[Kehamilan Bulan 6] Tips Meminimalkan Stretch Marks Saat Hamil

29 July 2017

Hal yang paling dikhawatirkan oleh sebagian ibu hamil adalah munculnya stretch marks. Guratan-guratan ini disebabkan oleh kulit yang mengembang seiring bertambahnya usia kandungan. Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya garis-garis kehamilan, walaupun tidak semua dari Bunda mengalami hal ini. Tapi, Bunda bisa mengurangi jumlahnya. Bagaimana langkah untuk meminimalkannya? Yuk, cari tahu pada ulasan berikut:

Menggosok Kulit dengan Lembut

Cara ini dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bunda juga bisa melakukannya untuk mengurangi stretch marks. Cukup dengan menggunakan sikat gigi kering yang sudah tidak terpakai. Pastikan jika bulu-bulu sikatnya masih lembut dan halus agar tidak melukai kulit. Gosoklah dengan perlahan agar tidak menimbulkan luka. Selain itu, hindari area payudara yang lebih sensitif selama kehamilan. Mengoleskan moisturizer setelahnya dapat  menjaga kelembapan kulit.

Hindari Bahan Kimia yang Merugikan

Sebagian besar sabun mandi mengandung zat sulfat yang dapat membuat kulit menjadi kering dan mengurangi tingkat keelastisannya. Memilih body wash yang memiliki moisturizer dalam jumlah tinggi adalah pilihan tepat. Namun, Bunda juga bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan produk herbal yang aman digunakan. Cara tersebut juga ampuh untuk memudarkan tampilan stretch marks.

Menjaga Kelembapan Kulit dengan Minyak Alami

Menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi dapat dilakukan dengan menggunakan minyak alami. Beberapa referensi yang bisa Bunda coba adalah minyak kelapa atau minyak zaitun. Bahan ini mampu menutrisi sel kulit agar tetap lembap dan tidak kering. Selain itu, cara ini dipercaya dapat mengurangi gatal akibat pelebaran kulit. Aplikasikan setelah mandi pagi dan sore agar lebih efektif. Bunda, stretch marks adalah masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar ibu hamil. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya guratan-guratan tersebut. Satu-satunya solusi adalah mengurangi tampilan dan jumlah saja. Ulasan di atas dapat dijadikan referensi perawatan rutin untuk meminimalkannya selama kehamilan berlangsung.


Source: http://www.newkidscenter.com/How-To-Prevent-Stretch-Marks-During-Pregnancy.html http://www.babycentre.co.uk/x563006/how-can-i-prevent-stretch-marks

Go to Top