Kegiatan Playdate Yang Asyik Kegiatan Playdate Yang Asyik

Kegiatan Playdate Yang Asyik

29 July 2017

Si kecil bisa diajak belajar bersosialisasi sejak awal. Buat yang belum bersekolah di playgroup atau taman kanak-kanak, kegiatan bersosialisasi bisa dilakukan dengan mengatur playdate atau waktu bermain dan melakukan satu kegiatan bersama-sama dengan beberapa anak seusia. Bunda tentu punya teman-teman yang memiliki anak seusia anak bunda, kan? Selain ke taman bermain di mall/pertokoan yang biasanya sering menjadi tujuan utama para orang tua untuk mengajak si kecil bermain, masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di rumah dan sekitarnya.

  1. Cuci mobil Tentu saja bukan mobil beneran, tapi mobil-mobilan si kecil. Kumpulkan semua mainan mobil-mobilan dari yang kecil sampai yang besar. Sepeda juga boleh. Sediakan ember berisi sabun dan spon-spon di luar rumah. Jangan lupa handuk-handuk yang sudah tidak terpakai untuk mengeringkan mainan-mainannya. Si kecil pasti sibuk dan sangat menikmati sekali kegiatan ini!
  2. Bikin kue Si kecil, perempuan atau laki-laki, pasti menikmati kegiatan bikin cupcake atau puding kesukaannya bersama-sama. Bikin dari adonan sendiri atau adonan instan sama-sama enak kok, yang penting momen serunya saat memasak bersama. Jangan lupa berikan icing dan taburi mesis warna-warni yang bisa ditaburi di atas cupcake, biar si kecil semangat makan karyanya sendiri!
  3. Kembali ke Alam Bermain bersama nggak selalu harus di rumah, ke luar rumah yuk! Ke kebun Raya Bogor atau ke toko Trubus di daerah Bintaro, Tangerang bisa jadi pengalaman asyik buat si kecil dalam mengenal jenis-jenis tanaman dan bunga. Berada di luar, menghirup udara segar memberi efek baik untuk si kecil dan biasanya membuat si kecil jadi gampang tidur siang sesudahnya!
  4. Membaca Tidak pernah ada istilah terlalu awal untuk mengenalkan buku bagi si kecil. Ajak para peserta playdate berkumpul dan membawa 3 buku cerita kesukaannya. Lalu bunda bisa membacakan ceritanya dengan bersandiwara bergantian dengan bunda-bunda yang lain. Ajak si kecil juga ikut bercerita atau melakukan gerakan-gerakan dari salah satu adegan cerita di buku.
  5. Fingerpainting Tebar kertas koran bekas lalu ajak anak-anak untuk memasukan tangan mereka ke dalam cat dan membuat cap tangan pada kertas koran. Bisa juga masukan balok-balok ke dalam cat dan membuat cap dari balok-balok itu. Siapa tahu si kecil punya ide lainnya lagi!
  6. Berendam Punya ember besar atau kolam renang plastik? Tanpa perlu ke kolam renang umum, anak-anak bisa berendam dan main air sesukanya. Masukkan bola-bola plastik dan mainan-mainan tahan air lainnya biar kolam makin seru!
  7. Ke Museum Perkenalkan si kecil dengan sejarah dan kebudayaan. Untuk wilayah Jakarta, si kecil bisa diajak ke museum wayang di daerah kota tua atau museum Layang-layang di daerah Pondok Labu dan juga Taman Mini Indonesia Indah.
  8. Nonton bioskop Tentunya nonton bioskop di rumah dong! Siapkan film yang menarik dan sesuai usia anak. Pastikan juga dengan setiap orang tua bahwa setiap anak memiliki ijin untuk menonton film tersebut. Lalu jangan lupa siapkan cemilan-cemilan enak dan sehat sebagai teman menonton film! Siap-siap jadi tuan rumah yang paling populer gara-gara kegiatan ini, ya bunda!

Sumber: Babyzone.com

Go to Top