Kehamilan Bunda: Minggu Ke-12 Kehamilan Bunda: Minggu Ke-12

Kehamilan Bunda: Minggu Ke-12

29 July 2017 Apa yang terjadi pada janin Bunda sekarang ini?

Saat ini, janin Bunda memiliki panjang sekitar 6 cm dan berat kurang lebih 14 gram. Ia sudah dapat menggeliat dan berputar lho, namun Bunda belum dapat merasakan gerakannya. Sebagian besar sistem kerja pada tubuh janin sudah mulai berfungsi, dan organ-organ tubuhnya masih terus berkembang. Di minggu ini pula, sistem pencernaan bayi sedang ‘belajar’ berkontraksi dan tubuhnya mulai memproduksi sel darah putih. Kelenjar utama pada tubuhnya yang terdapat di dasar otak pun mulai memproduksi hormon. Gejala yang mungkin Bunda rasakan

  • Kondisi emosional Bunda masih belum kembali normal. Sesekali, Bunda akan merasakan perubahan mood secara cepat (mood swing), sensitif, mudah menangis, dan gampang marah.
  • Di minggu-minggu ini juga banyak ibu hamil yang mengalami konstipasi, gangguan pencernaan, perut kembung atau bergas, dan heartburn (rasa panas dalam perut yang menjalar hingga ke bagian bawah kerongkongan). Meski tidak nyaman, gejala ini wajar dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh Bunda.
  • Gejala mual dan muntah kini semakin jauh berkurang, sehingga nafsu makan Bunda pun perlahan kembali normal.
Tips
  • Bagi Bunda yang sehari-hari bekerja, minggu ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk menginformasikan kepada atasan mengenai kehamilan Bunda. Terutama, jika Bunda mengalami sejumlah keluhan yang mengganggu konsentrasi kerja dan membuat performa kerja menurun.
  • Tips sehat ibu hamil lainnya adalah Bunda harus menyadari batas kemampuan diri saat bekerja. Tidak bisa dipungkiri, kondisi Bunda saat ini lebih lemah dibandingkan saat tidak hamil. Untuk memastikan semua tugas kantor terselesaikan, buatlah to-do list secara terperinci. Namun, hindari lembur agar Bunda tidak kelelahan. Selain itu, tidak perlu ragu meminta bantuan rekan kerja bila Bunda merasa tidak sanggup mengerjakan tugas seorang diri.

Dan, tetap sediakan waktu untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter ya, guna mengontrol kesehatan kehamilan Bunda.

Go to Top