[facebook] Penyakit Kulit Yang Sering Pada Bayi dan Balita bersama Dr. Srie Prihianti, SpKK, PhD

Topik : Ruam Merah seperti bisul di kepalaPertanyaan dari Bunda Intan Purnama : Siang dokter,anak sy usia ny 5bln.sekitar kulit wajah,tengkuk,dan kepala kadang suka ad bintik merah kecil2,bhkn d bgian kepala ky bisul tp kecil,it penyebab ny apa y dktr,anak sy msh ASI.
Hai bunda yang sering terjadi pada si kecil adalah biang keringat (ruam merah di badan, leher, dll) dan infeksi bakteri (bisul). Jadi perlu diperhatikan kebersihan (higiene) kulit dan membersihkan keringat dengan baik. Gunakan juga pakaian yang menyerap keringat.
Topik : Kulit wajah kering disebabkan bedak?Pertanyaan dari Bunda Asri Kartika : siang Dok,, bayiku umur 3 bulan. kalau di bedakin di daerah mukanya kenapa pipinya jadi kering ya? dan tanya lagi ni dok. gimana cara ngilangin benjolan bekas suntik imunisasi ya? kulit pahanya jadi kliatan berwarna agak kehitaman gitu
Hai bunda tampaknya kulit si kecil memang agak kering, jadi tidak disebabkan karena penggunaan bedak. Untuk mengatasi kekeringan kulit, bisa digunakan baby lotion sebagai pelembab segera setelah mandi secara rutin dan gunakan sabun mandi yang berpelembab.
Topik : Mengatasi biang keringat dengan sabun antiseptikPertanyaan dari Bunda Bunda SYaffa : selamat siang dok, anak saya berrumur 3 tahun dan selama ini selalu menggunakan sabun anti septik untuk mengurangi biang keringat di badannya, apakah itu baik untuk kulit atau ada dampaknya nanti karena kan kulitnya masih sensitif. terima kasih atas jawabannya.
Hai bunda, biang keringat disebabkan karena adanya sumbatan di saluran kelenjar keringat dan produksi keringat yang berlebih. untuk mengatasinya: keringat perlu dibersihkan dengan lap basah, lalu keringkan. gunakan pakaian yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dgn suhu panas. Jadi rasanya tidak berhubungan dengan penggunaan sabun antiseptik.
Topik : Ruam merah di pipi dan leher diakibatkan ASI?Pertanyaan dari Bunda Nur Ika Syamsiah: selamat siang,usia bayiku 5bulan. Sering jika sedang mimi,bayi suka melepaskan isapannya jadi air susu menetes dimuka dan lehernya..meninggalkan bekas merah dipipi dan lehernya,dikasi bedak dan dibersihkan tetap saja merah..apakah itu iritasi? Bagaimana mengatasinya?
Hai bunda, si kecil tampaknya mengalami eksim atopik yang gejalanya ada bercak2 merah di pipi. Hal ini tidak disebabkan karena ASI atau alergi ASI. Untuk mengatasinya: perlu menggunakan krim anti peradangan pada saat ruam kulit tsb muncul. selain itu perlu diperhatikan perawatan sehari2 kulit si kecil dengan penggunakan pelembab segera setelah mandi secara rutin.
Topik : Ruam merah di kemaluan anakPertanyaan dari Bunda Septiana Harlianti Harlianti : Siang dok,anak sy perempuan intan 3thn trkdng suka merah ϑĩ. Bibir kemaluanya bl pk celna aga ketat,knp y dok apa iritasi biasa? Makasih
Hai bunda, bercak kemerahan bisa timbul karena kelembaban yang meningkat akibat penggunaan pakaian yang ketat sehingga menimbulkan peradangan di kulit. Bila masih ringan, cukup dengan menjaga area tersebut tetap kering dan gunakan pakaian yang menyerap keringat
Topik : Ruam merah pada pipi bayi 6 MingguPertanyaan dari Bunda Noview Ibunya Alea : siang dok...anak saya usianya baru 6minggu..dikedua pipinya ada merah2 seperti alergi disertain bintik2..kira2 penyebabya apa y dok?trus gmn carangilanginnya...terima kasih
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil mengalami eksim atopik. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin. Bila timbul beruntus merah perlu diberikan krim yang berfungsi anti peradangan dan untuk hal ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit :0
Topik : Menghilangkan ruam popok yang selalu timbulPertanyaan dari Bunda Fitra Wilis : cara menghilangkan ruam merah bekas pake diapers gimana yaa? padahal udah sering diganti, udah coba aneka merek juga, teteeep aja begitu, kasian si adek baru 8 bulan terlihat gak nyaman
Hai bunda. Yang perlu diperhatikan adalah juga membersihkan dengan baik saat si Kecil buang air kecil/buang air besar. Setelah itu dapat dioleskan baby cream dan dibiarkan mengering dulu beberapa menit sebelum menggunakan diapers lagi. Ada baiknya jika di rumah gunakan diapers dari kain dan disposable diapers hanya digunakan saat pergi/tidur
Topik : Ruam merah di badan, tangan dan leher setelah demam.Pertanyaan dari Bunda Ellin Riesna Kemala : Siang dok, anak sy usia 9bln, 2 hari yg lalu demam, stlh demam hilang muncul bercak merah disktr bdn, tgn, leher. Apa itu termasuk campak dok? Trmksh atas penjelasannya
Hai bunda, ruam merah saat si kecil sakit / demam, bisa merupakan infeksi virus atau reaksi alergi obat. untuk memastikan hal ini si kecil perlu diperiksa lbh jauh dulu oleh dokter kulit.
Topik : Tanda biru di bagian pantat bayiPertanyaan dari Bunda Ervina Setianti: Siang dok anak saya usia 6 bln kok di badannya bnyak bagia yg berwarna biru biru gt ya agak hijau gt di bagian pantat tangan kaki dan msh bnyak lg, itu knp ya? Dan bs ilang tdk?
Hai bunda, ada kemungkinan di kulit si kecil tersebut adalah tanda lahir. Tanda lahir berwarna biru, hijau ini akan berangsur angsur hilang dengan sendirinya.
Topik : Gatal pada pergelangan tangan bayi usia 11 bulanPertanyaan dari Bunda Masri Handayani: Selamat siang, putri saya berumur 11 bln, pada pergelangan tangan sering sekali keluar bintik merah kecil sperti gatel2 gtu dok, trus di siku bagian dalam jg, karena sering di garuk jd berbekas garis2 dan keluar bintik cairan merah jg dok. di bdan nya suka keluar ruam merah, padahal setiap badan keringetan baju lgsg di ganti. dulu waktu berumur 7 bln sering kena bisulan, tp Alhamdullillah setelah ganti susu bisulnya sudah tidak tumbuh lagi. bagaimana ya dok agar bayi tidak mudah gatel2 dan bekas gatelnya bisa hilang??
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/mengalami eksim atopik. Cara mengatasinya, gunakan krim anti peradangan untuk mengatasi ruam pada kulit, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin
Topik : Bercak putih seperti panu di pipi Pertanyaan dari Bunda Amaliya Riyanto : mau nany dok,anak sy yg 1 cew umur 4th11bln,dike2 pi2ny ada bercak2 putih kyk panu tp kecil2&byk,kira2 knp y dok?obtny apa?apa mnular,krn adikny yg cew umur 11bln jg ada tp g separah ka2kny?sdgkn adikny yg cow umur 3th g da,mksh
Hai bunda, bercak putih pada pipi dapat disebabkan karena kulit si Kecil cenderung sensitif/atopik dan bisa bertambah banyak bila terkena paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya gunakan tabir surya untuk anak setiap kali ada kegiatan di luar rumah dan bercak tersebut lama-lama akan menghilang dengan sendirinya. Keadaan ini tidak menular tapi bakat alergi atau sensitifitas kulitnya bisa diturunkan ke anak yang lain
Topik : Benjolan seperti bisul di paha anakPertanyaan dari Bunda Mpi Hanafi: Dok,belum lama ini anak sy usia 3 tahun di pahanya ada benjolan spt bisul tp gak ada "matanya" kalo kt dokter sih jd ga bs d operasi Di bilangnya karena amoeba,itu kenapa ya dok sebenarnya ?
Hai bunda, benjolan pada kulit tersebut harus dipastikan apakah merupakan infeksi bakteri pada kulit atau tumor jinak. Penanganan yang sesuai tergantung dari diagnosis kelainan tersebut
Topik : Pundak anak seperti melepuhPertanyaan dari Bunda Yuni : Selamat siang dr.Srie Prihianti,SpKK,PhD..anak saya usianya 3tahun..tp dr usia bayi 6bln sampai sekarang kulit punggung dan kulit pundaknya selalu bermasalah..kayak melepuh,penanganannya bagaimana?terimakasih..
Hai bunda, tampaknya kulit si Kecil sangat kering. Untuk mengatasinya: Gunakan sabun berpelembab untuk mandi, suhu air mandi suam-suam kuku dan oleskan baby lotion sebagai pelembab secara rutin segera sesudah mandi
Topik : Membedakan ruam kulit akibat biang keringat dan alergiPertanyaan dari Bunda Atmira Septinawati : Met siang dok..sy mau nnya bgmn mmbedakn ruam kulit krn alergi dgn ruam krn biang krngt?kebetulan ank alrgi thd tlr n ikn laut.trz bgmn menangani ruam kulit krn alergi?trma ksh.
Hai bunda, secara umum, ruam kulit akibat biang keringat biasanya didapatkan di area yang tertutup pakaian (leher, badan, area lipatan). Sedangkan ruam karena alergi biasanya timbul di area wajah dan tungkai bawah (pada bayi - 2 thn) dan diatas 2 tahun biasanya mengenai area lipatan (siku dan lutut)
Topik : Penyebab ruam di daerah dubur bayiPertanyaan dari Bunda Yetti Fitria : slmt siang dok, bby ku umur nya 2,5 bln dah seminggu ini di area dubur bby ku kaya ada ruam merah2 n aga tebel, udah ku kasih baby cream produk zwitsal tp g ilang2, aku ingt itu bkn kr pipis nya kr sblm2 nya biasa tiap 4jam aku gnti pempes bby ku. cma wkt itu tengh mlm2 dd bab kr aku tidur jd g tau mngkin kr aga lama bru aku gnti pempes nya stlh itu merh deh n g ilang, gmna ya dok tq...
Hai bunda, ruam popok memang dapat disebabkan karena iritasi akibat kontak dengan air seni atau kotoran. Bila merah sudah berlangsung lama dan tidak hilang, ada kemungkinan sudah terinfeksi dengan infeksi jamur. untuk hal ini perlu diberikan krim anti jamur. Tentunya tetap harus dijaga perawatan di diaper area tsb.
Topik : Mendeteksi penyaktit cacarPertanyaan dari Bunda Putri Salsabilla : siang dok...anakku berumur satu tahun sudah 2 bulan ini dia terkena cacar tp belum pernah saya bawa berobat kemarin sempat sembuh tapi muncul lagi..saya hanya menggunakan bedak Herocyn untuk menghilangkan gatal2'nya, apa karna disebabkan makanan atau memang tidak boleh terkena air kalau cacar dok?
Hai bunda, untuk kelainan kulit ini sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter kulit untuk memastikan apa penyakit yang dialami si kecil. Setelah itu baru bisa diberikan penanganan yang sesuai.
Topik : Penyebab bintik kecil di wajah bayiPertanyaan dari Bunda Raihana Tsabita : Selamat siang dok.anak saya usianya baru 5bln diwajahnya terdapat bintik bintik putih kecil-kecil. kira-kira itu apa dan penyebabnya apa yaaa dok?terimakasih sebelumnya.
Hai bunda, kulit si kecil tampaknya cenderung atopik/alergi. salah satu gejala pada kulit adalah bercak putih ini dan juga bisa bertambah karena pengaruh sinar matahari. Sebaiknya dioleskan pelembab secara rutin setelah mandi, dan hindari pajanan sinar matahari langsung. Bercak putih akan memudar dengan sendirinya.
Topik : Ruam merah di kening dan badan bayiPertanyaan dari Bunda Anis Mulyaningsih Irawan : met siang... Anak q 4,5bln bdnnya pd bntol merah n keningnya brontok jd boboe kganggu dok ksihan, pa mungkin kena alergi debu kmrn liburn naek motor sblmnya tdk prnh bgtu klupun kena ruam popok n blepotn susu d lher d olesin zwitsal zinc n bdknya ilng dok np skrg g??? Mhon jwbnnya dok, mksh...
Hai bunda, ada kemungkinan si Kecil mengalami biang keringat/eksim atopik. Untuk mengatasinya oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan krim anti peradangan untuk mengatasi ruamnya. Untuk biang keringat, yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Bercak putih seperti panu disebabkan jamur?Pertanyaan dari Bunda Susiani Wibowo : Dok, anak saya berumur baru 3 blnan,di kulitnya nampak bercak2 warna putih spt panu gt.hal tsb jamur/apa ya dok? trus cara penanganannya diberi apa ya? thx alot dok
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/cenderung atopik. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah
Topik : Bercak putih di daerah perut, siku dan kaki bayiPertanyaan dari Bunda Sekar Purna : siang dok ank sy 4,5 bln ddaerah perut, siku n kakix putih2 gt dksi ap y dok ,,,,setau sy kasus spt it kulit bayi sensitif bkn krn asi ato panu,,,mksh
Hai bunda, Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/cenderung atopik. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah
Topik : Menangani kulit kaki bayi yang kering dan bersisikPertanyaan dari Bunda Ayoe Cavallera : Siang dok, Putri saya berusia 12bulan belum genap,sejak usia 9bulan di kakinya ada kaya semacam sisik,dan kulitnya itu mengkerut kya kulit kering gitu. udah pake cream khusus ngilangin itu tapi sampai sekarang masih ada.apalagi sekarang cuacanya ga tetap,jadi makin kering kulitnya.tolong solusinya dok.. Terima kasih.
Hai bunda, untuk mengatasi kulit yang kering mungkin perlu diberikan pelembab jenis lain yang bisa digunakan juga untuk bayi dan anak. Selain itu diperhatikan suhu air mandi jangan terlalu dingin atau terlalu panas, sebaiknya suam2 kuku saja, dan gunakan sabun mandi dengan ekstra pelembab
Topik : Mengobati bekas luka di kening bayi usia 8 bulanPertanyaan dari Bunda Silvi Intriani : Dok,bayi saya umur 8 bln,dikeningnya ada bekas luka krn kena kukunya tapi jadi putih gitu dok,apa bisa hilang nantinya? Ada g krim yg aman untuk pengobatannya? Trus kulit tubuhnya kok suka item2 kyk ngelupas gitu,apa krn keringat ato krn minyak telon?
Bercak putih di kening akan lambat laun menghilang dengan sendirinya, asalkan diperhatikan perawatan kulit sehari-hari dengan menggunakan pelembab. Dan untuk di bagian tubuh tampaknya kulitnya kering sehingga segera sesudah mandi perlu diberikan baby lotion secara rutin.
Topik : Menghilangkan bercak putih di pipi dan ruam merah di leher bayi usia 6 bulanPertanyaan dari Bunda Indah Chercy : dok anak saya usia 6bln.ad brcak putih dibagian pipi bawah mata,n iritasi mrh dileher.gmn y biar hilang?trms
Bercak putih di wajah akan lambat laun menghilang dengan sendirinya, asalkan diperhatikan perawatan kulit sehari-hari dengan menggunakan pelembab dan tabir surya bila akan keluar rumah. Untuk ruam di leher, tampaknya si kecil mengalami biang keringat. Yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Mengatasi luka bentol akibat gigitan nyamukPertanyaan dari Bunda Izna AZa : siang dok, anaku usia 11 bulan kalo digigit nyamuk lama banget ilang bengkak bentolnya sm ujung2nya malah jd kya kuman air.gmn cara mengatasinya.
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/cenderung atopik. Cara mengatasinya, gunakan krim anti peradangan pada bercak merahnya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan lotion anti nyamuk khusus baby
Topik : Apakah bercak putih bekas ruam popok bisa hilang?Pertanyaan dari Bunda Dian Purbasari : Dok, bekas ruam popok (putih2 seperti panu) di selangkangan apa nanti bs hilang dg sndirinya yaa? bayi sy skrg umur 2bln.
Bercak putih bekas ruam popok bisa hilang dengan sendirinya
Topik : Bercak putih yang banyak seperti panu di pipi disebabkan ASI?Pertanyaan dari Bunda Finishia Dwi Aryanto : siang dok mau consul anak saya laki2 13bulan di pipi banyak bercak2 putih kaya panu obat apa yaaa dok?dan penyebabnya apa karena terkena ASI dok?mohon advice nya dok.
Finishia Dwi Aryanto. Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/cenderung atopik dan bukan karena ASI. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah.
Topik : Ruam merah dan gatal di badan sering muncul walau sudah pakai bedakPertanyaan dari Bunda Nur Hidayah S Dewi : siang dok.. anak saya usia 2,6 bulan selalu merah dan gatal2 di badannya??? tu kenapa ya...... padahal pupurnya g pernah ganti. si kecil pake pupur herocyn baby dan salycyl.
Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami biang keringat dan dapat diberikan bedak kocok. Selain itu yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Mengatasi kerak di kepala anakPertanyaan dari Bunda Siti Romlah : Bunda usia ank ku 36 hari di kepala na bgian atas ada bintik2 dan mengerak gt,,rencana na mau d gndul ngilangin bntik ma yg mengerak it gmn?
Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami kerak pada kulit kepala yang diakibatkan karena masih adanya pengaruh hormon ibu. Untuk mengatasinya, oleskan baby oil pada kulit kepala, diamkan semalaman dan esok harinya dikeramas dengan baby shampoo dan disisir agar keraknya lepas:)
Topik : Mengatasi biang keringat yang menyebar di tubuhPertanyaan dari Bunda Amel Bontot Gemini : Slmt siang dok,, Anak saya usia 10 bln srg terjadi bintik2 merah di bagian leher,,kepala,,n badan.kalo keringetan lgsg merembet ke bag yg lain.. Itu penyebabnya dr keringat apa alergi makanan ya? Sdg kan anak saya makannya msh makanan bayi (bubur sehat).. Anak saya msh ASI eksklusif.tlg di jawab ya dok.. Terima kasih.
AmeLyotz Prasetyo Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami biang keringat dan tidak berhubungan dengan alergi makanan. Yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Ruam merah di tangan dan wajah bayi akibat gigitan tungau debuPertanyaan dari Bunda Ahadiah Mulyadi : selamat siang dok.anak saya umur 7 bln.ditangan dan mukanya merah spt digigit nyamuk,saya bw kedokter anak ktnya alergi debu,tp rasanya dirmh setiap hari pembantu bersih2 n lap debu.apakah itu benar krn alergi debu atau yg lain,mhn jawabannya dok,trima kasih
Hai bunda, si Kecil ada kemungkinan si Kecil mengalami eksim atopik. Salah satu pemicu timbulnya eksim ini adalah adanya tungau debu rumah sehingga kamar si kecil harus secara rutin dibersihkan, tidak menggunakan karpet atau menyimpan boneka yang berbulu
Topik : Menangani anak yang gampang kena ruam popok dan bentol karena gigitan semutPertanyaan dari Bunda Yiee Edward : siang dok,mau tanya kenapa anak kalau sudah menggunakan popok suka merah merah dan kenapa kalu digigit semut langsung bengkak dan lama hilang bengkakny?trmakasih
Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami ruam popok dan kulitnya cenderung sensitif. Untuk mengatasinya 1. sering ganti disposable diapers (jangan dibiarkan sampai melebihi daya tampungnya 2. gunakan diaper rash cream untuk mengatasi ruam merahnya 3. Sebelum mengganti popok, pastikan area tersebut dibersihkan dengan baik, kemudian gunakan baby cream, biarkan sampai kering sebelum ganti popok baru
Topik : Ruam merah di pipi yang kembali kambuhPertanyaan dari Bunda Putri Naafilla Zeke : siang dok...mau tanya,,anak saya putri usia 10 bulan..pipi nya selalu ruam2 merah trus..saya sudah bawa ke dokter..ktanya alergi ASI.lalu saya dikasih antibiotik+obat oles.setiap dioleskan pake salep itu pipinya mulai mengering & mulus kembali..tp setelah beberapa hari dihentikan pemakaian obat oles itu,,timbul lagi ruam2 merah di pipinya..begitu trus sampai skrang..mohon penjelsan & apa obat nya yach dok..?? tksih.
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/mengalami eksim atopik. Hal ini tidak berhubungan dengan ASI atau alergi ASI. Untuk mengatasinya, gunakan krim anti peradangan dan oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin. Bila perlu gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah
Topik : Penyebab ruam merah di pipi pada anak usia 1 tahunPertanyaan dari Bunda Diyah Limah Salwa : siang dok, anak saya usia 13 bulan mau tanya di pipi/muka anak saya ada bintik-bintik merah apalagi kalau di garuk kelihatan banget kayak kasar berbintik. penyebab dan obat ny apa y dok?saya khawatir banget. makasih dok.
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/mengalami eksim atopik. Untuk mengatasinya, gunakan krim anti peradangan dan oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin. Bila perlu gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah
Topik : Penyebab bercak putih seperti panu di punggungPertanyaan dari Bunda Tifani Buncit : siang dok, anak saya berusia 6 bln dipunggung blkgnya ada seperti panu gitu dok gmn cara menghilangkanya? trus penyebabnya apa ya?
Bercak putih di punggung bisa disebabkan karena berbagai macam hal diantaranya kulit atopik/sensitif, bekas peradangan pada kulit, atau kelainan pigmentasi pada kulit. Untuk mengatasinya perlu ditentukan dulu penyebabnya dengan mengkonsultasikan ke dokter
Topik : Lotion untuk kulit kering dan mengatasi bekas gigitan nyamukPertanyaan dari Bunda Riska Manies : siang dok..anakku 4bln..da gak lotion bwt kulit kering..truz buat ngilangin bekas hitam akibat gigitan nyamuk obatny ap y dok...??
Hai bunda, untuk mengatasi kulit kering bisa menggunakan baby lotion dan untuk menangani bekas hitam pada kulit anak belum bisa diberikan pengobatan dengan bahan2 lightening, cukup menggunakan pelembab saja setiap hari dan bercak akan memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru
Topik : Solusi ruam merah dan gatal pada tubuh anakPertanyaan dari Bunda Henny Marh : siang Dok, anak saya sering mengalami gatal² pada badannya dan warnya merah,minta tolong untuk kasih solusinya ya . makasih
Hai bunda, tampaknya si Kecil mengalami biang keringat dan dapat diberikan bedak kocok. Untuk mengatasinya bersihkan keringat dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Penyebab ruam dan bintik merah di sekitar kemaluanPertanyaan dari Bunda Grace Felicia : Anak saya umur 8bln..d sekitar *maaf* lubang dubur nya suka merah n bintik2..Kalô sy beri seba,ilang..Tapi kok suka muncul lagi ya..apa penyebab nya n bagaimana mencegah,mengatasi n mengobatinya?trims
Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami ruam popok. Untuk mengatasinya 1. sering ganti disposable diapers (jangan dibiarkan sampai melebihi daya tampungnya 2. gunakan diaper rash cream untuk mengatasi ruam merahnya 3. Sebelum mengganti popok, pastikan area tersebut dibersihkan dengan baik, kemudian gunakan baby cream, biarkan sampai kering sebelum ganti popok baru
Topik : Apakah biang keringat bisa hilang seiring bertambahnya usia?Pertanyaan dari Bunda Astuty Iswanto Dzirex's : siang dok,..anakku 15m tu kalo rambutnya panjang dikit pasti langsung keluar biang keringatnya..itu ntar bisa ilang ngga ya dengan tambah usianya..
Hai bunda, biang keringat dapat dihindari dengan cara membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Mengatasi biang keringat yang tak kunjung sembuhPertanyaan dari Bunda AmeLyotz Prasetyo : Dok anak saya 17bln.biangkeringat hampir sluruh badan trutama di punggung ga sembuh2,uda pke bedak switzal yg utk biang keringat ttp aja ga sembuh.malah yg di area lutut kasarr jd ky semacam kudis.itu knpa ya dok?trs obat apa yg kira2 cocok ?mkasihh...
Hai bunda, kecenderungan berkeringat pada setiap anak berbeda, ada yang sedikit ada yang banyak. Yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Solusi menghindari bisul disebabkan alergi makananPertanyaan dari Bunda Arfiani Faisal Vivi : anak sy alergi mknan telur,udang,pkokx yg proteinx tinggi.dan alergix cuma di satu tempat yaitu di leherx benjol 1 sj.itupun sprti ada bjix.solusix dok.bunda aiis kpengen liat aiis bersih badanx tnpa bercak.mksih
Ada kemungkinan si Kecil mengalami alergi makanan. untuk sementara hindari dulu makanan tersebut dan bisa diberikan sumber protein yang lain. Bila sumber alergi dihindari biasanya ruam merah/benjol merah akan hilang
Topik : Benjol di daerah kepala Pertanyaan dari Bunda Mb'srie Handayani : siang dok,anak sy usia 1th10bl di kepala bag belakang ada benjolan kecil,bhy ga ya?trus kl dia pake minyak telon ato kaos dalam pasti lsg merah,gatal,knp ya?
Bunda si Kecil perlu diperiksa dulu lebih jauh apa yang menyebabkan benjolan tersebut. Bisa jadi itu merupakan tanda lahir yang biasa timbul pada bayi.
Topik : Obat mengatasi ruam popokPertanyaan dari Bunda Rani Cahyani : siang dok... anakku 10 bulan klo lg ruam popok merah n kasihan... apa ya obatnya dok... makasih..
Hai bunda, untuk mengatasinya 1. sering ganti disposable diapers (jangan dibiarkan sampai melebihi daya tampungnya 2. gunakan diaper rash cream untuk mengatasi ruam merahnya 3. Sebelum mengganti popok, pastikan area tersebut dibersihkan dengan baik, kemudian gunakan baby cream, biarkan sampai kering sebelum ganti popok baru
Topik : Ruam di daerah leher setelah makan seafoodPertanyaan dari Bunda Febi Yoviani Valantino SE : Selamat siang dr.Srie Prihianti,SpKK,PhD Anak saya kini berusia 18bulan, setiap saya memberi ikan, udang kulit di bagian belakang leher pasti seperti kebakar & gatal, saya bingung, apa harus memberhentikan maka ikan & udang.
Ada kemungkinan si Kecil mengalami alergi makanan. untuk sementara hindari dulu makanan tersebut dan bisa diberikan sumber protein yang lain
Topik : Merawat kulit bayi yang terkena ruam popokPertanyaan dari Bunda Evha Destiana : dok, mau nnya sih anak sya umur ny 1,5 tahun. Dy terkena ruam popok.. Cara mengatasi nya gmna ya dok agar cpt hilang dan kembali sprti semula?? Terima kasih & mohon di jawab.
Hai bunda, untuk mengatasinya 1. sering ganti disposable diapers (jangan dibiarkan sampai melebihi daya tampungnya 2. gunakan diaper rash cream untuk mengatasi ruam merahnya 3. Sebelum mengganti popok, pastikan area tersebut dibersihkan dengan baik, kemudian gunakan baby cream, biarkan sampai kering sebelum ganti popok baru
Topik : Menghilangkan bekas cacar api pada balitaPertanyaan dari Bunda Nia Ney Rizkiana : zwitsal...cara untuk menghilangkan bekas cacar api yg item2 di kuliat bayiku yg 11 bulan gmn y dok?mohon jwbnny..
Hai bunda, bekas hitam pada kulit anak belum bisa diberikan pengobatan dengan bahan2 lightening, cukup menggunakan pelembab saja setiap hari dan bercak akan memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru
Topik : Mengatasi ruam merah di bagian leher dan selangkanganPertanyaan dari Bunda IndiesHeguadissgeulis Eankmuanis Dzirex's : clinik, ,anagq umur 4bulan dleherx merah2,sebAikx dberi apa?serta d bagian seLangkangx
Hai bunda, tampaknya si kecil mengalami biang keringat pada leher dan ruam popok pada daerah selangkangannya. Untuk biang keirngatnya bisa diberikan bedak kocok dan diaper rash cream untuk area selangkangan
Topik : Jika anak banyak berkeringat, normalkah?Pertanyaan dari Bunda Abigail Kasenda : Bu dokter anak saya laki2 6m,keringatnya banyak sekali,normalkah dok?sehingga sering biang keringat,dan sering terjangkit herpes.
Hai bunda, kecenderungan berkeringat pada setiap anak berbeda, ada yang sedikit ada yang banyak. Yang penting adalah untuk membersihkan keringat tersebut dengan baik dan sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat dan hindari berada di tempat dengan suhu yang terlalu panas
Topik : Ruam popok tetap muncul walau bayi jarang ngompolPertanyaan dari Bunda Liez Arya Alexa : babyku 18 bulan setiap malam kupakaikan pospak..siang tidak...kulit pantatnya Jadi merah biang keringat kynya,pdhl cm ngompol sekali dua Kali cz popokny ngga tll penuh...tolong dong kasih cara biar ngga Muncul biang keringat pas dipakein pospak soalny kl gatal tidurny terganggu..makasih yaa
Hai bunda, walaupun penggunaannya hanya di malam hari, tetapi bila si Kecil banyak buang air/suhu udara panas, maka ruam masih dapat timbul. Untuk mengatasinya bisa gunakan baby cream with zinc dan ada baiknya mengganti diapers saat tengah malam
Topik : Bercak putih seperti panu di pipi pada bayi usia 1 tahunPertanyaan dari Bunda Rindra Mamane William : dok,ank sy pipi nya kok bercak putih2 semacam panu sdh 1 minggu ini.kata orng jawa katanya tutupen.itu d obati apa y dok??anakq umur 14 bln.sy ksh zwitsal baby protec boleh apa g y?or hand body zwitsal bolehkah?
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/cenderung atopik. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin dan gunakan tabir surya untuk anak bila ada aktivitas di luar rumah
Topik : Mengatasi luka menghitam bekas bisul karena alergi seafood.Pertanyaan dari Bunda Fitra Wilis : mau ty lagi yaa..si kakak usia 2tahun 2bulan, alergi seafood dan alergi ayam, jadi timbul bisul di daerah kepala dan dahi, skrg udah sembuh, tapi bekas nya agak menghitam.imana ya ngilanginnya? makasih
Hai bunda, bekas hitam pada kulit anak belum bisa diberikan pengobatan dengan bahan2 lightening, cukup menggunakan pelembab saja setiap hari dan bercak akan memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru
Topik : Apakah biang keringat bisa hilang seiring bertambahnya usia?Pertanyaan dari Bunda Astuty Iswanto Dzirex's : dok 2 hari yg lalu kepala bayi saya di gigit nyamuk dan sekarang bekas gigitany berubah jd kayak bisul merah berair,gmn cara menghilangkany n cara mengobatiny ak dh kasih zwitsal baby cream extra care apa boleh? 1 lg dok kulit anakq kering pake apa y byr ga kering ak skrg pakein bdak zwitsal yg milk n honey dh lumayan halus tp masi tetep kering
Hai bunda, tampaknya kulit si Kecil agak sensitif/cenderung alergi sehingga benjolan akibat gigitan nyamuk menjadi merah dan besar. Untuk hal ini bisa diberikan krim anti peradangan sampai merahnya hilang dan yang lebih penting adalah menggunakan pelembab setiap hari dan lotion anti nyamuk
Topik : Resiko pemakaian krim elocon yang terus menerusPertanyaan dari Bunda Peng Peng Lim : siang Dok, anak saya umur 5 bulan sering memakai elocon krim pada mukanya yg sering merah karena alergi,apakah baik menggunakan elocon terus menerus jika merahnya muncul?thanks
Hai bunda, penggunaan elocon cream sebaiknya tidak terus menerus. Ada krim anti peradangan yang aman digunakan jangka panjang untuk bayi dan anak. Untuk mendapatkannya bunda bisa konsultasi lebih jauh dengan dokter kulit
Topik : Menangani kulit anak yang sensitif dengan digigit nyamukPertanyaan dari Bunda Sonrisa Melani : selamat siang dokter, anak saya Shadan 5m kalo di gigit nyamuk langsung merah dan benjol besar.. padahal sepertinya bayi lain tidak begitu y dok paling cuma merah aja.. itu kenapa y dok, kemudian bagaimana cara mengobatinya, terima kasih..
Hai bunda, tampaknya kulit si Kecil agak sensitif/cenderung alergi sehingga benjolan akibat gigitan nyamuk menjadi merah dan besar. Untuk hal ini bisa diberikan krim anti peradangan sampai merahnya hilang dan yang lebih penting adalah menggunakan pelembab setiap hari dan lotion anti nyamuk
Topik : Mengatasi luka hitam bekas ruam popok pada bayi 1 tahunPertanyaan dari Bunda Mamae Billy : siang dok, anak saya wktu umur 6 bln pernah ruam popok ampe kulitny mengelupas, tp knp ya ko ampe skrg(14 bln) msh ada bekas hitam ky tanda lahir? Bagaimana cara menghilangkan bekasnya ya dok? Mksh
Hai bunda, bekas hitam pada kulit anak belum bisa diberikan pengobatan dengan bahan2 lightening, cukup menggunakan pelembab saja setiap hari dan bercak akan memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru
Topik : Penggunaan bedak dan pemakaian baby wipes berbahayakah?Pertanyaan dari Bunda Marini Firdauzy : siang dokter...benarkah pggunaan bedak stlah ganti popok tdk efektif dan malah menimbulkan ruam..? Lalu penggunaan babywipes non alcohol jg tdk baik..?trimakasih
Hai bunda, penggunaan bedak tidak akan menimbulkan ruam, namun memang kurang dianjurkan penggunaannya pada diapers area. Penggunaan baby wipes non alcohol tidak masalah asal tidak menimbullkan reaksi iritasi atau alergi pada kulit si Kecil
Topik : Menangani kulit bayi yang rentan terkena ruam popokPertanyaan dari Bunda Yuyun Yundhini : Siang dok, mau tanya anak sy uda 3th2bln. Anak sy klu pake pempes pasti merah iritasa pdhl klu pake cm mlm aja, trs mau ty mslh tdr anak sy suka mendengkur itu knp?
Hai bunda, si Kecil tampaknya mengalami ruam popok. Walaupun penggunaannya hanya di malam hari, tetapi bila si Kecil banyak buang air/suhu udara panas, maka ruam masih dapat timbul. Untuk mengatasinya bisa gunakan baby cream with zinc dan ada baiknya mengganti diapers saat tengah malam
Topik : Mengatasi noda hitam bekas luka akibat alergiPertanyaan dari Bunda Sucy Nazilatul Baroroh : siang dokter Srie.. buah hati saya dulu ketika memasuki usia 1 tahunan pnh kena semacam alergi kulit dokter. di bagian lengan serta kakinya keluar bintik" hitam yg smp skr masih blm bisa hilang dokter..... minta tlg solusinya y dokter,. terima kasih....
Hai bunda, bekas hitam pada kulit anak belum bisa diberikan pengobatan dengan bahan2 lightening, cukup menggunakan pelembab saja setiap hari dan bercak akan memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru
Topik : Ruam merah di daerah ketiak bayi 1 usia 1 tahunPertanyaan dari Bunda Anggi Hanifah : Dok anak saya 13 bulan di ketiaknya ada benjolan warnanya hitam kemerahan dan gatal..,kemarin sempat hilang benjolannya hanya ada noda hitam saja..,tapi sekarang muncul lagi benjolan hitam kemerahannya itu karena dy garuk karena gatal..,itu penyebanya apa ya dok?dan cara mengobatinya bagaimana?terima kasih
Hai bunda, ruam kemerahan pada ketiak bisa disebabkan oleh biang keringat atau infeksi jamur. Bila sudah sering berulang ada kemungkinan sudah terinfeksi dengan jamur dan perlu diberikan krim anti jamur
Topik : Ruam merah yang meradang di daerah betis, paha dan pantat anakPertanyaan dari Bunda • Dede Kanna : siang dok.. Baby saya 1 th..di betis,paha dan pantatnya kaya timbul bisul,tapi g meradang(merah2) seperti habis d gigit nyamuk.tapi ada putih2nya seperti ada air d dalamnya..dan jumlahnya juga tidak banyak..tapi ngumpul d area itu.mohon jawabannya dok.terimakasih
Hai bunda, ruam tersebut bisa jadi merupakan biang keringat. Sebaiknya dijaga area tersebut agar tetap kering dan bisa dioleskan baby cream with zinc
Topik : Apakah bisul disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi telur?Pertanyaan dari Bunda Lecy Christ : Telapuk mata kanan ank sy cow 19 bln merah+bintilan (timbilan),apa disebabkn terlalu bnyak makan telur ya dok?
Hai bunda, bintilan pada kelopak mata diakibatkan karena infeksi bakteri dan tidak berhubungan dengan makan telur
Topik : Mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 10 bulanPertanyaan dari Bunda Mar Tina : siang dok ,anakku umur 10 bulan kemaren dia sakit . tapi tiba2 timbul ruam2 merah pada kulitnya , prediksi dokter katanya anak saya sakit kerumut tapi ruam2 di kulitnya tidak biasa. kulitnya jadi memerah dan kering bahkan seperti bersisik ? padahal saya selalu jaga kebersihan kulitya? mohon bantuannya dok
Hai bunda, ruam merah pada kulit si Kecil bisa diakibatkan karena adanya infeksi virus atau reaksi alergi terhadap obat yang diminum. Untuk mengatasinya harus dipastikan dulu diagnosis kelainan kulitnya karena obatnya sangat berbeda. Ada baiknya dibawa untuk konsultasi ke dokter kulit.
Topik : Mengatasi benjolan seperti kutil di kaki anak 1 tahunPertanyaan dari Bunda Dina Butar Butar : siang dok,,,mau tanya nich,,,sikecil umur 1th 7 bulan,,,dikakinya itu ada semacam benjolan persis kayak kutil,,cuman klo dipegang itu sakit,apakah bahaya dok?trus dikasih apa ya supaya hilang?
Hai bunda, benjolan tersebut bisa disebabkan karena infeksi virus (kutil pada kulit) atau mata ikan. Kelainan ini tidak berbahaya. Untuk menghilangkannya perlu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan krim yang bisa menipiskan kutil tersebut
Topik : Mengobati bercak putih di wajah, perut dan paha bayiPertanyaan dari Bunda Wulan Ciptasari : siang dok, anakku hr ini 1th. Dkulitnya ada bercak putih, di muka, perut ma paha.. Itu knp ya dok? Ngobatinnya gmn? Ky panu gtu..
Bercak putih pada kulit di badan bagian muka, perut dan paha bisa disebabkan oleh bermacam hal, diantaranya kulit bayi yang cenderung alergi/atopik, bekas peradangan pada kulit, kelainan pigmentasi pada kulit atau infeksi jamur. Untuk menghilangkannya harus dipastikan dulu penyakitnya dan sebaiknya si Kecil dibawa untuk konsultasi ke dokter
Topik : Menghilangkan bekas luka goresan kukut dan gigitan nyamuk di wajahPertanyaan dari Bunda Ervina Setianti : mau tanya dok untuk menghilangkn bekas luka goresan kuku dan juga bekas gigitan nyamuk di bagian wajah gimana ya? Krn putri saya sering di gigit nyamuk trutama bagian muka, usianya 6 bln, mksh
Hai bunda, kulit si Kecil nampaknya agak sensitif/kecenderungan alergi. Untuk menghilangkan bekasnya masih belum bisa diberikan obat2an yang bersifat lightening. Oleh karena itu, cukup dioleskan pelembab saja 2x sehari dan bekas akan memudar perlahan-lahan. Ada baiknya untuk menggunakan lotion anti nyamuk khusus baby untuk menghindari gigitan nyamuk. Hati-hati jangan sampai masuk ke mata atau mulut
Topik : Normalkah jika kepala bayi banyak berkeringat?Pertanyaan dari Bunda Ashikin Panglima Hati : MAu tanya nii, anak ku usia 7bln, dya paling byak mengeluarkan keringat di sekitar kepala byak sekali,apa lg bila sedang tidur, sampe basah bantal nya. Itu knp yA? Ada mslh nya ga? Trimz ya
Hai bunda, hal ini merupakan reaksi normal pada bayi. kecenderungan berkeringat pada masing2 anak tentu berbeda. Mungkin perlu dijaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas
Topik : Bisul kemerahan di kaki disebabkan herpes?Pertanyaan dari Bunda Mutiara 'iyang' Sari : siang dok...aji dah seminggu ini di kakinya ada kaya bisul gitu, tapi lama2 membesar kemerahan dengan beberapa mata..menurut dokter ini penyakit herpes..bagaimana penangannya ya dok..tks
Hai bunda, bisul pada kulit disebabkan karena adanya infeksi bakteri dan bukan infeksi virus (herpes). Cara penanganannya perllu diberikan obat antibiotik (minum/oles) dan perlu menjaga kebersihan kulit
Topik : Bercak seperti panu di punggung bayi usia 6 bulanPertanyaan dari Bunda Tifani Buncit : siang dok anak saya bru 6 bln trus dibagian badan blkgnya ada seperti panu gitu dok, gmn cara menghilangkanya. mksh ya dok sblmnya
Bercak putih pada kulit di badan bagian belakang/punggung bisa disebabkan oleh bermacam hal, diantaranya bekas peradangan pada kulit, kelainan pigmentasi pada kulit atau infeksi jamur. Untuk menghilangkannya harus dipastikan dulu penyakitnya dan sebaiknya si Kecil dibawa untuk konsultasi ke dokter
Topik : Mengatasi ruam merah berair di tangan dan kaki anakPertanyaan dari Bunda Eva Sinurat : Dok... Anak saya berumur 13 blan baru ini sering bgt mengalami gatal di bagian tangan ama kaki...!!gatalnya kya gelembung2 kecil berisi air gtu...!! Itu knapa ya dok trus mengatasinya gmana dok? Makasih bgt dok...!!!
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil mengalami eksim atopik. Cara mengatasinya, oleskan pelembab segera sesudah mandi secara rutin. Bila timbul gelembung2 atau beruntus merah perlu diberikan krim yang berfungsi anti peradangan dan untuk hal ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit
Topik : Mengatasi bekas gigitan nyamuk yang tak kunjung hilangPertanyaan dari Bunda Novi Hendrast : siang dok..mau tanya Haikal 4bln, kalau di gigit nyamuk bekasnya akan hilang lama, minta advicenya..thx..
Hai bunda, kulit si Kecil nampaknya agak sensitif/kecenderungan alergi. Untuk menghilangkan bekasnya pada usia 4 bulan masih belum bisa diberikan obat2an yang bersifat lightening. Oleh karena itu, cukup dioleskan pelembab saja 2x sehari dan bekas akan memudar perlahan-lahan. Ada baiknya untuk menggunakan lotion anti nyamuk khusus baby untuk menghindari gigitan nyamuk
Topik : Ruam merah pada kulit setelah berkeringatPertanyaan dari Bunda Fifin Ahmad : Siang Dokter..saya mempunyai anak laki2 umur 4.5 thn. Sering mengalami merah-merah pada kulitnya palagi saat keringatan. Malah kl sudah digaruk kulitnya menjadi bergurat panjang warna putih (mirip selulit pd org dewasa).Waktu sy bawa ke dokter katabya cacingan dan alergi makanan dan sy diberi obat cacing agar diminum si kecil.. Selang beberapa minggu lubang anus si kecil malah sering gatal2..Saya malah jadi bingung. Betulkah diagnosa dokter kami itu? Gmn solusinya? Mhn penjelasannya.
Hai bunda, ada kemungkinan si kecil kulitnya sensitif/mengalami eksim atopik. Pada keadaan ini kebanyak bayi memang cenderung mengalami alergi makanan. Gejala eksim atopik dapat timbul ruam merah dan gatal di bagian2 tertentu pada tubuh dan kulit yang cenderung lebih kering
Topik : Bisul yang selalu kambuhPertanyaan dari Bunda Bunda Sabrina : Bisul di kepala hilang kadang beberapa lama kemudian muncul lagi.gimana cara agar tidak kambuh lagi ya Dok
Hai bunda, bisul pada kulit dan kepala diakibatkan karena adanya infeksi bakteri di kulit atau folikel rambut. Untuk mengatasinya perlu diberikan krim antibiotik dan tetap menjaga kebersihan kulit.
Topik : Penyebab, mengobati dan mencegah penyakit bisul pada bayiPertanyaan dari Bunda SiLisia Sarif : selamat siang... Apa penyebab bisul pada kepala bayi ya dok? Bagaimana mengobatinya dan pencegahannya? Terima kasih
Hai bunda, bisul pada kulit disebabkan karena adanya infeksi bakteri dan bukan infeksi virus (herpes). Cara penanganannya perllu diberikan obat antibiotik (minum/oles) dan perlu menjaga kebersihan kulit
Topik : Menghilangkan bekas hitam akibat gigitan nyamukPertanyaan dari Bunda Mitha Sii Beibhy : iang dokter,babyku 8 bln kalau di gigit nyamuk di kulitnya ada bekas hitam cara ngilanginnya gmn ya dok ?? trimakasih
Hai bunda, kulit si Kecil nampaknya agak sensitif/kecenderungan alergi. Untuk menghilangkan bekasnya pada usia 4 bulan masih belum bisa diberikan obat2an yang bersifat lightening. Oleh karena itu, cukup dioleskan pelembab saja 2x sehari dan bekas akan memudar perlahan-lahan. Ada baiknya untuk menggunakan lotion anti nyamuk khusus baby untuk menghindari gigitan nyamuk
Topik : Ruam merah pada kelamin bayi disebabkan ruam popokPertanyaan dari Bunda Tantii Irawan : mat siang, anaku umur 1 tahun tiap harinya pasti pakai popok, kadang kelaminnya jd kemerahan, tapi saya coba taburkan bedak Zwitsal Baby Corner karna waktu itu cream raum popoknya habis, itu tidak apa2 yach???? terima kasih atas jawabannya
Bila hal itu terjadi lebih baik menggunakan baby cream biasa daripada menggunakan bedak, terutama pada anak perempuan
Topik : Mengatasi bisul di belakang kepalaPertanyaan dari Bunda Yunita Puspasari Martowikromo : siang dokter,,anak saya 7m kenapa sering ada sejenis bisul ya dikepala bagian belakang,,terkadang sampai bengkak berwarna merah lalu pecah kempes sendiri,,itu karena alergi makanan atau keringat?thanks,,
Hai bunda, bisul pada kepala diakibatkan karena adanya infeksi bakteri di folikel rambut. Untuk mengatasinya perlu diberikan krim antibiotik dan tetap menjaga kebersihan kulit kepala. Hal ini tidak berhubungan dengan alergi
Topik : Serba-serbi perawatan untuk kulit bayiPertanyaan dari Bunda Olieve Indri Leksmana : 1.Apakah aman memakai Ezzera krim (moisturizer) + hidrokortison krim 2,5% untuk ruam dermatitis atopik jangka panjang? 2.Bagaimana cara menghilangkan hiperpigmentasi habis kena cacar air? Apakah cukup krim steroid atau perlu ditambah retinoic acid/retin-A 3. Amankah pemakaian jangka panjang losio Calamin untuk biang keringat 4.Apakah Balita yang hidup di kota yg terik dan banyak polusi perlu suplemen antioksidan spt orang dewasa?
Hai bunda, Penggunaan moisturizer (ezzera atau yang lain) aman untuk jangka panjang. Penggunaan krim kortikosteroid (hidrokortison dan lain2) hanya digunakan saat penyakit kulitnya kambuh, tidak boleh digunakan terus menerus. Retinoic acid cream belum boleh digunakan pada bayi dan anak. Pemberian suplemen pada anak dapat bermanfaat juga untuk kesehatan kulitnya. Penggunaan Losio Calamin aman untuk biang keringat
Topik : Zinc Oxide bisa mengatasi ruam popok yang parah akibat diare rotavirusPertanyaan dari Bunda Mervin Tri Hadianto : Apakah zinc oxide dalam krim ruam popok punya efek antiseptik pada anak dengan ruam popok yang cukup parah karena diare rotavirus? Cukupkah krim Zinc tersebut atau harus ditambah antibiotik sebelum muncul nanah?
Hai Ayah, zinc oxide bisa dibeirkan pada ruam popok yang ringat s/d sedang. Bila sudah berat mungkin memerlukan penanganan khusus. Ada baiknya berkonsultasi ke dokter kulit untuk hal ini

ShareThis