Ciptakan Waktu Makan yang Menyenangkan!

29 July 2017

Ada baiknya menciptakan rutinitas makan bersama bagi keluarga karena rutinitas tersebut juga akan memicu kebiasaan makan yang baik bagi anak-anak. Berikut tips mewujudkan rutinitas tersebut dengan menciptakan waktu makan yang menyenangkan:

  1. Saat waktu makan telah tiba, beri peringatan 5 menit sehingga anak-anak/seluruh anggota keluarga tahu bahwa mereka akan harus berhenti melakukan kegiatan apapun yang sedang mereka lakukan, seperti bermain atau menonton TV
  2. Saat makan tidak perlu memburu-buru atau memaksa anak-anak untuk menghabiskan makanannya karena bisa saja mereka tidak terlalu lapar. Jangan terlalu khawatir bunda, anak-anak tahu kapan mereka ingin makan dan merasa sudah mendapat cukup makanan.
  3. Ajak anak-anak membantu bunda dengan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan makan, seperti memasak atau menyusun alat-alat makan di meja makan.
  4. Sajikan menu makanan yang disukai oleh semua anggota keluarga.
  5. Sekali-sekali, sajikan hidangan baru yang menarik untuk dicoba, seperti  pancake, burger atau cheese fondue untuk membuat waktu makan lebih menyenangkan.
  6. Biarkan anak mencoba melayani diri mereka sendiri misalnya mengambil nasi dan lauk pauknya dari piring di atas meja.

Aturan waktu makan dapat mencakup:

  1. Datanglah ke meja saat diajak makan bersama.
  2. Duduk dengan baik dan tidak meninggalkan meja sampai semua orang telah selesai.
  3. Fokus pada makanan dan kegiatan makan. Tidak disambi dengan menonton TV buat anak-anak dan tidak membaca koran atau SMS dan menelepon untuk bunda dan ayah.
  4. Setiap orang mau mencoba setiap sajian yang dihidangkan, termasuk bunda dan ayah, sebelum mereka memutuskan apakah mereka suka atau tidak makanan tersebut.
  5. Setelah selesai makan, angkat piring ke dapur / wastafel / pencuci piring.
  6. Pujilah anak-anak saat mereka mengikuti aturan. Namun jika tidak, tetap tenang, dan jangan menyerah. Menciptakan kebiasaan dan rutinitas memang butuh waktu, namun pada akhirnya anak-anak akan mengikuti teladan yang bunda ajarkan.

Sumber: http://www.netmums.com/family-food/food-for-kids/dealing-with-fussy-eaters/tips-for-happy-meal-times

Go to Top