Kapan Bunda Harus Mempersiapkan Cuti Hamil Kapan Bunda Harus Mempersiapkan Cuti Hamil

Kapan Bunda Harus Mempersiapkan Cuti Hamil

29 July 2017

Permasalahan ini biasanya akan dihadapi oleh Bunda yang memiliki pekerjaan tetap. Pertanyaan yang paling mendasar adalah kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti hamil. Perlu bunda ketahui bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai cuti hamil, jadi ada baiknya jika bunda bertanya jauh-jauh hari kepada HRD di kantor Bunda mengenai kebijakan tersebut. Hal yang perlu ditanyakan adalah seberapa panjang cuti hamil diberikan dan apakah ada kompensasi selama Bunda cuti hamil. Langkah selanjutnya adalah bertanya kepada dokter kandungan. Kadangkala dokter akan memberikan arahan untuk mulai melakukan cuti hamil tergantung kepada kondisi kesehatan dari setiap pasien, bisa satu bulan sebelumnya atau seminggu sebelumnya. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kita mengajukan cuti hamil seperti :

  • Memberitahukan kepada atasan kita jauh-jauh hari sehingga atasan kita mempunyai waktu lebih untuk melakukan tindakan preventif dan jangan lupa informasikan juga kepadanya jika kita tetap berminat untuk bekerja setelah cuti hamil selesal.
  • Setelah dekat dengan waktu cuti hamil kita, jangan lupa untuk memberitahukan rekan kantor, klien atau pihak yang sering berhubungan dengan kita jika pada periode cuti kemungkinan kita akan sulit dihubungi tapi jika penting mungkin Bunda bisa memberikan semacam nomer darurat jika sangat diperlukan.
  • Mengaktifkan auto-reply email kantor anda dengan pesan yang memberitahukan siapa rekan kerja yang ditunjuk untuk menggantikan sementara dan jangka waktu sampai kita kembali aktif di kantor.

Pada dasarnya persiapan jauh-jauh hari dan komunikasi yang baik dengan perusahaan, atasan dan dokter akan banyak menguntungkan Bunda dalam merancang persiapan menjelang cuti.

Go to Top