[Kehamilan Bulan 5] Memilih Produk Skin Care yang Aman Digunakan Saat Hamil

29 July 2017

Lebih selektif dan behati-hati dalam merawat kebersihan dan kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Termasuk dengan memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit Bunda. Salah menggunakan produk tentu dapat berbahaya bagi janin dan Bunda. Berikut kandungan yang harus dihindari dari suatu produk, apabila tercantum salah satunya dalam komposisi produk skincare Bunda lebih baik diganti, ya.

Hindari yang Mengandung Accutane

Zat turunan dari vitamin A ini biasa digunakan pada produk yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Bahan tersebut mampu memberikan efek buruk pada janin, lho. Menurut ahli dermatology Jody A. Levine, M.D., kandungan retinoid dapat berimbas pada otak dan jantung bayi. Solusi yang paling tepat bagi Bunda adalah dengan tidak mengaplikasikan skin care yang memiliki kandungan tersebut selama kehamilan. Alternatif yang bisa dicoba untuk meredakan jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti masker tomat yang aman.

Hindari Kandungan Tetracycline

Bahan yang berfungsi sebagai antibiotik pada masalah jerawat ini juga harus dihindari selama kehamilan. Penelitian lebih lanjut tentang penggunaan tetracycline pada ibu hamil berimbas pada pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Nah, agar calon bayi Bunda tetap sehat, jangan menggunakan skin care yang mempunyai kandungan tersebut, ya. Menggunakan bawang putih yang sudah dihaluskan untuk meredakan pengembangan jerawat adalah alternatif yang bisa dilakukan. Cara ini tentu saja lebih aman untuk Bunda dan si kecil.

Salicylic Acid Dapat Menyebabkan Pendarahan

Salicylic acid dipercaya mampu mengurangi minyak berlebih dan mengempeskan jerawat. Namun, sebaiknya hindari pemakaian skin care dengan kandungan ini, ya. Zat tersebut ternyata dapat memicu terjadinya pendarahan, lho. Produk lain yang bisa Bunda gunakan adalah dengan memilih bahan-bahan alami yang aman untuk Bunda dan bayi. Ternyata, beberapa bahan yang terkandung dalam skin care tidak bisa digunakan pada saat kehamilan karena dapat membahayakan kandungan. Bunda jadi harus lebih selektif lagi dalam memilih produk yang aman dan sehat. Dan, baiknya gantilah dengan bahan-bahan alami yang lebih aman.


Source: http://www.fitpregnancy.com/pregnancy-health/safe-skin-care http://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-skin-care-get-that-glow

Go to Top