3 Permainan Bermanfaat untuk Bayi 10 Bulan 3 Permainan Bermanfaat untuk Bayi 10 Bulan

3 Permainan Bermanfaat untuk Bayi 10 Bulan

29 July 2017

Pada usia 10 bulan, bayi memiliki ketertarikan yang semakin besar terhadap suara dan gerakan. Ia akan mencoba menirukan suara di sekitarnya yang kemudian bagi Bunda terdengar seperti mengoceh. Selain itu, ia juga juga mulai mahir menggunakan tangannya untuk memegang sesuatu dan menggunakan lututnya untuk merangkak. Dengan perkembangan bayi 10 bulan yang menakjubkan seperti itu, tentunya Bunda tetap perlu memberikan stimulasi agar ia semakin cerdas. Stimulasi yang diberikan Bunda pada si kecil tidaklah perlu yang rumit dan membutuhkan biaya. Bunda bisa menstimulasi kecerdasan dan perkembangan si kecil lewat permainan yang mudah dan sederhana. Permainan-permainan sederhana yang Bunda dan si kecil lakukan di rumah tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan fisiknya, tapi juga kecerdasan dan kemandiriannya. Dan, tentu saja dapat mempererat bonding antara si kecil dan Bunda.

Nah, inilah 3 ide permainan yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk mendukung perkembangan bayi 10 bulan:

1. Memukulkan 2 benda

Caranya, sediakan 2 buah stik kayu atau sendok. Kemudian, contohkan si kecil untuk memukulkan keduanya. Lama-lama ia akan menikmati ritme dan suara yang dihasilkan. Permainan sederhana ini bermanfaat untuk melatih koordinasi tangan dan mata si kecil,lho. Selalu awasi si kecil saat bermain permainan ini ya, Bunda.

2. Sembunyikan mainan

Siapkan mainan favorit si kecil dan 2 buah selimut. Pertama-tama, sembunyikan mainan si kecil di bawah selimut dan biarkan ia melihatnya. Lalu, sembunyikan tanpa ia melihatnya. Terakhir, coba sembunyikan di salah satu selimut. Biarkan si kecil menebak dan belajar konsep "hilang" dan "ada".

3. Melewati rintangan

Susun beberapa bantal dan guling di kasur, lalu biarkan si kecil memanjat, merangkak, dan melewatinya. Awasi dan lihat bagaimana ia meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan kakinya.

Seru sekali ya, Bunda? Jika si kecil tampaknya tidak terlalu tertarik dengan permainan yang Bunda siapkan, jangan dulu putus asa. Bunda bisa mencobanya lagi esok atau minggu depan, atau menggantinya dengan permainan yang lain. Selain itu, Bunda juga tidak perlu putus asa jika penguasaan si kecil terhadap permainan tersebut tidak seperti yang Bunda harapkan. Bagaimanapun, perkembangan bayi 10 bulan tidak bisa disama-ratakan. Tetaplah semangat dan kreatif untuk mengajak si kecil bermain ya, Bunda. Permainan manakah yang akan jadi favorit si kecil, ya?

Sumber:

parents.com/baby/development/intellectual/enhance-cognitive-development-9-12-months/?slideId=49653

babycentre.co.uk/a1011611/10-month-old-baby-games-first-week

Go to Top