Cegah si Kecil dari Gigitan Nyamuk Cegah si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Cegah si Kecil dari Gigitan Nyamuk

29 July 2017

Jangan pernah menganggap sepele jika terdapat gigitan nyamuk pada kulit si kecil karena hal itu dapat membuatnya merasa tidak nyaman. Rasa gatal dapat membuat tidur si kecil terganggu dan akhirnya membuatnya sering menangis. Selain menimbulkan rasa gatal, gigitan nyamuk juga dapat menimbulkan masalah kulit bayi, seperti bentol-bentol merah yang akhirnya membuat kulit si kecil tidak mulus.

Sebenarnya, untuk mengatasi gigitan nyamuk tidaklah sulit. Bunda dapat menaburkan sedikit bedak yang mengandung mentol pada bekas gigitan nyamuk di kulit si kecil. Bedak yang mengandung mentol akan memberikan efek dingin sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit si kecil.

Mencegah nyamuk masuk dan memperhatikan kebersihan lingkungan rumah merupakan cara terbaik untuk menghindarkan si kecil dari gigitan nyamuk sehingga dapat membuatnya terhindar dari masalah kulit bayi. Ada beberapa tips bagaimana caranya agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk:

  1. Tutuplah boks si kecil dengan kelambu atau penutup yang bentuknya mirip tudung saji yang sekelilingnya dilapisi kelambu.
  2. Pakaikan si kecil baju lengan panjang dan celana panjang atau selimuti tubuhnya.
  3. Bunda dapat menggunakan obat nyamuk listrik yang diletakkan minimal 5 meter dari boks si kecil atau obat nyamuk semprot yang aman yang disemprotkan minimal 1 jam sebelum si kecil tidur.
  4. Pasanglah kawat nyamuk pada setiap ventilasi kamar dan ruangan lainnya.

Setelah semua pencegahan telah dilakukan, tetaplah pantau kondisi si kecil karena bisa saja ada nyamuk yang dapat lolos dari usaha pencegahan Bunda tersebut. Jika si kecil sudah telanjur terkena gigitan nyamuk yang mengakibatkan bentol-bentol merah di kulitnya, dan kemudian menimbulkan banyak gigitan bekas nyamuk, segeralah bawa ke dokter. Biasanya jika memang diperlukan, dokter akan memberi obat anti radang untuk mengatasinya.

Sumber:

www.inicaraku.com/tips-cara-agar-bayi-tidak-digigit-nyamuk.html

www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/atasi.gigitan.nyamuk.pada.kulit.bayi/001/001/182/10/1

Go to Top