya terbuka beberapa minggu yang lalu, minggu ini ia telah mampu berkedip. Si kecil juga sudah bisa melakukan beberapa hal lain seperti mengisap, cegukan, bahkan memutar tubuhnya ke posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Kemampuan unik lain yang telah dimiliki bayi pada minggu ini adalah bermimpi.

Sebuah penelitian yang mengukur aktivitas otak bayi dalam kandungan menunjukkan berbagai tahapan tidur, termasuk fase REM (Rapid Eye Movement) yang merupakan tahap ketika seseorang bermimpi. Kira-kira, apa yang dimimpikan oleh si kecil, ya?

Gejala yang mungkin Bunda rasakan Saat bayi memutar tubuhnya ke posisi siap lahir, kepalanya mungkin akan menyenggol saraf yang berada di bagian bawah tulang belakang Bunda. Kalau hal ini terjadi, Bunda akan merasa kebas atau sakit yang cukup intens mulai dari bokong hingga ke bagian belakang kaki. Masalah yang disebut sciatica ini bisa muncul dan menghilang, tergantung posisi si kecil. Jika sudah sangat mengganggu, Bunda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan guna mendapatkan tips sehat ibu hamil   dan memilih solusi terbaik untuk mengatasinya.

Tips Dengan due date yang kian mendekat, tentu ada 1 hal yang mulai Bunda pikirkan, yaitu nama bayi. Beberapa tips berikut bisa membantu Bunda memilih nama yang pas untuk si kecil:

  1. Cari inspirasi dari banyak sumber. Selain dari buku dan internet, Bunda juga bisa mendapat inspirasi dari nama orang terkenal, karakter favorit, atau nama kerabat yang dekat dengan Bunda.
  2. Cari tahu artinya. Nama adalah doa, jadi pastikan nama yang Bunda pilih memiliki arti yang baik, ya.
  3. Perhatikan ejaan. Ejaan atau cara penulisan yang terlalu rumit dan tidak biasa dapat mempersulit anak saat ia dewasa, lho.

Yang pasti, nama apapun yang Bunda pilih, jangan lupa untuk mengajak Ayah dalam proses pemilihannya, ya. Selamat memilih nama untuk si kecil!   Sumber: What to Expect when You’re Expecting oleh Heidi Murkoff; hal. 282 whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-28.aspx whattoexpect.com/pregnancy/baby-names-tips.aspx  

Go to Top