Dos & Don’ts dalam Melakukan Pijat Sehat

29 July 2017

Kini, semakin banyak orang tua yang antusias untuk memijat bayinya. Namun, kebanyakan orang tua baru, bahkan mungkin termasuk Bunda, masih bingung dan takut dalam memberikan pijatan kepada si kecil. Berikut ini panduan tentang dos & don’ts melakukan Pijat Sehat dari Zwitsal Baby Spa. Do :

  1. Sebelum memijat si kecil, cuci tangan Bunda secara menyeluruh dan lepas perhiasan seperti cincin dan gelang yang bisa melukai si kecil.
  2. Siapkan tempat yang rata dan diganjal dengan baik.
  3. Lakukan Pijat Sehat saat si kecil responsif dan penuh perhatian.
  4. Pijat dengan lembut menggunakan tekanan yang ringan tapi tegas.
  5. Teknik meremas dapat digunakan di bagian punggung, bahu dan pinggul, gerakan melingkar lembut dilakukan pada bagian dada dan perut, sementara tekanan jempol digunakan pada telapak kaki dan telapak tangan.
  6. Gunakan minyak yang tidak menimbulkan reaksi sensitif pada kulit bayi, seperti Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera + Vit E.
  7. Selama memijat, berbicaralah dengan si kecil, bernyanyi, dan melakukan kontak mata agar ia menikmati sesi pijatan dari Bunda.
Don’ts

:

  1. Jangan memijat si kecil saat perutnya penuh atau ia dalam keadaan lapar.
  2. Jangan memijat si kecil ketika ia mengantuk atau menangis.
  3. Jangan memberikan tekanan berlebihan pada kepala dan tulang belakang.
  4. Jangan menggosok sendi yang masih lembut seperti siku dan lutut.
  5. Jangan melakukan Pijat Sehat di luar kapasitas si kecil. Pijatan selama 10 menit cukup untuk bayi yang baru lahir. Sementara untuk si kecil yang mulai berusia beberapa bulan, 20 menit adalah waktu yang ideal.

Bunda dapat melakukan Pijat Sehat sampai si kecil berusia 8 tahun karena pada usia 0-8 tahun, pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik si kecil terjadi begitu pesat. Selain itu, pada rentang usia 0-8, sel-sel otak si kecil pun berkembang dan saling berkoneksi dengan sangat cepat bahkan hingga mencapai 80% kapasitas otaknya. Pijat Sehat akan membantu mengoptimalkan masa emas tersebut. Selalu lakukan Pijat Sehat dengan teknik yang benar dan perasaan bahagia agar menjadi pengalaman yang paling menyenangkan bagi si kecil. Pelajari lebih banyak tentang Pijat Sehat di page Zwitsal Baby Spa.   Sumber: http://www.riseandshine-expo.com/newborn-and-infants/infant-massage-the-secret-to-a-healthy-and-happy-baby/5281/  

Go to Top