Zwitsal | Ajari Anak Membuang Sampahnya Sendiri Zwitsal | Ajari Anak Membuang Sampahnya Sendiri

Zwitsal | Ajari Anak Membuang Sampahnya Sendiri

29 July 2017

Ada banyak cara untuk mengajarkan si kecil untuk lebih bertanggung jawab. Misalnya saja dengan mengajarkannya cara membereskan sampah yang dibuatnya sendiri. Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga orang tua, tapi juga melatih tanggung jawabnya. Simak cara-caranya berikut ini ya.

Ajari Sejak Dini Kreativitas si Kecil perlu dipupuk dan diasah untuk menunjang proses belajar dan peningkatan kecerdasannya. Tapi ajarkan juga untuk bertanggung jawab atas kekacauan dan sampah yag telah dibuatnya. Semakin lama Bunda menunda, semakin sulit mengubah kebiasaan buruk tersebut. Mulailah dari awal dengan tugas yang sederhana, seperti memintanya membuang ke tempat sampah atau mengembalikan mainan ke tempat semula.

Buat Peraturan Anak-anak memerlukan peraturan agar memiliki sifat dan perilaku yang lebih baik. Jelaskan kepadanya bahwa terdapat peraturan baru yang berhubungan dengan membersihkan sampah yang dibuatnya sendiri. Beritahukan juga konsekuensi yang menyertai jika ia tidak mengikuti aturan yang ada. Misalnya setelah selesai bermain, ajarkan untuk mengembalikan mainan ke kotaknya. Jika mengaku lupa, ingatkan sekali saja.

Tapi jika dilakukan terus-menerus, Bunda dapat memberikan konsekuensi karena tidak menepati kesepakatan, dengan meminta mainan tersebut dan menyimpannya selama beberapa lama. Cara ini dapat melatih disiplin tanpa bertindak terlalu keras padanya. Permudah Prosesnya Membuat kegiatan bersih-bersih terlihat mudah akan mengangkat tekanan yang ada pada si Kecil. Jangan biarkan anak-anak merasa kewalahan kemudian menyerah karena tidak tahu harus mulai dari mana. Salah satu cara efektif untuk membantunya adalah dengan membatasi mainan yang dapat dimainkan pada satu hari.

Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga si Kecil untuk membereskannya, juga melatih tanggung jawab dalam skala kecil.Sediakan Perlengkapan yang dibutuhkan Untuk membantu si Kecil memuluskan proses belajar menangani sampah yang dibuatnya sendiri, milikilah tempat khusus untuk segalanya. Gunakan label untuk memisahkan barang-barang yang ada dalam kamarnya.

Misalnya kotak untuk menyimpan buku, mainan, atau perlengkapan sekolah. Sediakan juga tempat sampah pada setiap sudut ruangan untuk memudahkannya dalam membersihkan sisa-sisa prakarya yang ia buat. Latih kemampuan ini sejak dini untuk dibawa hingga si kecil dewasa nanti.

Tidak hanya terbiasa hidup rapi, tapi juga memupuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya. Usai membereskan mainan dan sampah yang dibuatnya sendiri, siapkan Zwitsal Bubble Bath Active Fantastic Fruit Anti Kuman atau Bubble Bath Beauty Strawberry Surprise Kulit Halus untuk teman mandi si Kecil. Biarkan ia menikmati me time-nya dengan keharuman buah tahan lama saat mandi sendiri.

Go to Top