Biar Hamil, tetap dandan dong!

29 July 2017

Saat hamil, biasanya bunda jadi malas mengurus diri, apalagi berdandan menggunakan kosmetik. Ayo bun, jangan sampai hamil membuat bunda jadi tampil kurang maksimal. Penampilan yang cantik dan segar membuat bunda jadi merasa percaya diri, masa hamil pun jadi menyenangkan. Namun tentu saja, lakukan dengan aman dan cermat.

Wajah

Pilih kosmetik aman yang tidak mengandung senyawa kimia berbahaya bagi tumbuh-kembang janin. Sebaiknya cermat memilih kosmetik yang tidak mengandung multimerkuri, timah hitam, atau aluminium, yang banyak digunakan untuk bahan dasar kosmetik. Senyawa-senyawa kimia tersebut apabila digunakan, dapat terserap melalui pori-pori lalu ke aliran darah hingga mencapai janin.

Rambut

  • Biasanya pewarna rambut pun mengandung bahan-bahan dan senyawa kimia yang berbahaya bila terserap melalui pori-pori. Jadi sebaiknya pilih pewarna rambut yang aman, atau untuk sementara menunda keinginan untuk mengecat rambut.
  • Begitu juga bahan yang digunakan untuk meluruskan atau mengeriting rambut biasanya menggunakan bahan dasar yang cukup keras dan kurang baik bagi pertumbuhan janin. Jadi sebaiknya tunda dulu perawatan rambut.

Kulit

  • Biasanya saat hamil, bunda mengalami perubahan hormon. Kulit bisa berubah jadi sangat berminyak, jerawatan atau kering. Pilih produk yang khusus diperuntukkan ibu hamil.
  • Lupakan krim pemutih, baik untuk kulit dan wajah. Akibat hormon kehamilan, kulit cenderung akan menjadi gelap, jadi akan percuma juga apabila bunda tetap menggunakan produk-produk pemutih.
  • Waspada alergi. Kehamilan adakalanya membuat kondisi kulit berubah. Kosmetika yang selama ini biasa bunda gunakan, belum tentu cocok dipakai saat hamil. Bisa saja, tiba-tiba muncul reaksi alergi. Apabila ini terjadi, sebaiknya dihentikan dahulu.

Sumber:

Ayahbunda

Mommiesdaily

Go to Top