Belajar Bicara, yuk!

29 July 2017

Saat si kecil mengucapkan kata pertamanya, biasanya momen itu menjadi salah satu tahap tumbuh kembang bayi yang dinanti para orang tua. Rasanya pasti tak sabar menunggu saat-saat si kecil bisa memberikan respon verbal ketika kita ajak bicara. Tapi tentu saja, si kecil tak bisa bicara dengan sendirinya. Bunda harus memberinya stimulasi, misalnya dengan cara mengajak si kecil berbicara atau membacakan cerita untuknya. Anak yang mendapatkan bentuk stimulasi ini sejak dini telah terbukti memiliki rentang kosa kata dan kemampuan tata bahasa yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak mendapatkan stimulasi.

Bunda ingin memberikan stimulasi tumbuh kembang bayi terbaik untuk kemampuan bicara si kecil? Beberapa stimulasi sederhana berikut ini bisa Bunda coba:

1. Ajak si kecil berbicara

Walaupun belum bisa memberikan respon, si kecil memperhatikan dan mendengar setiap kata yang Bunda ucapkan. Ajak si kecil berbicara tentang apapun, misalnya saat memandikan si kecil, katakan “Airnya hangat, ya?” atau katakan “Hari ini makan wortel, ya.” saat menyuapi si kecil.

2. Bacakan cerita pada si kecil

Tak pernah terlalu dini untuk membaca cerita bersama si kecil. Selain cerita, Bunda juga bisa menunjukkan sebuah gambar dan bercerita tentang gambar tersebut pada si kecil. Tunjuklah sebuah gambar binatang dan sebutkan namanya. Jelaskan juga tentang warna dan hal lainnya yang menggambarkan binatang tersebut.

3. Perbaiki cara bicara si kecil

Saat si kecil mulai berbicara, perbaiki artikulasi dan cara bicaranya dengan lembut. Misalnya, kalau ia mengatakan ‘Num’ saat meminta minum, Bunda bisa mengucapkan ‘Minum’ saat memberikan ia susu atau air.

4. Berinteraksi langsung dengan si kecil

Program edukasi di TV memang bisa memberi manfaat pada anak. Tapi, jangan hanya mengandalkan TV, komputer, atau media lainnya karena yang dibutuhkan anak adalah interaksi yang hanya bisa diberikan oleh Bunda dan orang-orang terdekatnya. Jadi, berinteraksilah dengan si kecil. Ajak pula ia untuk mengikuti gerakan Bunda, seperti bertepuk tangan, bermain cilukba, dan lain-lain.

5. Ajak si kecil berjalan-jalan

Jangan hanya berinteraksi dengan si kecil di rumah saja. Ajak juga ia berjalan-jalan ke taman, kebun binatang, atau museum. Eksplorasi lingkungan baru dan tunjukkan hal-hal menarik pada si kecil sambil menyebutkan nama hal tersebut kepadanya.

Hal-hal sederhana di atas memberi stimulasi tumbuh kembang bayi yang mengajarkan kosa kata, struktur kalimat, serta tata bahasa pada si kecil. Ia pun akan terdorong untuk meniru kata yang Bunda ucapkan dan mengucapkan kata pertamanya. Nah, kira-kira apa kata pertama yang akan diucapkan si kecil, ya?

Sumber:

parents.com/baby/development/talking/9-ways-to-help-your-childs-language-development/

asha.org/public/speech/development/parent-stim-activities.htm

 Klik tombol tag untuk baca artikel yang berhubungan lainnya

     

Go to Top