Ayo Ngobrol dengan si Kecil

29 July 2017

Stimulasi yang didapatkan bayi saat melakukan Zwitsal Baby Spa memang tidak terbatas pada stimulasi sentuhan serta stimulasi aroma saja. Bunda juga bisa ‘ngobrol’ dengan si kecil saat melakukan langkah-langkah Zwitsal Baby Spa, lho!

Walaupun belum bisa mengerti perkataan Bunda, tapi sangat penting bagi Bunda untuk berbicara pada bayi Bunda sehingga kemampuan komunikasi si kecil terasah. Manfaat komunikasi terhadap tahap perkembangan bayi akan terasa sampai si kecil dewasa, lho. Melalui komunikasi yang baik, si kecil juga akan mendapatkan perkembangan positif dalam menulis dan membaca. Tapi, bagaimanakah cara terbaik untuk ‘ngobrol’ dengan si kecil? Berikut ini adalah beberapa langkahnya:

  • Tatap mata si kecil saat Bunda berbicara dengannya. Ketika ia memberi respon seperti tersenyum atau mengoceh, berikan respon kembali agar ia merasakan perhatian Bunda.
  • Panggilah bayi Bunda dengan namanya.
  • Agar lebih mudah dimengerti, berikan sebuah gerakan untuk setiap kata yang Bunda ucapkan. Seperti mengucapkan ‘Dadaaah’ sambil melambaikan tangan, atau ‘Makan’ sambil memainkan mulut Bunda seolah sedang makan.
  • Ucapkan kata-kata sederhana yang sering dia jumpai seperti ‘mama’ atau ‘susu’ dengan jelas dan rutin, sehingga si kecil belajar mengenali kata-kata yang familiar dan mengasosiasikannya dengan benda tertentu serta artinya.
  • Walaupun si kecil belum bisa menjawab Bunda, berikan pertanyaan pada si kecil seperti, “Bayi lucu mau makan?”, “Siapa yang mau mandi?” dengan nada ceria.
  • Bacakan sebuah cerita dengan suara dan nada bicara yang ceria. Cerita yang Bunda komunikasikan tidak harus berupa dongeng, kok. Bunda juga bisa menceritakan tentang kegiatan Bunda hari itu.
  • Bernyanyilah bersama si kecil. Hal ini sangat penting bagi tahap perkembangan bayi karena membantu si kecil mempelajari bahasa dan komunikasi lainnya.
  • Amati sinyal yang diberikan oleh bayi Bunda, seperti senyuman, kontak mata, dan lainnya. Melalui poin inilah bayi Bunda ingin menyampaikan apa yang sesungguhnya ia inginkan.

Komunikasi sederhana ini bisa Bunda lakukan kapanpun Bunda menghabiskan waktu bersama si kecil, misalnya saat menyusui atau saat melakukan langkah Zwitsal Baby Spa. Caranya sangat mudah, tapi manfaatnya begitu besar pada tahap perkembangan bayi!

Sumber:

http://www.webmd.com/parenting/baby/infant-development-9/baby-talk

http://pediatrics.about.com/od/infantparentingtips/a/04_baby_talk.htm

Go to Top