[facebook] MPASI bersama Dokter Endah Citraresmi, SpA

Topik : MPASI Untuk Usia 4 BulanPertanyaan dari Bunda Nurani Al-Mughnii : sore dok,bleh ga sch baby 4bln di kasih makan,apa pengaruhnya dok kalo 4blan udah di ksih mkan???mksh..sebelumnya.
Dear Bunda Nurani Al-Mughnii, WHO menganjurkan bayi untuk diberikan makan di usia 6 bulan dan memberikan ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan. Beberapa organisasi profesi membolehkan bayi makan di usia 4-6 bulan. Semua bayi di usia 6 bulan sudah siap makan, baik dari pencernaan maupun perkembangannya. Tapi bayi 4 bulan masih ada yg belum siap makan. Diskusikan dengan DSA jika hendak memulai MPASI pada bayi di usia 4 bulan.
Topik : Efek Terlalu Sering Memberi MPASI InstanPertanyaan dari Bunda Siti Salimi : Dok, memberi MPASI instant kepada bayi apakah boleh jika terus-menerus ya, mohon jawabanya..terima kasih
Usia 6-12bulan merupakan windows of opportunity utk mengenalkan beragam makanan dan tekstur pada bayi. Bayi yg dberikan makanan rumahan bs diperkenalkan makanan dgn berbagai tekstur dan rasa serta warna yang berbeda sehingga bayi bs belajar banyak dari proses makan. Makanan instan mmg mengandung kalori dan zat gizi yg sudah dihitung namun tdk mengjaari anak utk makan beragam jenis makanan.
Topik : Ikan Yang Baik untuk Tulang dan Gigi AnakPertanyaan dari Bunda Ernike Virgianti Dwinta : anakku usianya 1 thn 7 bulan, makanan yg diberi nasi lembut, oh ya jenis ikan apa yg baik utk pertumbuhanya? khususny utk tulang dan giginy
Hai bunda, ikan apa saja sangat baik utk anak silahkan berikan secara berganti2, namun sebaiknya pilih ikan yg tdk banyak mengandung duri.
Topik : Jika Bayi Muntah Setelah MakanPertanyaan dari Bunda Lonk Caem: bun..kl habis selesei mkn trz muntah lg..pa prlu dkcie mknan lg tow g usah...
Dear Bunda Lonk Caem, Bagaimanakan pertambahan berat badan bayi Bunda? Jika baik maka mungkin penyebab muntahnya adalah terlalu banyak makan atau kekenyangan. Prinsip pemberian makan pada bayi adalah responsive feeding, jika bayi sudah menunjukan menolak seperti menyembur nyembur, menepis atau ngemut, berarti bayi sudah kenyang dan perlu untuk dihentikan.
Topik : MPASI Pertama untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda RaRa Sinta : Baby q tgl 20 bln ini 6 bln.. MPASI ap yg hrs di kasi lbh dlu ?
Dear Bunda RaRa Sinta, MPASI boleh dimulai dengan serealia seperti bubur nasi saring, oatmeal saring, ubi manus atau kentang yg dihaluskan untuk asupan karbohidratnya. Secara bertahap boleh dicampur dengan sayur dan protein ke dalam makanannya. Buah yg dihaluskan juga sudah bisa diberikan sebagai selingan.
Topik : Kembang Kol Untuk MPASIAnakku dah 9 bualan nie Dok, dan aku pernah baca artikel kalo kembang kol itu bisa menyebabkan kembung. apakah sudah boleh anakku diberikan kembang kol untuk usianya? terima kasih
Dear Bunda Keiya Keiysa, tidak ada batasan sayur apa yg boleh diberikan dan tdk boleh diberikan pd saat memulai MPASI di usia 6 bulan. Selama pemberiannya bervariasi, tidak monoton hanya 1 jenis sayuran tertentu, boleh diberikan sayur apa saja dengan tekstur yg disesuaikan. Artinya kembangkol boleh diberikan mulai 6 bulan.
Topik : Bayi 10 Bulan Makan NasiPertanyaan dari Bunda Izna AZa : Anak saya usia 10 bulan tp uda ga mau makan bubur,apalagi bubur saring.dok minta solusinya... Maunya makan nasi apa ga apa2?
Dear Bunda Izna AZa, sebagian bayi memang kemampuan makannya (mengunyah), melebihi kemampuan anak lain sehingga tdk jarang bayi dibawah 1 tahun ada yg sudah makan nasi. Selama anaknya menikmati - silakan saja tidak perlu khawatir.
Topik : Jadwal Pemberian MPASI untuk Usia Bayi 6 BulanPertanyaan dari Bunda Dwi Lailul : dok anak sy umur 6bln.mau dkasi mpasi.brapa kali ya dok pemberian dlam sehari.
Dear Bunda Dwi Lailul, saay memulai MPASI boleh diberikan sekitar 2-3 kali makan yg secara bertahap jumlah dan frekuensinya dinaikan sesuai dengan nafsu makan bayi.
Topik : Pemberian Bubur Instan untuk MPASIPertanyaan dari Bunda : Sore dok...baik tidak klu kita memberi bubur instan kepada bayi?
Hai bunda , Usia 6-12bulan merupakan windows of opportunity utk mengenalkan beragam makanan dan tekstur pada bayi. Bayi yg dberikan makanan rumahan bs diperkenalkan makanan dgn berbagai tekstur dan rasa serta warna yang berbeda sehingga bayi bs belajar banyak dari proses makan. Makanan instan mmg mengandung kalori dan zat gizi yg sudah dihitung namun tdk mengajari anak utk makan beragam jenis makanan.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda : Dokter saat ini anak saya umur 5 blan asi exc tp saat ini klo nenen kaya yg d maeinin gt ap dya bosan am asi?ap yg qt makan berpengaruh k rasa asi n giziny si dede?trus klo mo mulai mpasi baikny d kasi menu apaan dulu,buah bubur atw bubur saring?yg instan or bkin an ndiri?terus bole d kasi pisang ga?kata bidan ak ga bole kasi pisang n bubur instan tu dok
Hai bunda, Rasa ASI memang dipengaruhi oleh makanan bunda. MPASI diusia 6 bln dapat diberikan serealia seperti bubur nasi saring, oatmeal saring yg dikombinasi dgn karbohidrat lain seperti kentang dan ubi manis yang dihaluskan. Juga dpt di campur dgn sayur & protein seperti daging sapi , ayam, tahu tempe dll. Pisang blh diberikan pd bayi tetapi amati bayi sembelit atau tidak saat diberikan pisang.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Feeda Ravita : Anak sy 2mggu lg 6 bln..baikny MPASI pertama yg sy kasih pa y dok?trus sehari brp kali?makasih dok..
Bunda Feeda Ravita, MPASI boleh dimulai dengan serealia seperti bubur nasi saring, oatmeal saring, ubi manis atau kentang yg dihaluskan untuk asupan karbohidratnya. Secara bertahap boleh dicampur dengan sayur dan protein ke dalam makanannya. Buah yg dihaluskan juga sudah bisa diberikan sebagai selingan. Pemberian makan bisa diberikan 2-3 kali per hari dan bertahap dinaikan jumlah serta frekuensinya.
Topik : Jadwal dan Menu MPASI untuk Bayi Usia 7 BulanPertanyaan dari Bunda : Kalo untuk umur 7 bulan ,,, bayi sudah di bolehkan makan 3 kali sehari belum??? makanan apa yang tepat untuk anak 7 bulan ?? Apakkan tim sudah tepat,,,kadang minum susu nya suka rada susah ya bunda
Sudah boleh diberikan 3x sehari, dan sudah boleh diberikan nasi tim yg disaring. Jika mkn bertambah banyak dan sering biasanya minum ASI mmg agak berkurang.
Topik : Bayi 3 Bulan Boleh MPASI?Pertanyaan dari Bunda Maneong Royan : Kalo umur 3bln belum boleh dikasih MPASI ya
Belum disarankan bunda, tunggu sampai 6 bulan
Topik : Jadwal Pemberian Bubur & Buah di Awal MPASIPertanyaan dari Bunda Wera Nurmala : Sore dok,berapa kali sebaiknya bayi di beri bubur susu+buah diawal pemberin MPASI?
Hai bunda, dapat diberikan 2-3x sehari mulai usia 6 bulan.
Topik : Ketika Bayi MPASI Susah BABPertanyaan dari Bunda Eki Mbok E Celyn : Asore dokter mau tanya, anak saya 5 1/2 bulan kemarin sempet coba makan pisang karena dia sudah tidak ASI, jadinya minum susu formula.. tapi belakangan kok fesesnya keras dokter sehingga pada saat BAB dia nangis dok... gimana solusinya?
Hai bunda, coba ganti buah pisangnya dgn serealia speerti bubur nasi saring, dan oatmeal saring. Berikan jg sayur hijau dan buah yg mengandung banyak serat sperti alpukat dan pear. Berikan minum putih setelah habis makan.
Topik : Jadwal & Menu MPASI untuk Bayi Usia 8 BulanPertanyaan dari Bunda Dhinie Tzusanti : anak saya usia 8 blan dok,tiap hari mkn 3x trus jg sy ksh juz buah,apakah tu dah tepa,nrmalny brat bdn untk usia 8 blan brapa z,truz cra terbaik msk ny di kukus di rebus to di tim-..tx
Hai bun, usia 8 bln blh diberikan makan 2-3 kali sehari dan ditawarkan 1-2x snack tergantung nafsu makan bayi. BB sangat dipengaruhi oleh tingginya. sebaiknya plot BB & TB di kurva pertumbuhan WHO. Sayuran jika memungkinkan sebaiknya dikukus supaya tdk bnyk zat gizi yg hilang.
Topik : Trik Menghadapi Bayi yang Susah Makan BuahPertanyaan dari Bunda Masri Handayani : baby ku udah 10 bln, tapi susah sekali untuk makan buah, bagaimana caranya biar mau makan buah, udah coba di jus jg ga mau, apa lg klo buahnya rsanya agak asem seperti mangga.
Hai bun, coba berikan buah yg lbh netral seperti alpukat, pisang. Kemudian coba juga buah yg manis seperti pepaya dan melon. Jika dijus tdk mau, coba berikan buah potong yg lembek yang bisa digigit2 sebagai finger food. Berikan sedikit2 dahulu dan jika anak sdh terbiasa biasanya akan lbh banyak habis.
Topik : Memberikan Gorengan untuk Bayi Usia 8 BulanPertanyaan dari Bunda Aya' Cahaya Caya' : Sore, baby farah udach 8bln dok. Klo ortu.y lg mkn sesuatu sperti gorengan dll,dia suka minta,n menangis klo g dberi...apa g papa ya dok klo dberi walau hy sdkit?n pd umur brp baby boleh mkn nasi?
Makanan yg digoreng sdh bs diberikan kepada bayi usia 8-9 bln. Nasi umumnya dapat diberikan pd usia 12 bln meskipun ada beberapa bayi yang bs makan nasi lebih cepat.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Usia 10 BulanPertanyaan dari Bunda Kieky Zakiah : soreee dok... Khayla kan skrang usianya 10 bulan, makan sdah 3x shari namun BB msih blm naik" asupan makanan tmbahan yg sprti ap ya dok, untuk anak usia 10bln ??? Trimakasihhhh
Hai bun, pastikan TB & BB diplot dikurva pertumbuhan WHO. Makanan yg dianjurkan adlh yang bergizi lengkap dan seimbang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Artinya, makanannya hrs bervariasi dan berganti2 agar zat gizinya lengkap. Makanan yg bs meningkatkan BB adlh makanan yg lbh banyak lemak, karena lemak mengandung kalori lbh banyak dlm setiap gramnya.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Usia 6,5 BulanPertanyaan dari Bunda Ve Yorin : Sore dok.... anak q Vanessa umurnya 6.5 bln. Aku kasi milna dia selalu nangis tiap d kasi mkn. Skrng aq masak sendiri jd nya. Yg mau aq tanya, apa aja yg cocok di campurkan di makanan anak q dok? Trus baiknya brp x dlm sehari ngasi mkn nya? Thnx before ya dok....
Hai bun, selain karbohidrat seperti bubur nasi saring , oatmeal saring, kentang / ubi manis dihaluskan. berikan juga daging sapi/ayam maupun tahu tempe sebagai sumber protein dan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin. Umur 6,5 bln dpt diberikan 2-3x sehari.
Topik : Jadwal & Menu MPASI Pertama untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Nelly Kartika : Babyq tgl 24 bzk dah usia 6 bln.sebaikx dmulai MP ASIx pas tgl 24 atw lbh dok? yg baik nth mulaix pkek sayur atw buah dlu? konsistensi&frekuensi pmbrianx gmn dok? apa btl wortel nth blm blh di usia 6 bln?
Hai bun, MPASI dpt diberikan pd usia 6 bln dan diperbolehkan utk sedikit maju atau mundur. Berikan serealia sbg makanan awal , bertahap dari yg sedikit encer yang kemudian makin mengental, dpt diberikan sekitar 2-3x per hari. Mulai dgn 2-3 sendok makan sekali pemberian yg bertahap dinaikan porsinya. Wortel boleh pd usia 6 bln.
Topik : Jika si Kecil Sering Memuntahkan MakananPertanyaan dari Bunda Chynk Niie Luchu : Ank ak bln nic mw 1thn tp low mkn ma nasi ska muntah knp ya dok?
Hai bun, Coba dilihat apakah bayi bosan atau tidak suka dengan nasi sehingga dimuntahkan? Bagaimana dgn makanan lain seperti roti, buah, dan cemilan biskuit, apakah dimuntahkan juga?Jika bayi muntah hanya saat makan nasi, coba ganti dulu karbohidratnya dgn jenis lain seperti oatmeal, kentang, roti, ubi manis atau pasta.
Topik : Usia yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Shanty Ahsya : Dok aku mau tanya, boleh gak anak usia 3 bulan udah dikasih MP asi, soalnya anak tetanggaku banyak yg udah dikasih MP dari umur 3 bulan?
Hai bunda, disarankan diberikan MPASi diusia 6 bln karena pencernaanya sudah siap.
Topik : Usia yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Lasmi Wijaya : Baby usia 4 bln lbh 2 minggu,klu mulai diksh MPASI boleh gak dok? U pengenalan diksh mkn apa yaa Dok?
Anjuran WHO bayi mulai diberikan MPASI diusia 6 bulan. COba disuksikan dokter jika akan dumulai sebelum usia 6 bln.
Topik : Usia yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Fathur Rozy : dok boleh tidak anak yg berusia 2 bulan dkasih MPASI.....?
Hai bunda, sebaiknya ditunggu sampai usia 6 bulan.
Topik : Usia yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Kays Edo : Sore, baby farah udach 8bln dok. Klo ortu.y lg mkn sesuatu sperti gorengan dll,dia suka minta,n menangis klo g dberi...apa g papa ya dok klo dberi walau hy sdkit?n pd umur brp baby boleh mkn nasi?
Hai bunda, MPASI dianjurkan oleh WHO dan sebagian besar Lembaga Profesi DOkter dimulai usia 6 bulan
Topik : Penyebab Karies pada Gigi AnakPertanyaan dari Bunda Eki Mbok E Celyn : sama mau tanya apakah susu formula dapet membuat gigi anak gigis dok? mohon penjelasannya ... soalnya beberapa temen bilang ada beberapa merk susu formula yang dapat membuat gigi anak gigis terimakasih
Karies pd gigi biasanya disebabkan karena gigi tdk dibersihkan setelah pemberian susu. ASI pun dapat membuat karies pd anak.
Topik : Tips Agar Anak Mau MakanPertanyaan dari Bunda Sabrina : Dok,anakku umur 8 bulan.biar lahap makannya gimana caranya ya?kalo mpasinya dikasih susu malah makannya dikit soalnya
Hai bun, resep supaya anak lahap hanya 2: Buat anak lapar atau berikan makanan yg dia suka. Jika bayi tdk suka MPASI yg dicampur susu, tdk perlu diberikan susu di dalam MPASI nya.
Topik : Pemberian Jus Kemasan untuk Bayi MPASIPertanyaan dari Bunda Neneng Nursa'adah : dr anak sy 9bln kalo minum jus buah g mau,tp kalo buavita dia suka,boleh ga itu dr?mksh
Hai bun, minuman kemasan sangat tinggi kadar gulanya dan tdk mengandung serat. Sangat tdk dianjurkan pd bayi.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Usia 9 BulanPertanyaan dari Bunda Itha Pramaditya : sore dok...anaku usianya 9 bulan..makanan yg baik buat kesehatannya apa ya dok...trus kalau makan bubur serelac bagus ya dok...
Makanan yg baik adalah makanan yg mengandung gizi seimbang. Cara utk membuat anak belajar makan dan menyukai semua jenis makanan adlah dengan secara konsisten memperkenalkannya pd bayi. Makanan instan bs sangat membosankan dan tdk bervariasi sehingga anak tdk belajar makan.
Topik : Menu MPASI untuk Bayi Usia 10 BulanPertanyaan dari Bunda Kireina Mayoshi Ayuajja : Alhmdlah,babyq umur 10bln,MPasi,yg pertama sy berikan adlah bu2r sumsum tp cm ptihny aj,dy g mw bu2r instan,akhrny untuk mengganti biar g bosen sy bkinkan bu2r nasi+syuran yg d rebus tyus d haluskan,alhmdlh umur 8bln sdh tumbuh 2 gi2,n sdh mulai ngajak jlan,skrg gi2nya uda 4 n udh bs naik trun panjatan,
Hai bun, sangat bagus jika bayi bisa makan masakan bundanya. Jgn lupa tambahkan protein seperti daging sapi, ayam, tahu/tempe, telur, ikan2an serta keju kedalam makananny agar lebih lengkap kandungan proteinnya. Jgn lupa mengawasi gejala alergi yang mungkin muncul.
Topik : Pemberian Pure Wortel dan Pisang pada Bayi MPASIPertanyaan dari Bunda Arista Adistha : Dok anak saya tgl 25 nanti gnap 6 blan..tpi sudah 2 mnggu in saya mlai mpasi .. Soal nya mimi susu nya lmyan krang dok..saya mulai dng pure wrtel,,pure pisang,,bru skali shari dok .. Tiap mkan siang aj..tpi pup nya kdang dkit,,kdang bnyk .. Wjar ga siy dok??pdhal mkan nya bnyk..mhon info
Hai bunda, sayur dan pisang kurang kalorinyadan tdk mengandung protein. COba berikan bubur nasi saring sebagai campuran wortel. Jangan lupa sayur dan buah lain yg banyak serat juga boleh dicoba. Usia 6 bln nanti tambahkan protein ya ke dalam makannnya. BAB pd pemberian MPASI memang bervariasi, ada yg banyak ada yg jarang. Selama tdk sembelit tdk perlu dikhawatirkan.
Topik : Menu MPASI yang TepatPertanyaan dari Bunda Aity Angel : MPASI yang baik itu. apa sih?knpa pup aNak saya klau. Meengkomsusi MPASI. Baunya sama kya pup. Orng dewasa,tapi klau saya kasih piisang pup nya gak. Terlalu bau,udh gitu bagus,kelang.
MPASI yg baik adlah yang mengandung zat gizi yg seimbang. Jadi harus bervariasi dan mencakup semua jenis zat gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin & mineral. Bau pd saat BAB dipengaruhi oleh makanan dan bakteri baik yg ada disaluran cerna. Selama bukan diare ataupun sembelit tidak perlu dikhawatirkan.
Topik : Usia Tepat Pemberian Keju pada BayiPertanyaan dari Bunda Santika Fauzan Ramdhani : Sore dok... Klo di kasih keju umumnya anak berumur brpa bln
Hai bunda,keju boleh diberikan umur 6 bulan.
Topik : Memberikan Makanan Instan untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Meisa Rachmadhani : Sore dok,,ank aq umrny bru 4bln lbh,,skg udh mule mkn tp aq ksh mknan instan yg sdh ad dan aq ksh jeruk ato pepaya..jika spt tu bgmn dok??
Hai bunda, bagaimana jika makanannya diselingi oleh makanan yang dibuat sendiri karena akan membuat bayi belajar tekstur, rasa dan variasi makanan.
Topik : Trik Agar si Kecil Doyan MakanPertanyaan dari Bunda Mira Aisyah : dok anak saya 1 thn kok susah makan ya, mau masuk kemulut terus dilepeh lagi
Hai bunda,Jika anak melepeh makanan artinya anak kenyang atau tidak suka dgn makananya. Sebaiknya makanan divariasikan. Coba dilihat apakah ada makanan yg disukainya? Jika anak makan roti apakah lbh banyak dibandingkan dia makan nasi? Banyak anak usia 1 tahun bosan dgn nasi, jadi boleh diganti dgn karbohidrat lain seperti roti, kentang, pasta, oatmeal.Resep supaya anak mau makan ada 2, yaitu buat anak lapar dan juga memberikan makanan favoritnya. Utk membuat anak mau makan, buat jadwal makan dan 2 jam sebelum waktu makan kosongkan perutnya , jangan berikan cemilan yang bisa membuat anak kenyang. Batasi pemberian ASI maupun susu. Susu maksimal 500ml per hari. Lama makan maksimal 30 menit, habis atau tidak habis selesai.
Topik : Trik Agar Anak Usia 1 Tahun Doyan MakanPertanyaan dari Bunda Silvya Sihotang : dok,anakku 1thn 1bln,malas makan dan minum susu...blum bisa jalan dan masih ditatih,gmana solusinya dok?
Hai bunda,Jika anak melepeh makanan artinya anak kenyang atau tidak suka dgn makananya. Sebaiknya makanan divariasikan. Coba dilihat apakah ada makanan yg disukainya? Jika anak makan roti apakah lbh banyak dibandingkan dia makan nasi? Banyak anak usia 1 tahun bosan dgn nasi, jadi boleh diganti dgn karbohidrat lain seperti roti, kentang, pasta, oatmeal.Resep supaya anak mau makan ada 2, yaitu buat anak lapar dan juga memberikan makanan favoritnya. Utk membuat anak mau makan, buat jadwal makan dan 2 jam sebelum waktu makan kosongkan perutnya , jangan berikan cemilan yang bisa membuat anak kenyang. Batasi pemberian ASI maupun susu. Susu maksimal 500ml per hari. Lama makan maksimal 30 menit, habis atau tidak habis selesai.
Topik : Usia Tepat untuk Memperkenalkan Minuman TehPertanyaan dari Bunda Anita Purnamasari : sore dok...saya mau tanya, bayi saya sekarang usianya 1 tahun, kapan ya saya boleh memperkenalkan dia dengan teh. Trim's....
Hai bunda, jika tidak penting sekali tidak perlu mengenalkan teh pada anak karena dapat menghambat penyerapan zat besi. Tp tentu saja org dewasa disekitar juga harus membatasi minum teh didepan anak.
Topik : Usia Tepat untuk Memperkenalkan Makanan Dewasa (Table Food)Pertanyaan dari Bunda Sisy Soekardy : putriku 11 bln dan alhamdulillah tidak ada masalah tentang MPASI (suka buah dan sayuran) dan yang saya tanyakan apakah diumurnya sekarang sudah bisa mencoba berbagai macam jenis masakan dewasa (kecuali yang pedas) dan juga jenis kue" karena puriku suka sekali mencoba makanan baru yang dia lihat pasti ingin dy coba, mohon sarannya dok makanan apa yang boleh dan tidak untuk anak saya. Terimakasih dan salam.
Hai bunda, masakan rumah/dewasa (table food) biasanya dimulai diusia 12 bulan meskipun jika bayi bunda tampaknya mulai ingin mencicipi boleh saja diberikan.
Topik : Menghadapi Anak yang Susah MakanPertanyaan dari Bunda Asnia Pane : anakku 30 bulan belakangan nafsu mknnya berkurang,minum susu juga susah pdhl td nya doyan bngt.solusinya apa ya?
Hai bunda, diatas 12 bulan susu bukan merupakan makanan yg penting sehingga tidak ada kewajiban anak utk minum susu. Berikan saja bahan makanan lain yang tinggi kalsium dan protein sbg pengganti susu seperti keju dan yogurt. Jika pertumbuhan anak baik, berkurangnya napsu makan bisa disiasati dgn memberikan makanan yg dia suka dan mengatur jadwal makan supaya anak merasa lapar pd saat makan. Jgn berikan cemilan diantara waktu makan supaya anak tdk merasa kenyang. jika pertumbuhanny atdk baik segera diskusi ke dokter.
Topik : Menu Sehat untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Marlina Korpri Setiawan : sore.. baby sy skrg sdh 6bln n baru mulai makan.. tp langsung sy kasih nasi+sayuran+daging/ceker ayam semuany saya blender jd satu.. bole ga gtu? karna kt tmn sy yg sdh pengalamn g bole ksh nasi lsg wlpn d blender harusny dikasih bubur tepung.. gmn itu bun? makasi
Hai bun, apa yg bunda lakukan sudah betul tidak ada keharusan bayi utk makan tepung. Malah bubur nasi saring lebih banyak mengandung serat sehingga tidak menyebabkan sembelit. Jgn lupa diberikan daging sapi karena bayi butuh asupan zat besi.
Topik : Usia Tepat Memperkenalkan Protein untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Na Nindy : Sore dokter?? anak ku udah mulai konsumsi MPA usia na sekarang 7 bulan setengah, selama ini konsumsi na hanya sayuran, buah dan bubur susu atau bubur saring, untuk protein na sendiri boleh gak dok?? contohnya apa aja? tp kulit na sekarang berbintik bintik,,, kata dokter itu karna kulit na terlalu sensitif.... saya bingung mungkin kah itu dari MPA karna sampai sekarang perubahan na hanya sedikit, apakah sayuran dan buah juga bisa menumbulkan alergi gokter??
Hai bunda, protein harus sudah dimulai di usia 6 bulan.Boleh berikan daging sapi, ayam, tahu/tempe, telur, ikan. Saat ini tidak perlu menunda jenis makanan tertentu, di atas usia 6 bulan boleh berikan beragam jenis makanan yang bervariasi. Kulit bintik2 belum tentu disebabkan alergi makanan, banyak penyebab kulit bintik2 misalnya sensitif terhadap keringat, kosmetik, sabun. Sayuran dan buah lebih jarang menyebabkan alergi. Saat mengenalkan protein, pastikan tunggu 3-4 hari sebelum mengkombinasikan dengan jenis protein baru lain supaya bisa diamati reaksi alergi yang mungkin timbul
Topik : Pemberian Vitamin untuk Bayi Usia 7 BulanPertanyaan dari Bunda Vovi Puspitasari : Dok, anakku susah makannya usiany 7 bln, ga suka buah2 juga.. kl dksh makan selalu disembur dan ditutup mulutny bolehh tdk dksh tambahn vitamin ?
Hai bunda, vitamin tdk akan membuat anka suka makan. Coba variasikan makananya, buat suasana yg menyenagkan utk anak dan jangan memaksa anak utk makan.
Topik : Jenis Buah dan Sayur yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Gexciq Kartika Rama : untuk bayi umur 9 bln sayuran dan buah apa saja yg boleh dimakan? jika bayi sering sembelit apa sebaikna diberikan?
Hai bun, sayur & buah tidak ada pembatasan, jenis apapun boleh mulai diberikan pd usia 6 bulan. Jika bayi sembelit berikan buah dan sayur yang lbh banyak seratnya seperti alpukat, melon, pear, dan sayuran hijau.
Topik : Menu Buah untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Mira A. Udjo : Anak saya (9,5m) cenderung lebih suka makan buah saja. Malah terkadang hanya mau masuk buah. Sebenernya maksimal pemberian buah untuk anak usia 9-10 bulan berapa porsi yah? Terima kasih
Pada prinsipnya tdk boleh buah menjadi makanan utama atau dominan karena kandungan karbohidrta dan proteinnya lebih sedikit sehingga tdk mencukupi kebutuhan gizi bayi. Usia 9-12bulan snack ( buah ) boleh ditawarkan 1-2x sehari jika makanan utamanya sudah selesai.
Topik : Menu Buah dan Sayur yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Pujianti Ravi : sore dok... mw tanya nih.. anakku yg bayi kan udh 6bln 2 minggu... klu di kasih buah suka pilih ya... ?? jadi ga semua buah yg qta kasih dia mw.. trus utk timnya udah boleh di campur jagung manis apa blm?? yg udah boleh utk di berikan sayuran n buah apa aja ya Dok?? terima kasih
Hai bun, Jika bayi tdk menyukai 1 jenis makanan belum tentu tidak suka selamanya. COba ulangi lagi pemberiannya setelah beberapa waktu misalnya setelah 1-2 minggu. Kadang setelah berulang ulang dicoba bayi baru bisa menerima makanan tersebut. Sayur dan buah tdk dibatasi boleh diberikan apa saja steelah usia 6 bulan. Jgn lupa berikan protein yaa
Topik : Tips Mengatasi Anak yang Pilah Pilih MakananPertanyaan dari Bunda Murnee Gafur : dok,anakku mnggu dpn dh 1thn,kmrn asix,7bln br mau makan,itupn dpaksa.smpe skrg cm mau mkn sun 6bln,slain itu gak mau.dah dcobain mcm2,bubur,biskuit,pure buah,serealia,jus buah,ttp gak mau.gmn solusix?? Takutx sun 6bln sdh tdk mncukupi kbthn gizix.....
Hai bunda, prinsip pemberian makan adalah responsive feeding. Kita amati respons bayi saat makan, jika lahap, teruskan, jika menolak (menyembur, menepis, diemut) artinya perlu dihentikan. Proses makan harusnya menyenangkan bayi. ajak bayi menyanyi, mengobrol saat makan. hindari benda yang bisa mengganggu konsentrasi makan anak seperti TV. Coba ibu ajak makan makanan yang sama dengan yang bunda makan, buat seolah-olah makanan itu enak sekali. bayi kan senang meniru bundanya.
Topik : Porsi Menu yang Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Ika Rachma : Mpasi satu porsi sebaiknya satu jenis apa campur y dok? Lo misal buat bubur sendiri sayur direbus lalu dblender lo di siapin untk 3 porsi dr pg sampe sore gmana dok?bahaya ap tdk? Mksh
Diawal pemberian boleh diberikan 1 jenis dulu per pemberian. Bertahap boleh dicampur dgn makanan yg lain. Penyiapan makan harus bersih dan dijaga dari kontaminasi kuman. Jika akan disimpan utk beberapa porsi, gunakan kontainer bersih dan tertutup, masukkan ke lemari es dan hangatkan sebelum diberikan.
Topik : Jika si Kecil Belum Bisa Makan Makanan KasarPertanyaan dari Bunda Mona Rosalia : Anakku Tgl 21 bsk 9 bln.smp skrg mknnya g bs kasar n padat selalu muntah...maunya halus n agak encer.gmn caranya yah dok?sy ksh snack jg sll muntah..pokoknya kasar gt lgsg muntah deh...g doyan buah jg...muntah...buah apa aja.beratnya naik dikit banget
Hai bun, nampaknya rangsang muntah di rongga mulut sangat sensitif. Anak yg seperti itu perlu sabar dan perlahan lahan dikenalkan makanan yg kasar. Coba secara bertahap berikan makanan yg konsistensi nya lbh kasar dibanding biasanya diselingi makanan yg konsistesinya halus. Jgn lupa plot Bb & TB di kurva pertumbuhan WHO. Jika pertumbuhan tdk baik segera konslutasikan ke Dokter.
Topik : Jadwal dan Menu MPASI untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Irma Iryani : Sore dok..anakku usia 6 bulan, kalo pagi jam 9 aku kasih biskuit bayi, siang bubur instan beras merah bayi, sorre dikasih pure buah..udah betul belum dok?,terus kalo dikasih makan sesuai porsi yang ada di petunjuk pemberian bubur bayi selalu muntah apa kebanyakan yah dok?
Hai bun, Biskuit bayi sebenarnya ditujukan sebagai snack yg bs dipegang dan dimakan sendiri oleh bayi tidak perlu dicairkan. Jadi dibuat sbg finger food yg biasanya diberikan mulai 8-9 bulan. Selain bubur instan coba buat sendiri makanan bayi dgn bubur nasi saring , oatmeal saring, kentang/ubi manis dihaluskan, dan bertahap dicampurkan sayur dan daging. Buah boleh diberikan sebagai selingan. Jika bayi muntah mungkin saja bayi kekenyangan.
Topik : Trik Menarik Nafsu Makan Anak & Camilan Sehat untuk AnakPertanyaan dari Bunda Lince Candra : Dok,aku mau nanya dong anakku kan usianya 1 th 8 bln ,dan MPASI aku selalu buat sendiri dirumah tp namanya anak2 ya dok kdg ga mau makan untuk menarik anak agar suka makanan yg kita buat gimana ya dok? Terus cemilan sehat buat usia anak segitu apa ya dok?
Umur 20 bulan sudah bisa dilatih makan sendiri sehingga anak akan makan porsi yg dia butuhkan. Tidak perlu khawatir, jika bunda mengatur jadwal makanan dan tidak memberikan cemilan diluar jam makan yang bisa membuat anak kenyang, anak biasanya akan makan sesuai porsi yg dibutuhkan. Cemilan diberikan pd jam cemilan, bisa berupa buah, puding buah, dan berbagai makanan lain yg sebaiknya tdk terlalu manis.
Topik : Trik Mengurangi Ketergantungan Anak pada Susu FormulaPertanyaan dari Bunda Ribka Stephanie : Met sre Dr sy ibu muda pny 1 anak klu kt mmbhas soal ank g ad habis y bgni Dr mknan yg baik buat ank usiany masih bulanan ap y dr?ankku usia 19 bln?jm mkn yg baik tu pd jm brpa kjm brp???oya dr mengenai susu formula anakku sk skli menyusu klu mlm bs 4x atw 5x sy buatkan susu dlm btol 240 ml tiap x minum susu mmg hasilny ank gemuk tp dia g trllu sk u mkn mesti dpaksa2 apkh baik sprt tu dr trus bgmn cr mengatasiny???
Bunda Ribka Stephanie, di atas usia 12 bulan, kebutuhan susu hanya maksimal 500ml per hari. Jika bayi terlalu banyak minum susu akibatnya akan kenyang shg tidak mau makan. Untuk mengurangi minum susu, bayi hrs mulai belajar minum tdk dengan dot. Boleh dilatih menggunakan sedotan atau gelas. Jika terbangun di mlm hari, boleh ditawarkan utk minum air putih dr gelas. Tdk perlu menyusu dari botol. Makanan yg baik utk anak di usia di atas 12 bulan sama seperti org dewasa tidak perlu makanan khusus, sudah bisa mengkonsumsi masakan yg disediakan di rumah. Atur jadwal makan, 2 jam sebelum waktu makan kosongkan perutnya supaya anak merasa lapar.
Topik : Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Neneng Nursa'adah : aku mw tanya.....MPASI yg cocok untuk anak usia 6 bulan apa y???makasih
Hai bun, pada saat memberikan MPASI diusia 6 bln, dapat diberikan serealia seperti: bubur nasi saring, oatmeal saring, kentang / ubi manis yg di puree dan spt juga kombinasi dgn buah2 yang dihaluskan. Sayuran jg bs mulai masuk berikut protein ssperti daging sapi, ayam, tahu tempe, telur & ikan. Maknanan tsb bertahap diperkenalkan dan awasi tanda2 alergi terutama pd protein.
Topik : Menyiasati Pola Makan Anak Usia 2 TahunPertanyaan dari Bunda Lesa Utari : Sore dok.anaku berumur 2 thn kdng nafsu mkn nya berubah2 seminggu lahap mkn seminggu lg krng nafsu mkn...tlong jlskan knp seperti itu.dan minta saran nya mknan apa aj yg bgus d konsumsi agar prtmbhn nya optimal.trmksh.
Hai Bunda Lesa Utari, pada anak nafsu makan memang serinkali berubah karena sifat anak yg pembosan, pemilih dan penolak. Kadang makannya banyak dan di kesempatan berikutnya sangat sedikit. Sebaiknya biasakan anak untuk makan sendiri agar anak yg mengatur jumlah makanan yg dia butuhkan. Jgn lupa pantau pertumbuhan berat & tingginya. Makanan yg baik adalah makanan yg mengandung gizi seimbang, meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin serta mineral. Tidak perlu menu khusus, boleh diberikan menu keluarga dengan beberapa variasi.
Topik : Mengenalkan Nasi kepada Balita Usia 11 BulanPertanyaan dari Bunda Wulan Ciptasari : Bun, anak saya khansa 11 bulan.. Dulu dia asi eksklusif mpe 6 bln. Mpasi pertama buah2an kmudian lanjut sayur dan bubur beras. Dr 6 bulan mpe 9 bulan mkannya lahap skali, tp 10 bulan saya gnti buburnya dgn bubur bertekstur agak kasar, dia mau mkn 3x shari, tp jmlah makanan yang msuk sdikit.. Skrg 11 bulan dia tdk mau mkn bubur sama skali, jd saya kasih nasi. Apa gpp dok? Khansa bb nya cuma 8kg diumurnya yang 11 bulan..
Hai Bunda Wulan Ciptasari, sebagian bayi memang kemampuan makannya baik sehingga bisa berlanjut ke tekstur yg lebih kasar lebih dulu sebelum bayi2 lain. Selama bayinya menikmati, boleh saja. Berat badan sangat tergantung dari tinggi badan tren pertambahan berat badan dia sebelumnya. Coba di plot di kurva pertumbuhan WHO untuk berat dan tinggi badannya. Jika pada kurva baik, berarti pola makan seperti itu tdk perlu dikhawatirkan.
Topik : Solusi Cerdas Agar Anak Mau MPASIPertanyaan dari Bunda Neneng Nursa'adah : Anakku umur 6 bln, sama sekali gak mau MPASI bubur.. Resep buburku hanya beras dimasak dgn wortel.. Sama sekali gak mau buka mulut, klo pas nangis terbuka, saya paksa suapin.. Tetap dimuntahin.. gak mau ditelan.. Nanti klo paksa måkån.. Pasti muntah semua yang dimakannya.. Pernah campur susu formula di buburnya. Tp tetap gak mau.. Solusinya apa ya ... ??? ªϑǝ Ɣªήğ minta sy tambah kecap ke buburnya.. Apakah bole tambahin kecap???
Hai bunda, bayi juga maunya makan yang enak lho. Apakah nasi dengan wortel saja tidak membuat bayi jadi bosan? Coba variasikan dengan berbagai jenis sayur lain dan jangan lupa masukkan protein seperti daging sapi dan ayam ke dalam makanannya. Kaldu buatan sendiri juga boleh diberikan sebagai tambahan rasa. jika makanannya enak, dijamin bayi mau makan tanpa perlu dipaksa apalagi ditambahkan kecap. prinsip pemberian makan adalah responsive feeding. Bayi diberi makan sesuai responsnya, jika lahap, teruskan berikan, namun jika menunjukkan gejala menolak seperti mengatup, menyembur, hentikan. tidak boleh memaksa bayi makan karena proses makan harusnya sangat menyenangkan bayi. ajak bayi bicara, menyanyi supaya bayi senang dengan kegiatan makan. jika ibu masih memberikan ASI, jadwalkan makannya jangn terlalu dekat dengan pemberian ASI, idealnya dua jam sebelum makan perutnya kosong. mulailah bertahap dari 2-3 sendok makan lalu makin lama makin banyak. lama makan maksimal adalah30 menit. habis/tidak habis, selesai. jangan sering2 mendorong makan dengan air putih karena akan membuat bayi kenyang. jauhkan hal-hal yang bisa membuat bayi terganggu konsentrasinya dari makanan seperti TV.
Topik : Trik Menghadapi Anak yang Picky EaterPertanyaan dari Bunda Ino-nya Fazry : Sore dokter, anakku umurnya 8bln. Klo setiap diksh MPASI aga susah. Maunya minum air trs atw yang agak encer baru mw. Klo dibuatin bubur tim suka ga mw spt sayur2an atw protein spt ikan, telur,dll. Kdng mwnya biskuit instan. Gmn yaa dok ϐîαr mkannya mw? Klo asi si dia msh kuat mnmnya. Cm mkan aja yang aga ssh. Trm ksh.
Dear Bunda Ino-nya Fazry, bayi yg mulai makan sebaiknya pemberian ASI nya di siang hari dijadwalkan agar tidak mengganggu nafsu makan. Bayi yg sering menyusu pada ibu akan merasa kenyang dan hanya mau minum air putih. Jika Bunda merasa kesulitan menyuapi bayi, coba pada saat waktu makan minta bantuan orang lain untuk menyuapi dan Ibu sementara tidak berada di ruangan tersebut.
Topik : Usia dan Menu Tepat untuk MPASIPertanyaan dari Bunda Merry Bundami Azka : sore dok,, klo baby diberikan MPASI sblum 6bln apa ada pengaruh/efeksamping pertumbha/perkembangan pd bayi trsbut??? dan sebaiknya MPASI yg pertama kali diberikan itu apa yaa????
Hai Bunda Merry Bundami Azka, Beberapa organisai profesi dokter memperbolehkan bayi makan mulai 4-6 bulan meskipun WHO menganjurkan di usia 6 bulan. MPASI boleh dimulai dengan serealia seperti bubur nasi saring, oatmeal saring, ubi manis atau kentang yg dihaluskan untuk asupan karbohidratnya. Secara bertahap boleh dicampur dengan sayur dan protein ke dalam makanannya. Buah yg dihaluskan juga sudah bisa diberikan sebagai selingan. Pemberian makan bisa diberikan 2-3 kali per hari dan bertahap dinaikan jumlah serta frekuensinya. Semua bayi di usia 6 bulan sudah siap makan, baik dari pencernaan maupun perkembangannya. Tapi bayi 4 bulan masih ada yg belum siap makan. Diskusikan dengan DSA jika hendak memulai MPASI pada bayi di usia 4 bulan.
Topik : Jadwal Makan dan Pemberian Air Putih untuk Bayi Usia 8 BulanPertanyaan dari Bunda Ira Andin : dok,baby 8m brp ml porsi makannya?frekuensinya?konsistensi? kebutuhan air putih brp ml?dia masih ASIX.makasi
Dear Bunda Ira Andin, usia 6-8 bulan bisa diberikan 2-3 kali makan per hari dan dapat ditawarkan 1-2 snack jika nafsu makan bayi baik. Dapat diberikan porsi makan sekitar 1/2 - 1 mangkok 250ml. Usia 8 bulan bisa diberikan makanan yg mulai kental dan sedikit kasar. Air putih dapat diberikan setiap sehabis makan. Kira-kira sekitar 20ml per kali makan.
Topik : Porsi MPASI untuk Bayi Usia 6 BulanPertanyaan dari Bunda Melina F Saragi : sore dok, mau nanya MPASI pertama sebaiknya apa, krn tgl 10 juli bsk anak saya tepat 6 bln. Dan MPASI itu diberikan berapa bnyk takarannya? terimakasih
Dear Bunda Melina F Saragi, MPASI boleh dimulai dengan serealia seperti bubur nasi saring, oatmeal saring, ubi manis atau kentang yg dihaluskan untuk asupan karbohidratnya. Secara bertahap boleh dicampur dengan sayur dan protein ke dalam makanannya. Buah yg dihaluskan juga sudah bisa diberikan sebagai selingan. Pemberian makan bisa diberikan 2-3 kali per hari dan bertahap dinaikan jumlah serta frekuensinya. Mulai umur 6 bln boleh diberikan 2 sampai 3 sendok makan setiap kali makan yg bertahap dinaikan sesuai dgn response bayi sampai bisa mencapai 1/2 - 1 mangkok 200ml.

ShareThis