Ibu Hamil Makan di Luar, Ini 4 Tipsnya! Ibu Hamil Makan di Luar, Ini 4 Tipsnya!

Ibu Hamil Makan di Luar, Ini 4 Tipsnya!

29 July 2017

Mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada si kecil bukan hanya dengan melarangnya mendekati sesuatu yang kotor lho, Bunda. Tapi, hal ini juga termasuk bagaimana menjaga penampilan yang baik dan cara mencegah penyebaran kuman. Pada akhirnya, kebiasaan hidup bersih akan sangat membantu menjaga kesehatan anak, menangkal penyakit, serta membentuk kepribadian yang sehat. Namun, anak-anak tentu tidak terlahir dengan langsung memahami apa itu kebersihan. Bunda dan Ayahlah yang bertugas mengajarkan arti kebersihan dan kebiasaan hidup bersih sehari-hari. Mulailah dengan menjadi contoh sederhana di rumah sehingga si kecil akan cepat belajar dan mengingat kebiasaan baik tersebut sepanjang waktu. Berikut ini 7 kebiasaan bersih dan sehat yang perlu diajarkan kepada si kecil sejak dini:

  1. Selalu cuci tangan
  2. Biasakan si kecil mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum dan setelah makan. Waktu penting lain untuk cuci tangan adalah setelah menggunakan toilet, usai keluar rumah, setelah memegang binatang, dan sebelum tidur. Saat tiba di rumah dan sebelum tidur, cuci tangan juga bisa dikombinasikan dengan mencuci kaki. Bunda dapat mencontohkan cara mencuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosok tangan dengan sabun hingga ke sela-sela jari, punggung tangan dan pergelangan tangan.

  3. Rajin sikat gigi
  4. Sikat gigi minimal dilakukan 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Selain itu, sikat gigi juga bisa dilakukan ketika si kecil usai mengonsumsi makanan manis dan lengket. Katakan bahwa menyikat gigi akan membuat gigi si kecil tetap bersih dan kuat, terhindar dari penyakit mulut, dan napasnya tetap segar.

  5. Mandi minimal 2 kali sehari
  6. Mandi adalah cara menjaga kebersihan tubuh pribadi. Sampai si kecil berusia di atas 5 tahun, Bunda masih bisa memandikan dan mengajarkan cara membersihkan diri yang benar. Ajarkan untuk membersihkan badan secara menyeluruh sampai ke lipatan-lipatan tubuh yang banyak dihinggapi kuman, mengeringkan badan setelah mandi, dan berganti pakaian yang bersih. Si kecil dapat dibiasakan mandi pada pagi dan sore hari usai beraktivitas.

  7. Tidak bertukar barang pribadi
  8. Barang pribadi seperti handuk, sisir, alat makan, dan pakaian sebaiknya tidak dipinjam dengan sembarang orang untuk meminimalisir penyebaran kuman dan penularan penyakit. Bunda sebaiknya mengajarkan aturan tersebut kepada si kecil di rumah dan di sekolah.

  9. Rajin menggunting kuku seminggu sekali
  10. Kebiasaan menggunting kuku setiap minggu akan mengurangi jumlah bakteri di bawah kuku. Selain itu, kuku yang pendek juga akan menghindarkan si kecil dari kebiasaan menggigiti kuku yang tidak baik bagi kesehatan anak.

  11. Rajin membersihkan dan menyisir rambut
  12. Perawatan rambut yang baik sejak dini akan menghindarkan si kecil dari beberapa masalah rambut dan kulit kepala seperti gatal, rambut kering, dan ketombe. Karena itu, biasakan si kecil juga untuk keramas 3-4x dalam seminggu. Kemudian, ajari si kecil cara menyisir rambut yang baik agar tidak kusut dan menatanya agar terlihat rapi.

  13. Menutup mulut ketika bersin dan batuk

Selain terlihat lebih santun, menutup mulut ketika bersin dan batuk juga akan menghambat penyebaran virus. Jika si kecil sedang flu misalnya, Bunda dapat menyiapkan tisu untuk menutup dan membersihkan bersin dan batuk si kecil. Jangan lupa contohkan caranya, ya. Kebiasaan hidup bersih adalah sesuatu berharga yang akan dibawa si kecil kemana pun hingga ia dewasa kelak. Kebiasaan ini akan sangat menolongnya terhindar dari penyakit, lho. Jadi, jika Bunda peduli dengan cara menjaga kesehatan anak yang paling dasar,  yuk segera ajarkan 7 kebiasaan baik di atas sekarang juga!   Sumber: top10homeremedies.com/news-facts/10-good-hygiene-habits-teach-kids-early.html healthline.com/health-slideshow/hygiene-habits-kids#1 Diakses pada 25 September 2016

Go to Top