Zwitsal | Ingin si Kecil Pintar Berbicara? Lakukan Trik-trik Ini Zwitsal | Ingin si Kecil Pintar Berbicara? Lakukan Trik-trik Ini

Zwitsal | Ingin si Kecil Pintar Berbicara? Lakukan Trik-trik Ini

29 July 2017

Si kecil biasanya mulai berbicara saat menginjak usia 1 tahun, walaupun komunikasi dimulai jauh lebih awal, saat memberikan senyuman saat berumur 6 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan mengoceh menggunakan bahasanya sendiri hingga mencapai usia 8 bulan, demikian penjelasan Julie Masterson, PhD, CCC-SLP, profesor ilmu komunikasi di State University dan penulis Beyond Baby Talk: From Sounds to Sentences, a Parent’s Complete Guide to Language Development.Akhir-akhir ini banyak para orang tua yang mengeluhkan keterlambatan bicara yang dialami si kecil. Ada beberapa cara mudah yang bisa Ayah lakukan untuk mendorong perkembangan kemampuan bahasanya.

Perhatikan Tangannya

Pada saat berumur 1 tahun, si kecil cenderung memahami lebih banyak kata daripada mengatakannya. Michelle Macias, MD, profesor pediatric di Medical University of South Carolina di Charleston menyarankan menggunakan gerakan sebagai komunikasi non-verbal yang penting untuk mendorong kemampuan berbicaranya. Ketika membuat gerakan atau menunjuk sesuatu, katakan kalimat yang kira-kira dimaksudnya, misalnya saat menunjuk cangkir tanyakan apakah ia ingin mengambil benda tersebut. Menyanyikan lagu disertai dengan gerakan tangan juga menjadi salah satu cara yang menyenangkan, lho.

Gunakan Kata-Kata yang Benar

Tidak masalah jika si kecil memanggil botolnya dengan sebutan ba-ba, tapi Ayah maupun Bunda harus memastikan berbicara padanya dengan kata-kata yang benar. Menurut Stuart Teplin, MD, dokter bidang perkembangan dan perilaku anak di Concord, North Carolina, menggunakan kata-kata sebenernya, dan bukan mengikuti cara bayi berbicara, akan membantunya memperluas kosa kata.

Berikan Tanggapan

Ketika si kecil mencoba mengatakan sesuatu, akui usahanya dengan cara yang positif. Jangan langsung memperbaiki kata-kata atau cara berbicaranya, demikian saran dari Diane Paul, PhD, direktur di American Speech-Language-Hearing Association di Rockville, Maryland. Tanggapi isi pesannya, bukan bagaimana cara mengatakannya. Misalnya jika melihat Ayah pergi dan berkata ‘dadah’, jawab dengan Ayah akan pergi ke toko.

Ajak Bersosialisasi

Ayah dan Bunda dapat mengatur kegiatan untuk berkumpul dengan anak-anak lain seusia si kecil. Bisa dengan merencanakan playdate atau sekadar mengunjungi playground. Walau belum terlalu cerewet, berada di sekitar teman-temannya akan memberi kesempatan untuk mendengar, berinteraksi, dan menambah kosa kata. Bantu dengan mengatakan terima kasih setiap dipinjami mainan atau diberikan makanan. Agar berkumpul dan bermain makin asyik, badannya juga harus tetap wangi dan lembut, lho. Sebelum pergi, bubuhkan Zwitsal Classic Baby Powder yang menjaga kulitnya tetap wangi, segar, dan bebas keringat. Semoga dengan tips-tips yang diberikan, dapat mengasah kemampuan berbicara si kecil ya.

Go to Top