Kehamilan Bunda: Minggu Ke-20

29 July 2017 Apa yang terjadi pada janin Bunda sekarang ini?

Minggu ini adalah saat yang tepat untuk mengintip jenis kelamin si kecil. Saat ini janin Bunda sudah semakin besar, dengan berat sekitar 283 gram dan panjang 16,5 cm. Jika ia perempuan, rahimnya telah terbentuk sempurna dan indung telurnya memiliki lebih dari 7 juta sel telur! Jika si kecil berjenis kelamin laki-laki, testisnya sudah mulai turun dari perut. Dalam beberapa minggu ke depan, testis akan masuk ke dalam kantung kemaluan. Bila Bunda ingin mengetahui jenis kelamin bayi, mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan USG. Sementara itu, perkembangan sensoris bayi juga berlangsung di minggu ini. Otaknya sedang membagi-bagi area untuk indera penciuman, perasa, pendengaran, penglihatan, dan sentuhan. Bahkan, penelitian mengatakan bahwa saat ini ia sudah dapat mendengar suara Bunda, lho. Jadi, tak perlu ragu untuk mulai mengajaknya berbicara atau bernyanyi untuknya, ya. Gejala yang mungkin terjadi pada Bunda

  • Sebagian ibu hamil mulai dapat merasakan pergerakan janin. Namun, karena rahim dan perut yang membesar, di trimester kedua ini ibu hamil juga akan merasakan nyeri pada kedua sisi perut yang disebut nyeri ligamen. Biasanya, nyeri akan terasa ketika Bunda bangun dari tempat tidur atau saat hendak berdiri usai duduk, serta saat batuk. Terkadang, nyeri muncul hanya sekejap, namun ada juga yang berlanjut selama berjam-jam.
  • Sementara itu, perubahan juga terjadi pada kulit Bunda. Misalnya, telapak tangan seperti kemerahan, disebabkan oleh kadar estrogen yang meningkat. Atau, terdapat bercak berwarna gelap pada beberapa bagian tubuh Bunda seperti pada bibir atas, pipi, leher, ketiak, dan kening disebut kloasma. Sementara garis hitam yang melintang dari pusar hingga tulang kemaluan disebut linea nigra.
Tips
  • Berbagai perubahan pada kulit mungkin membuat ibu hamil tidak nyaman. Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir ya, karena semua perubahan tersebut adalah hal yang normal dalam kehamilan. Kabar baiknya, perubahan warna kulit tersebut akan kembali seperti normal setelah melahirkan.

Untuk mengatasi nyeri ligamen, tips sehat ibu hamil yang dapat dicoba adalah beristirahat dalam posisi yang nyaman sambil menendang-nendang kaki. Sumber:
What to Expect when You’re Expecting oleh Heidi Murkoff; hal. 233, 234, 239
babycenter.com/6_your-pregnancy-19-weeks_1108.bc

Go to Top