15 Perlengkapan Mandi Bayi dan Tips Memilihnya

27 November 2018

Menjaga kebersihan bayi adalah bagian penting dari perawatan yang Bunda berikan untuk si kecil serta menjaga kesehatannya. Bayi yang bersih akan merasa nyaman sehingga lebih bebas mengeksplorasi lingkungannya. Stimulasi yang diberikan pada bayi pun akan diterima dengan lebih optimal.

Bayi yang terjaga kebersihannya juga tidak mudah sakit dan risiko masalah seperti ruam popok atau masalah kulit lainnya akan berkurang. Karena itu, untuk mendukung perawatan si kecil, yuk lengkapi perlengkapan mandi bayi yang dibutuhkan bayi.


Perlengkapan Mandi Bayi


Perlengkapan mandi bayi apa saja yang perlu Bunda siapkan untuk menyambut kelahiran si kecil? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bak mandi bayi

Memandikan bayi kecil memang tidak mudah, terutama bila Bunda belum terbiasa. Bak mandi khusus bayi akan membantu Bunda memandikan si kecil sekaligus membuatnya merasa nyaman saat mandi. Demi keamanan, bayi di bawah usia 6 bulan sangat disarankan untuk mandi menggunakan bak mandi khusus bayi. Saat memilih bak mandi bayi, pastikan bak mandi mudah dibersihkan dan terbuat dari bahan yang tidak mudah berjamur.

2. Alas bak mandi bayi

Alas bak mandi bayi akan memudahkan Bunda saat memandikan si kecil karena bayi bisa didudukkan di alas tersebut. Pilihlah alas bak mandi yang anti-slip sehingga si kecil jadi tidak mudah tergelincir saat dimandikan. Beberapa jenis bak mandi sudah memiliki alas khusus yang terpasang di bagian dasarnya. Kalau bak mandi yang Bunda siapkan belum memiliki alas tersebut, Bunda bisa membeli alas bak mandi ini secara terpisah.

3. Sabun dan sampo

Bayi tentu saja tidak bisa menggunakan sampo dan sabun orang dewasa. Kulit bayi lebih tipis dan sensitif dibandingkan orang dewasa, sehingga zat kimia pada produk orang dewasa akan membuat kulit bayi menjadi iritasi dan kemerahan. Produk bayi yang tidak mengandung pewarna, pewangi, ataupun alkohol, seperti Zwitsal Baby Bath Classic dan Zwitsal Baby Shampoo Classic, adalah pilihan terbaik untuk si kecil.

Zwitsal mengandung bahan alami untuk memberikan perawatan kulit bayi sesuai kebutuhan bayi yang berbeda. Beberapa bahan alami yang terkandung dalam produk bayi Zwitsal di antaranya adalah Aloe Vera, susu, madu, kemiri, dan seledri. Produk yang tersedia juga tidak hanya sabun dan sampo, tapi juga produk perawatan lain yang membantu menjaga kesehatan si kecil seperti bedak, pelembab, dan krim antiruam popok.

4. Bedak

Bayi lebih rentan mengalami biang keringat. Ini karena pori-pori kulit bayi lebih kecil dibandingkan orang dewasa sehingga lebih mudah tersumbat. Pemakaian bedak bayi sangat membantu untuk menjaga agar kulit bayi tetap kering sehingga tidak mengalami masalah biang keringat.

Bunda perlu ingat kulit bayi harus dalam keadaan kering sebelum ditaburkan bedak bayi. Jadi, bila si kecil berkeringat atau baru selesai mandi, keringkan dulu kulit bayi sebelum menaburkan bedak bayi. Bila bedak ditaburkan ketika kulit bayi masih basah, pori-pori kulit bayi justru akan tersumbat dan menyebabkan biang keringat.

5. Meja ganti popok

Saat mengganti baju dan popok si kecil, Bunda membutuhkan permukaan datar dan stabil demi keamanan dan kenyamanan bayi. Karena itu, meja khusus untuk mengganti popok akan sangat membantu Bunda. Idealnya, meja ini hanya digunakan untuk bayi. Bunda tentu tidak ingin mengganti popok bayi di atas meja makan, kan? Produk perawatan bayi juga bisa Bunda simpan dengan rapi di meja ini.

6. Perlak

Setelah memandikan si kecil, perlak sebagai alas berganti pakaian akan sangat memudahkan Bunda. Perlak mudah dibersihkan dan menjaga agar meja ganti popok si kecil tetap kering.

7. Kapas

Saat mengganti popok, cara paling aman untuk membersihkan bokong bayi adalah menggunakan kapas yang dibasahi dengan air. Kapas juga bisa Bunda gunakan untuk membersihkan mata bayi. Penggunaan kapas ini disarankan selama beberapa minggu pertama usia bayi karena Bunda sebaiknya tidak menggunakan tisu basah pada bayi yang baru lahir.

8. Baby Oil

Baby oil memang bukan produk bayi yang perlu digunakan setiap saat. Namun, baby oil bisa Bunda gunakan untuk membersihkan masalah dermatitis seboroik pada kulit kepala bayi. Baby oil juga membantu Bunda membersihkan kulit bayi dari kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan.

9. Tisu basah

Setelah si kecil berusia beberapa bulan, Bunda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan kulit si kecil. Pilihlah tisu basah yang hypoallergenic, tanpa alkohol, dan tanpa pewangi. Faktor ini sangat penting agar kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

10. Handuk

Handuk untuk bayi sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut sehingga tidak menggores kulitnya dan menyebabkan iritasi. Selain itu, sebaiknya handuk berukuran cukup besar untuk membungkus tubuh bayi sehingga bayi tidak merasa kedinginan. Kini tersedia pula handuk bayi dengan tudung kepala, sehingga kepala bayi pun tertutup agar bayi tetap merasa hangat. Jangan lupa, sebelum dipakai untuk pertama kalinya, handuk harus dicuci terlebih dahulu ya, Bun.

11. Waslap

Waslap digunakan untuk menyeka tubuh bayi saat mandi sehingga memudahkan Bunda membersihkan bagian yang sulit dibersihkan seperti lipatan tubuh. Seperti handuk, waslap juga harus terbuat dari bahan yang lembut untuk kulit bayi. Bunda bisa memilih waslap berbentuk sarung tangan sehingga lebih mudah digunakan saat memandikan bayi.

12. Gunting kuku

Walaupun masih kecil, bayi memiliki kuku mungil yang tajam. Kalau Bunda tidak memotong kuku si kecil, bisa-bisa ia menggaruk kulitnya dan menyebabkan iritasi, luka, atau masalah kulit lainnya. Karena itu, gunting kuku untuk bayi adalah salah satu perlengkapan mandi bayi yang tak boleh terlewat. Saat menggunting kuku bayi, Bunda harus menggunakan gunting kuku khusus bayi yang berukuran kecil dan tidak terlalu tajam sehingga lebih aman.

13. Sisir bayi

Bayi mungil yang tidak memiliki banyak rambut memang tidak membutuhkan sisir bayi. Tapi kalau bayi Bunda memiliki rambut, lebat atau tidak, rutin menyisir rambut bayi membantu mencegah rambut kusut dan menjaga rambut bayi tetap bersih dan sehat. Dikarenakan kulit kepala bayi masih sangat lembut, sebaiknya hindari sisir untuk orang dewasa yang bergigi rapat dan tajam. Gunakan sisir bayi yang berujung bulat dan bergigi jarang. Bunda juga bisa memilih sisir bayi berbentuk sikat yang lembut.

14. Mainan

Dengan mainan yang tepat, waktu mandi akan jadi waktu yang menyenangkan sekaligus waktu untuk memberikan stimulasi yang bermanfaat untuk bayi. Bahkan, mainan seperti bebek karet atau cangkir plastik kecil bisa memberi stimulasi baik bagi si kecil saat mandi. Tentunya Bunda harus memilih mainan yang tahan air, ya.

15. Pengaman keran bathtub

Kalau Bunda memandikan si kecil dalam bathtub, Bunda sebaiknya memasang pengaman khusus pada keran bathtub. Perlengkapan bayi ini memang tidak secara langsung digunakan oleh bayi saat mandi. Namun, perlengkapan ini sangat dibutuhkan untuk keamanan bayi dengan cara mencegah kepala bayi terbentur keran bathtub.

Selain perlengkapan mandi bayi di atas, ada pula beberapa perlengkapan lain yang tidak mutlak diperlukan tapi bisa Bunda siapkan pula bila mau. Misalnya, termometer mandi bayi untuk memastikan bahwa air mandi si kecil tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Meski demikian, perlengkapan seperti ini tidak harus Bunda miliki karena bisa digantikan dengan peralatan lain yang lebih praktis.


Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi


Tentu saja, memilih perlengkapan mandi bayi harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor, di antaranya:

1. Aman untuk bayi

Pastikan perlengkapan mandi bayi terbuat dari bahan yang aman untuk bayi. Misalnya, bak mandi sebaiknya terbuat dari bahan polypropylene plastic yang tidak beracun. Hindari bak mandi bayi yang terbuat dari plastik daur ulang yang tidak disarankan untuk bayi. Faktor komposisi dan bahan perlengkapan mandi bayi ini juga berlaku saat Bunda memilih produk perawatan bayi seperti sabun dan shampoo.

2. Dibuat khusus untuk bayi

Kebutuhan bayi tentu tidak sama dengan kebutuhan orang dewasa. Jadi, untuk perlengkapan mandi bayi, Bunda sebaiknya menggunakan perlengkapan yang memang didesain untuk bayi. Misalnya, bak mandi bayi tidak bisa disamakan dengan ember biasa. Walaupun sama-sama menampung air untuk mandi, tapi ember biasa tidak dirancang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bayi saat mandi. Jadi, Bunda sangat disarankan untuk memandikan bayi dengan bak mandi bayi, dan bukan dengan ember biasa.

3. Fitur tambahan bagi keamanan bayi

Faktor ini terutama harus diperhatikan saat Bunda membeli barang seperti bak mandi dan gunting kuku. Misalnya, saat membeli bak mandi, Bunda bisa memilih bak mandi yang dilengkapi bahan anti-slip sehingga tidak akan bergeser atau tergelincir di lantai kamar mandi. Lalu saat memilih sampo bayi, fitur tidak pedih di mata seperti yang dimiliki oleh Zwitsal Baby Shampoo jadi faktor penting.

4. Harga dan merek perlengkapan mandi bayi

Merek terkenal dan harga yang mahal bukan jaminan barang yang berkualitas. Karena itu, jangan jadikan merek dan harga tinggi sebagai faktor penentu saat Bunda membeli perlengkapan bayi. Bunda bisa mencari ulasan dari beberapa perlengkapan mandi bayi seperti bak mandi atau mainan secara online untuk memastikan kualitasnya.

Rekomendasi dari sahabat dan keluarga juga bisa jadi panduan Bunda untuk memilih perlengkapan mandi bayi. Bunda harus menyesuaikan harga perlengkapan mandi bayi dengan anggaran yang Bunda miliki. Bunda tak perlu membeli perlengkapan bayi yang harganya di luar kemampuan dan kebutuhan Bunda, ya.

Perlengkapan mandi bayi yang berkualitas akan memudahkan Bunda saat memandikan si kecil, sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan pada bayi. Waktu mandi pun menjadi saat menyenangkan yang memberikan stimulasi positif untuk bayi. Saat memandikan bayi juga bisa jadi waktu yang tepat untuk membangun hubungan dengan si kecil, lho. Pengalaman mandi yang menyenangkan pun punya pengaruh positif pada tumbuh kembang si kecil. Selamat bermain air bersama si kecil!


Sumber:

bidanku.com/daftar-penting-perlengkapan-bayi-baru-lahir

mommyasia.id/2159

thebump.com/a/checklist-babys-bath-supplies

cloudmom.com/baby-registry-list-bathing-care-and-grooming-essentials/

babycentre.co.uk/a559809/buying-for-baby-what-you-really-need

whattoexpect.com/first-year/baby-care-products-you-really-need.aspx

perawatanbayi.com/cara-memilih-perlengkapan-mandi-bayi/

Go to Top