Ibu Hamil Makan di Luar, Ini 4 Tipsnya!

29 July 2017

Saat hamil, Bunda tentu harus mengonsumsi makanan dan camilan sehat ibu hamil. Makanan dengan kandungan yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh harus dihindari atau dikurangi sebisa mungkin. Selain itu, Bunda juga harus waspada akan bahan-bahan yang terkandung dalam makanan yang dapat memicu kontraksi. Maka dari itu, untuk mencegah asupan makanan-makanan yang tidak baik di atas, ibu hamil disarankan untuk menghindari jajan sembarangan. Tapi, bagaimana jika sekali-kali keinginan makan di luar datang? Tentu sah-sah saja, apalagi jika Bunda sedang ngidam makanan tertentu. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum jajan di luar saat hamil. Hal ini demi kesehatan Bunda dan kebaikan janin dalam kandungan Bunda. Selengkapnya, berikut 4 tips aman makan di luar untuk ibu hamil:

  1. Hindari Fast Food

Menu makanan restoran cepat saji seperti kentang goreng atau ayam goreng tepung mengandung lemak jenuh karena digoreng dengan minyak banyak yang sudah digunakan berkali-kali. Rasanya yang cenderung gurih dan lezat menandakan bahwa makanan tersebut dibumbui dengan banyak garam dan penyedap. Apalagi, makanan yang juga disebut junk food tersebut biasanya disajikan dengan minuman bersoda yang tentu saja bukan camilan sehat ibu hamil. Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Adelaide menunjukkan bahwa jika ibu hamil gemar mengonsumi junk food, maka anaknya akan kecanduan junk food juga setelah disapih dan sering mengalami masalah kesehatan. Solusinya, pilihlah tempat makan yang menyajikan menu sehat yang baik dan seimbang kandungan gizinya.

  1. Hindari Makanan Setengah Matang

Makanan yang disajikan dengan setengah matang atau bahkan mentah dikhawatirkan mengandung bakteri seperti Salmonella dan E. Coli yang dapat membahayakan ibu dan janin. Jenis makanan yang perlu Bunda hindari antara lain sashimi dan sushi dengan ikan mentah, steak dan sate yang dibakar setengah matang, lalapan, dan salad yang menggunakan telur mentah. Hindari juga makanan yang menggunakan buah setengah matang seperti nanas dan pepaya karena dapat memicu kontraksi dini.

  1. Pesan Menu Bergizi Seimbang

Menu yang memadukan sumber protein dan sayuran adalah pilihan yang baik seperti sup. Untuk melepas dahaga, Bunda bisa memesan jus buah tanpa pemanis tambahan. Lebih sehat dan rasanya pun lebih segar, lho. Saat makan di luar bisa menjadi kesempatan Bunda untuk melengkapi gizi yang mungkin belum didapatkan dari makanan sehari-hari di rumah. Karena itu, pilihlah menu yang memadukan bahan-bahan padat gizi seperti sayuran, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

  1. Bawa Cadangan Camilan

Ya, tak perlu sungkan untuk membawa camilan sehat ibu hamil seperti buah potong, kacang almond, dan biskuit gandum saat makan di luar. Camilan tersebut bisa jadi penolong ketika Bunda merasa belum puas dengan menu yang telah dipesan dan tergoda dengan menu lain yang tidak sehat. Makan di luar tidak harus berarti menggugurkan kebiasaan makan sehat yang telah Bunda terapkan, kok. Nah, Bunda sudah punya ide makan di mana akhir pekan ini? Semoga tips di atas dapat membantu, ya. Sumber: ayahbunda.co.id/kehamilan-tips/ibu-hamil-jangan-sembarangan-jajan21 thebump.com/a/eating-junk-food-while-pregnant-effects-baby-more-than-we-ever-realized babycenter.com/101_your-best-restaurant-options-during-pregnancy_10396720.bc Diakses pada 2 September 2016

Go to Top