Kafein Selama Kehamilan: Aman atau Tidak? Kafein Selama Kehamilan: Aman atau Tidak?

Kafein Selama Kehamilan: Aman atau Tidak?

29 July 2017

Salah satu hal yang harus dihindari selama masa kehamilan adalah kafein. Tapi apakah Bunda benar-benar tidak boleh mengkonsumsi kafein sama sekali saat sedang hamil?

Bunda yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari sebelum hamil mungkin akan kesulitan bila harus berhenti total mengkonsumsi kopi saat sedang hamil. Untungnya, sebenarnya Bunda masih bisa mengkonsumsi kafein selama kehamilan, asal Bunda benar-benar memperhatikan jumlah asupan kafein Bunda. Perlu diingat juga bahwa asupan kafein tidak hanya berasal dari kopi saja, tapi juga dari minuman bersoda, teh, minuman energi, coklat, dll.

The American Journal of Obstetrics and Gynecology mengatakan bahwa batas asupan kafein yang aman untuk wanita hamil adalah 200 mg kafein per hari. Asupan kafein lebih dari jumlah tersebut akan meningkatkan resiko keguguran sampai 2 kali lipat. Jadi pastikan Bunda memperhatikan asupan kafein Bunda. Berikut ini adalah data kandungan kafein dalam beberapa jenis makanan dan minuman:

  • 1 gelas kopi instan : 100 mg
  • 1 cangkir kopi instan : 75 mg
  • 1 cangkir the : 50 mg
  • 1 kaleng minuman bersoda : 40 mg
  • 1 kaleng minuman energi : 80 mg
  • 50 gr coklat : 50 mg
  • 50 gr milk chocolate : 25 mg

Efek kafein tidak hanya dirasakan oleh bayi dalam kandungan Bunda, tapi juga oleh Bunda. Kafein bisa mengakibatkan sakit kepala dan insomnia. Jangan minum kopi atau teh selama 30 menit sebelum dan sesudah waktu makan, karena kafein mengganggu kemampuan Bunda untuk menyerap zat besi.

Bunda juga harus memperhatikan konsumsi teh herbal. Bila Bunda sering mengkonsumsi teh herbal sebelum masa kehamilan, sebaiknya Bunda menghentikan konsumsi teh herbal tersebut sebelum berkonsultasi dengan dokter kandungan. Karena kandungan dalam teh herbal bisa bereaksi dengan obat resep yang Bunda minum, sehingga memicu kontraksi dan rasa mual, atau bahkan cacat lahir. Karena itu, berkonsultasilah dengan dokter kandungan Bunda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun di luar obat yang diresepkan dokter kandungan.

Yang pasti jangan lupakan pola makan yang sehat dan olahraga teratur agar kehamilan Bunda tetap sehat dan proses melahirkan berjalan dengan lancar.

Sumber: http://o5.com/drinking-tea-and-coffee-during-pregnancy/

Go to Top