6 Langkah Menjaga Kesehatan Kulit Si Kecil Saat Cuaca Panas

29 July 2017

Cuaca panas dapat dengan mudah membuat si kecil merasa tidak nyaman. Ia akan berkeringat lebih banyak, merasa gerah, dan akhirnya menjadi rewel. Cuaca panas karena sinar matahari yang terik juga dapat membuat kulit si kecil menjadi kering. Karena itu, bayi di bawah 6 bulan tidak disarankan terlalu sering dibawa keluar rumah.

Saat di dalam rumah pun, Bunda perlu memberikan perhatian lebih dalam menjaga kesehatan kulit si kecil ketika cuaca panas. Salah satu kunci dari perawatan kulit si kecil saat cuaca panas adalah memilih produk yang tepat dan sesuai seperti sabun, bedak, dan lotion bayi. Selain itu, Bunda juga harus menyesuaikan pakaian yang dikenakan si kecil. Selengkapnya, berikut ini 6 langkah yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit si kecil ketika cuaca panas:

  1. Mandikan si kecil 2 kali sehari untuk membersihkan dan menyegarkan kulitnya. Bayi berusia di atas 6 bulan bisa dimandikan menggunakan air dingin, sedangkan di bawah usia itu bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku. Saat memandikan si kecil, jangan lupa bersihkan lipatan-lipatan kulit seperti pada bagian leher, ketiak, dan selangkangan untuk membersihkan sisa keringat dan kotoran yang dapat menimbulkan masalah kulit seperti biang keringat, kemerahan, dan gatal.
  2. Pilih sabun bayi yang membersihkan kulit dengan baik tapi tetap lembut. Bunda dapat menggunakan Zwitsal Natural Baby Bath Milk & Honey. Sabun cair ini diperkaya dengan kandungan protein susu, madu, dan juga Vit E & Vit B5 untuk menjaga kesehatan, kelembutan dan kesegaran kulit bayi. Selain itu, formulanya lembut bagi kulit sensitif si kecil dan tidak akan menyebabkan kulit kering.
  3. Pakaikan si kecil baju yang longgar dan menyerap keringat. Jenis pakaian yang dapat menyerap keringat biasanya terbuat dari bahan katun atau kaos. Jika ingin memakaikan topi saat hendak keluar rumah, pilihkan topi yang juga terbuat dari bahan katun, bukan wol, sehingga lebih ringan dan dapat menyerap keringat di kepala si kecil.
  4. Gunakan Zwitsal Baby Powder untuk menyerap keringat bayi yang berlebih. Caranya, tuangkan bedak pada telapak tangan Bunda, ratakan secara perlahan, kemudian usapkan pada bagian tubuh si kecil yang membutuhkan. Saat menuang, jauhkan botol bedak dari wajah si kecil untuk menghindari risiko partikel bedak terhirup. Dan, hindari menggunakan puff ya, Bunda.
  5. Jika kulit si kecil tampak pecah-pecah, Bunda bisa mengoleskan Zwitsal Baby Lotion untuk melembapkan kulit si kecil. Lotion bayi ini mengandung bahan pelembap alami Jojoba Oil yang telah lama dipercaya mampu menutrisi dan menjaga kulit bayi agar sehat dan halus, serta Canola Oil yang merupakan pelembap alami. Selain itu, Zwitsal Baby Lotion juga terbukti hypo-allergenic sehingga aman untuk kulit si kecil yang sensitif.
  6. Sebagai perlindungan tambahan, Bunda juga bisa mengoleskan tabir surya yang aman untuk bayi. The American Academy of Pediatrics telah menyetujui penggunaan tabir surya untuk bayi di atas 6 bulan. Pilih tabir surya dengan kadar SPF 15, lalu oleskan pada seluruh tubuh si kecil 20 menit sebelum keluar rumah. Tapi, Bunda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak sebelum memutuskan menggunakan tabir surya untuk si kecil.

Bunda mungkin tidak bisa benar-benar menghilangkan efek cuaca panas pada si kecil. Namun, dengan perawatan kulit yang tepat seperti cerdas memilih sabun, bedak, lotion bayi, dan tabir surya, Bunda bisa mengurangi risiko buruk yang mungkin terjadi. Dengan kondisi kulit yang sehat dan nyaman, si kecil dapat tetap bermain dengan riang. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bunda.

Sumber:

parents.com/baby/care/skin/save-your-babys-skin/
babycenter.com/0_how-to-keep-your-baby-safe-in-the-sun_421.bc
babycenter.in/x25006277/is-it-safe-to-use-baby-talcum-powder-on-my-baby
Diakses pada 6 September 2016

Go to Top