[Kehamilan Bulan 6] Temani Waktu Sore dengan Nutrisi Lengkap Kacang Hijau

29 July 2017

Di usia kehamilan yang sudah memasuki 6 bulan, janin di dalam kandungan berkembang semakin dewasa. Jika di usia 5 bulan dia masih memiliki struktur kulit yang sederhana, sekarang ini janin telah memiliki kulit yang lebih matang. Organ-organnya semakin berkembang dan menjalankan fungsinya. Hanya saja, di usia kehamilan 6 bulan ini, janin masih belum siap dilahirkan. Oleh sebab itu, Bunda perlu terus mengonsumsi makan-makanan bergizi, seperti kacang hijau. Simak yuk nutrisi kacang hijau yang perlu diketahui!

Kaya Serat

Di usia kehamilan yang sudah mulai membesar, ibu banyak mengalami perubahan fisik, bahkan kantung kemihnya mulai tertekan, dan sembelit. Gangguan pencernaan yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena sari-sari makanan ibu diserap oleh janin. Oleh sebab itu, Bunda memerlukan banyak serat selama kehamilan ini. Kacang hijau merupakan pilihan yang tepat sebab kaya akan serat. Serat melindungi mukosa di usus besar dan mengurangi zat-zat beracun dengan mengikat bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker usus. Jumlah serat yang cukup tinggi pada kacang hijau juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengurangi reabsorbsi asam empedu kolesterol yang mengikat di usus besar.

Mengandung Vitamin A

Sekarang ini, janin telah memiliki mata dengan struktur yang lengkap, seperti retina yang telah berfungsi tetapi belum sepenuhnya sempurna. Oleh karenanya, kesehatan mata perlu dijaga sejak dini. Kacang hijau yang mengandung vitamin A baik untuk kesehatan mata janin, dan membantunya untuk berkembang lebih baik.

Mengandung Vitamin C

Dikutip dari American Nutrition Association, selain mengandung vitamin A, kacang hijau juga mengandung vitamin C. Vitamin yang memiliki fungsi untuk menyerap zat besi. Dengan zat besi yang mudah diserap, tentu akan mempercepat proses pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan oleh ibu. Bila sel darah merah dalam tubuh ibu normal, maka tidak akan mudah kelelahan. Sedangkan di usia kehamilan 6 bulan, ibu harus memiliki tenaga ekstra untuk berolahraga. Dengan nutrisi yang banyak maka, rajinlah mengolah kacang hijau. Ada banyak cara untuk menyajikan kacang hijau, salah satunya adalah menjadikannya campuran dari sup. Bisa juga jadikan sebagai pelengkap bubur sehat yang disajikan saat sore hari. Atau, saat siang hari yang terik, akan lebih nikmat untuk dibuat jus dan disajikan dingin. Konsumsi kacang hijau secara teratur dan dapatkan manfaatnya.


Sumber : http://americannutritionassociation.org/newsletter/downside-soybean-consumption-0 https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/green-beans.html

Go to Top