Zwitsal | Berbagai Manfaat Tahu Bagi Bumil dan Janin Zwitsal | Berbagai Manfaat Tahu Bagi Bumil dan Janin

Zwitsal | Berbagai Manfaat Tahu Bagi Bumil dan Janin

29 July 2017

Jika Bunda mengaku orang Indonesia, sudah pasti kenal dengan makanan satu ini. Ya, tahu. Makanan khas Indonesia ini digemari hampir oleh seluruh masyarakatnya, lho. Tidak hanya di Indonesia saja, tahu juga digemari di mancanegara. Ternyata tahu sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab menurut ahli nutrisi Elizabeth Somer MA, RA, tahu mengandung banyak vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, zinc, folat, serat, dan protein. Simak manfaat dari nutrisi tahu berikut ini.

Meningkatkan Hormon Esterogen

Di dalam tahu, mengandung phytoestrogen, yaitu senyawa kimia yang memiliki struktur kimia menyerupai hormon esterogen pada tubuh manusia. Oleh sebab itu, phytoesterogen dianggap bisa membantu menanggulangi masalah penurunan hormon esterogen pada wanita. Padahal, hormon esterogen berperan penting pada tubuh wanita hamil untuk mempersiapkan produksi air susu. Oleh sebab itu, konsumsi tahu sebagai asupan nutrisi harianmu merupakan ide bagus, lho.

Menurunkan Kolesterol

Wanita hamil yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat membahayakan kondisi janin. Isoflavon yang merupakan senyawa dari phytoestrogen tersebut memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya proses oksidadi LDL (Low Density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat dalam darah. LDL yang teroksidasi ini akan terkumpul dan menyumbat pembuluh darah. Jika penyumbatan ini terjadi di jantung, maka akan menyebabkan penyakit serangan jantung, hingga berdampak pada stroke.

Memperkuat Tulang

Kandungan isoflavon pada tahu ternyata juga berfungsi dalam pembentukan dan penguatan tulang. Dalam hal ini, janin yang masih berusia 2 bulan, tentu masih dalam proses pembentukan tulang. Sehingga tahu merupakan makanan penting untuk membentuk tulang janin dan memperkuat tulang ibu. Bukan hanya itu, ibu yang mengonsumsi tahu secara rutin memiliki tulang yang padat dibandingkan dengan ibu yang tidak mengonsumsi makanan ini.

Pembentukan Tulang Oleh Kalsium

Selain isoflavon yang bisa memperkuat dan membentuk tulang, kalsium yang terkandung pada tahu pun bisa membentuk tulang pada janin. Bahkan, ibu hamil yang menyeimbangkan asupan susu dan tahu, membuat janin dalam kandungan berkembang dengan baik dan memproduksi tulang yang kuat, sehingga ketika lahir kelak, pertumbuhan si kecil akan lebih baik dari anak yang ibunya kekurangan asupan kalsium.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Saat hamil, banyak dari Bunda yang mengeluh lelah, pusing, dan tidak selera melakukan apapun. Oleh sebab itu mengonsumsi tahu yang mengandung zat besi ini dianjurkan untuk ibu hamil untuk meningkatkan sel darah merah. Dalam mencegah anemia, tahu berperan sebagai pemasok mineral untuk pembentukan sel darah merah. Setelah mengetahui manfaat tahu yang baik untuk ibu hamil, tidak ada salahnya bila tambahkan tahu pada list menu masakan Bunda hari ini.


Sumber : http://www.healthguidance.org/entry/15176/1/What-to-Avoid-Eating-While-Pregnant.html http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/pregnancy-nutrition/

Go to Top