[facebook] Penyakit yang Umum (common problems) Pada Bayi bersama Dokter Endah Citraresmi, SpA

Topik : Hidung bayi keluar lender saat dinginPertanyaan dari Pit Aza : sore dok,, anak sy laki2 umur 4 bln lebih, bb 6,8 kg skrg anak sy itu klo cuaca dingin pasti kluar lendir di hidungx,, tp klo gak dingin gakkluar jg, itu knapa ya?? skrg sdh gak asi lagi
Hai bunda, Kalau memang selalu muncul lendir jika cuaca dingin maka sangat mungkin anak bunda sensitif thd udara dingin. Tdk ada yang bisa dilakukan selain menghindari udara dingin. Pastikan juga tidak ada polusi disekitarnya seperti asap rokok .
Topik : Penyebab bayi susah makanPertanyaan dari Bunda Dewi Putri : anak sy umur 16bln, knp y susah bgt kl dikasih maem? kl maem bubur jg dkit. tp minum susu byk bgt. apa ada yg slh y dgn pencernaanx?
Hai bunda, anak yang terllau banyak minum susu biasanya akan kenyang sehingga dia tdk lapar dan menolak makan. Untuk membuat anak mau makan, buat anak lapar dgn mengatur jadwal makan dan membatasi susu maksimal 500cc/hari. Berikan juga makanan yg bervariasi yang juga disukai anak. Kadang2 batita bosan makan nasi shingga perlu cari karbohidrat lain pengganti nasi.
Topik : Benjolan di belakang telinga balitaPertanyaan dari Bunda Sherly Tan : Selamat Sore dok , anak saya usianya skrg 21bulan,, sy mau tanya , beberapa bulan terakhir sy perhatikan di belakang telinga di bagian leher belakang sebelah kiri ada benjolan kecil , yg kalo di tekan agak lunak , Kadang tampak jelas , kadang tdk , Awalnya sy ngk khawatir krn kata bidan setempat itu normal , itu kelenjar , semua anak punya , Tapi minggu lalu anak teman saya masuk RS, demam tinggi , trus benjolan membesar, vonis dokter kalo trus membesar hrs di operasi , Sebenarnya benjolan itu apa ? , berbahaya atau tdk ? Mohon dgn sangat jawabannya .
: Hai bunda, benjolan dibelakang telinga atau belakang leher pada anak biasany aadalah kelenjar getah bening. Lazim membesar jika anak sedang batuk pilek atau mengalami alergi kulit. Selama ukurannnya tdk lebih dari 2cm tdk perlu khawatir.
Topik : Kepala bayi hangat belum tentu demamPertanyaan dari Bunda Santy Azhien : dok,anak saya kepalanya koq anget terus ya,padahal ga sakit?kenapa ya,saya kawatir dok..
Hai bunda, Daerah kepala memang biasanya teraba lebih hangat. Untuk menentukan demam atau tidak selalu ukur suhu dgn menggunakan termometer.
Topik : Efek samping meredakan batuk pilek anak dengan kencurPertanyaan dari Bunda Keiya Keiysa : Dok, Anak laki - laki saya usianya 9 bulan dan sekarang sedang batuk dan pilek. untuk meredakannya aku pakai kencur apakah ada efek smpingnya atau tidak? terima kasih
Hai bunda Keiya Keiysa, Kencur bukan termasuk obat sehingga tidak ada efek samping.
Topik : Saat anak 1 bulan susah BABPertanyaan dari Bunda Nhia Bebek : anak saya umur 1 bln.. sudah 2 hari blm bab.. apa itu normal. soalnya kadang dia kayak mejen sampe mukanya merah tp cm kentut aja. hal yg lain klo dia minum susu asi hidungnya bunyi... apa itu jg normal?
Hai bunda, Bayi ASI memang BAB nya bisa bervariasi sampai 14 hari tidak BAB. Selama BAB nya tidak keras bulat2 seperti kambing tdk perlu khawatir. Bayi memang cenderung sering mngejan karena otot perutnya masih tipis sehingga perlu usaha ekstra utk mengeluarkan tinja maupun buang angin. Bayi juga memang sering bernafas grok grok pada saat minum asi maupun tidur, Hal ini akan membaik seiring dengan perkembangan.
Topik : Bayi sering kaget saat tidurPertanyaan dari Bunda Meisa Rachmadhani : Sore dok,,ank sya br berusia 4bln knp klo tdr ska kaget2 y???pdhl g ad yg bkn kaget...mksh sblmny
Hai bunda, pada bayi kecil memang sering terjadi gerakan yg tdk bertujuan (gerakan involunter) yg akan membaik bertambah matangnya susunan saraf anak.
Topik : Penyebab diare berdarah pada bayiPertanyaan dari Bunda Sukma Kharisma Sandhinika : dok, jgoan ku Lanang Usianya 10 Bulan akhir2 ini Dia Buang2 Air ( Mencret ) minggu kmrn dia pupnya berdarah banyak sampe ke baju2..tapi anak saya ga rewel ga panas, ga muntah, (fisik sehat ) saya kedokter..di rujuk kerumah sakit untuk USG tapi ususnya baik2 saja..tidak di beri Obat sama sekali..kata eyangnya suruh dikasih rebusan akar alang2 dan cincau Alhamdulilah sudah tidak berdarah yang mau saya tanyakan penyebabnya apa ya? karna dokter di rumah sakit tidak menjelaskan dia hanya praduka seperti 1. usus kejepit, alergi susu. cuma anak saya nyusunya itu dari dulu gapapa..
Hai Bunda Sukma Kharisma Sandhinika, diare berdarah bisa disebabkan oleh infeksi (disenteri) atau alergi. Usus terjepit (invaginasi/intususepsi) biasanya disertai gejala anak sangat kesakitan perutnya. Membedakan infeksi dan alergi bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan tinja.
Topik : Telapak tangan dan kaki bayi kuningPertanyaan dari Bunda Riri Septasari : Sore dok, anakku umur 13 bln, berat 9 kg... Telapak tangan dan kakiny kuning. Katany ke bykkan mkn wortel dan pepaya (memang dr umur 6 bln dksh wortel setiap hari 1 buah) Apakah benar krn itu?Bisa hilang kuningny, dok?Apa perlu setiap hari dijemur? Saya takut hati ny aj yg terganggu... Trima ksh atas jwbnny...
Hai bunda, kuning yang disebabkan penyakit hati biasanya matanya berwarna kuning dan BAK nya berwarna seperti teh. Penyebab telapak tangan dan kaki kuning pada anak emamng biasnaya trllu banyak menkonsumis sayur&buah warna kuning atau merah. Tidak berbahaya tetapi sebaiknya dikurangi asupan buah dan sayur seperti itu.
Topik : Telapak tangan dan kaki bayi kuningPertanyaan dari Bunda Metha Phelia : Sore dok... Baby sy udah 1th. Sy mau tanya dok, sekitar tlapak kaki dan tangan nya, kadang2 bewarna agak kuning, tmpt yg lain ngak ada. Knapa ya dok. Terima kasih.
Hai bunda Angraini Dewi, Penyebab telapak tangan dan kaki kuning pada anak biasnaya trllu banyak menkonsumi sayur& buah warna kuning atau merah. Tidak berbahaya tetapi sebaiknya dikurangi asupan buah dan sayur seperti itu.
Topik : Penyebab infeksi paru pada bayiPertanyaan dari Bunda Anggi Jepray : Sore dok, saya mau tanya.. Anak saya yg kedua umur skrg 4bulan 2mgg.. Wktu umur 27hr dia masuk NICU karna infeksi paru2.. (Ada cairan yg menutupi paru2'a) apa yg menyebabkan itu dok ?? Wktu hasil lab tdk ada perkembangan virus. Klo kata orngtua itu air ketuban. Apa bisa air ketuban itu lama di paru2 bayi? Saya aja ga nyangka anak sy bs kena sperti itu. Tp alhamdulillah skrg sehat yg td'a sempet kritis.
Hai Bunda Anggi Jepray, Neonatus (bayi 28 hari) sangat rentan terhadap infeksi karena sistem pertahanan tubuhnya belum sempurna. Infeksi virus maupun bakteri bisa menyebabkan infeksi paru (pneumonia) tersebut. Virus tidak bisa diperiksa dengan pemeriksaan lab. Air ketuban akan menimbulkan masalah segera setelah lahir jika terhisap masuk ke paru dan bukan baru berefek setelah sekian hari kemudian.
Topik : Menangani belekan pada mata bayiPertanyaan dari Bunda Maria Nova Merung : Slmt sore dok.... Bayi sy usia 2bln... Dari lahir smpe skrg mata seblah kirinya sering ada kotorannya udah dikase obt te2s sama salep koq gak sembuh2 ya? Apa nntinya gak bahaya dok? Trims
Hai Bunda Maria Nova Merung, belekan atau kotoran pada mata bayi biasanya disebabkan sumbatan kelenjar air mata. Biasanya akan membaik sendiri dengan semakin bertambah besar bayi. Cukup bersihkan dengan air matang. Jika menetap sampai usia>12 bulan, periksakan ke dokter mata
Topik : Menangani batuk pilek pada bayi 1 bulanPertanyaan dari Bunda Nucke Kusika : Sore dok anak saya usia 1bln.kena batuk filek tertular o/salah satu anggota keluarga kami.nafasnya bunyi seperti ada lendir.bayi gelisah sekali apalagi saat tidur selalu merengek,kasian sekali melihatnya..kami bingung apa yg harus kami lakukan menurut kami usia 1bln sangat kecil sekali u/diberi obat,jadi apa yg harus kami lakukan dok
Hai Bunda Nucke Kusika, batuk pilek pada anak penyebab tersering adalah virus yang akan sembuh sendiri. Pastikan bayi menyusu dengan baik, jika kesulitan menyusu karena hidungnya mampet, perah ASI dan sendoki. Bersihkan lendir hidung dengan cotton bud kecil dan bisa juga dengan nose cleaner yang bisa dibeli di apotik/toko perlengkapan bayi. Matikan/kecilkan AC. Bayi akan nyaman jika tidur digendong tegak atau bantal ditinggikan. Amati napas bayi, jika sesak (>50x/menit) atau bayi tidak bisa menyusu, segera periksakan ke dokter.
Topik : Menangani batuk pilek pada bayiPertanyaan dari Bunda Sylvia Hermawan : sore Dok,,anak saya umur 10bln,,udah 3bln belakangan ini tiap bulannya selalu kena pilek dan akhirnya batuk,dan selalu ditanggal yang sama,,sekarang pileknya udah ga meler,tp kl malam mau tidur nafasnya suka bunyi grok grok seperti ada ingus yang menggumpal dirongga hidung,,apakah ini memang pilek ato alergi ya Dok?makasih
Hai bunda Sylvia Agung, batuk pilek pada anak penyebab tersering adalah virus yang akan sembuh sendiri. Apakah di lingkungan rumah banyak orang yang sedang batuk pilek? Anjurkan untuk menggunakan masker supaya tidak menularkan ke bayi. Juga batasi pergi ke tempat umum agar tidak tertular virus baru. Hindari pula asap rokok.
Topik : Radang tenggorokan pada anak 4 tahunPertanyaan dari Bunda Alvino Rafa Radithya-I'ik : Sore dok... anak sy usia 4 thn, 2 minggu lalu dia terkena radang tenggorokan oleh dokter diberi antibiotik dan obat tidur, minggu ini dy terkena radang lg dan diberi obat yg sama... apakah minum antibiotik 2x dlm sebulan tidak menimbulkan efek samping dok?
Hai bunda Alvino Rafa Radithya-I'ik, perlu diingat bahwa radang tenggorokan tidak selamanya disebabkan oleh bakteri. Penyebab tersering adalah virus yang tidak membutuhkan antibiotik. Antibiotik jika terindikasi, silahkan diberikan. Namun jika tidak terindikasi tentu saja tidak perlu diberikan. Mengenai radang tenggorokan, silahkan baca tentang sore throat dan strep throat antara lain di mayoclinic.com dan kidshealth.org
Topik : Serba serbi alergi susu sapi pada anakPertanyaan dari Bunda Arumiati Hanafi : selamat sore dokter endah,mau tanya dok apa anak yg alergi susu sapi&olahannya akan terus terbawa sampai dia dewasa?skrng anak sy usianya3thn. dokter anak sy bilang, ada kemungkinan anak sy bs mewarisi asma dari kakeknya krna gol darah mereka sama. gejala asma pd anak itu sprti apa &umumnya bs tlihat di umur brp ya dok? anak sy ini sering kambuh batuk pilek apa ada kemungkinan alergi ac atau debu ya?karna jarang minum es atau permen dok..terimakasih dokter endah.
Hai bunda Arumiati Hanafi, alergi susu sapi pada sebagian besar anak akan membaik pada usia 1-3 tahun. Anak yang mengalami alergi makanan, sebagian ada yang berlanjut menjadi alergi di pernapasan seperti asma dan rhinitis alergi, bukan disebabkan oleh golongan darah namun karena mewarisi genetik/bakat alergi. Gejala asma bisa muncul pada anak batita berupa batuk lama, berulang, terutama di malam hari dan kadang disertai sesak/mengi. Batuk pilek yang sering kambuh bisa disebabkan alergi meski sering juga disebabkan infeksi virus berulang akibat paparan virus di sekolah atau lingkungan rumah.
Topik : Luka bekas imunisasi BCGPertanyaan dari Bunda Tris Septiana : Sore dok aku mau tanya anakku kemarin saat umur 2 bulan imunisasi BCG, tp smp skr umurnya 5 bulan lukanya belum sembuh jga, padahal anak tetangga yg seumuran luka bekas suntikannya sudah kering, berbahaya gak ya dok? terus apa perlu diberi obat? kalau iya obat apa ya dok? Terimakasih sebelumnya
Hai bunda Tris Septiana, bekas suntikan imunisasi BCG biasanya memang tidak akan hilang, berbekas menjadi jaringan parut. Bisul dan nanah yang ditimbulkan kadang memang akan lama (berbulan-bulan) sebelum akhirnya mengecil menjadi parut
Topik : Pusar bodong (Hernia Umbilicalis) pada anakPertanyaan dari Bunda Amellya Onyyoh : dok,anak saya pusarnya bodong?sudah pke benggol dipake kain kasa tpi msh aja bodong sampe skrg 4 bln apa itu akan ngelelep sndrinya atw gmana? ksian liatnya dok,takut nanti sampe ntar gde msh bodong
Hai bunda Amellya Onyyoh, bodong atau Hernia Umbilicalis biasanya akan mengecil sendiri dengan bertambah besarnya anak. Penggunaan kain kasa atau koin tidak ada manfaatnya. Jika sampai usia 12 bulan bodongnya belum mengecil, mungkin perlu dilakukan penutupan oleh dokter bedah.
Topik : Bayi tersedak dan muntah lewat hidungPertanyaan dari Bunda Priskila Ceria Celalu : dok, anak saya usia 11 bln, setiap kl tersedak selalu muntah sampai lewat hidung, itu bahaya atau tidak?cara mengatasinya bgmn? kemudian anak saya jg selalu mengeluarkan keringat meskipun cuaca dingin itu bahaya atau tidak, penyebabnya apa? terimakasih
Hai bunda Priskila Ceria Celalu, hidung dan mulut memang muaranya sama sehingga seringkali muntah keluar lewat hidung. Tidak berbahaya. Bersihkan saja hidung sehabis muntah supaya tidak mengganggu. Keringat sangat wajar pada anak sebagai cara untuk mengatur suhu tubuh. Tidak berbahaya tetapi pada sebagian anak bisa menyebabkan biang keringat.
Topik : Memberi obat untuk meningkatkan imunitas bayiPertanyaan dari Bunda Yohana Evangeline : Dok, anak saya umur 6 bulan, cepat skali tertular batuk pilek, saya sudah berhenti kasih ASI, krna tdk keluar, boleh gak kl anak saya d beri obat imun u/menambh kekeblan tubuh nya? Trima kasih, mohon sarannya
Hai Bunda Yohana Evangeline, tidak ada vitamin atau obat untuk menambah imunitas/kekebalan tubuhnya. Cukup berikan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, hindari tempat umum yang bisa menyebabkan anak tertular virus, jika ada yang sakit di rumah gunakan masker supaya tidak menular ke bayi. Rumah dan lingkungan sekitarnya harus bebas asap rokok
Topik : Sesak nafas berulang pada bayi bisa jadi Asma. Pertanyaan dari Bunda Meicania Ank'e Kinsani : Dok,ank sya umur 4th,.dia skit sesak nfas trus tiap prut'ny kembung,sesak nfas'ny kumat,.kra" obt'ny apa ya dok,.
Hai bunda, sesak napas perlu dicari penyebabnya. Jika memang sesak sering berulang, sangat mungkin anak bunda mengalami serangan asma yang ditandai dengan sesak dan mengi. Silakan browse tentang asthma di kidshealth.org dan diskusikan dengan dokter yang menanganinya mengenai penanganan jika sesak berulang dan cara mencegahnya.
Topik : Peyebab sakit perut pada anak Pertanyaan dari Bunda Susan Pratama : dok mau tanya anak saya umur 1.5th kdang prut'y suka sering kembung kya kholik gtu,klo udah skit suka nangis kenceng.biasa'y aq balur perut'y pke daun cabe rawit,itu kira2 pnyebab'y apa ya ..?
Hai bunda Susan Pratama, Sakit perut pada anak sering disebabkan oleh sembelit, terlalu banyak mengkonsumsi susu sapi, atau infeksi saluran kemih. Jika sakit perutnya sangat mengganggu silahkan konsultasi kedokter untuk menyingkirkan ketiga penyebab tadi atau mencari penyebab lainnya.
Topik : Jika batuk pilek pada anak tidak kunjung membaikPertanyaan dari Bunda Astri Kuntarti : sore dokter anak sy umur 5thn,kena batukpilek sdh hampir 3minggu blm sembuh jg pdhl sudah kedokter 2x,gmn itu dok?skrg anak sy jg sdh jarang mnm susu sejak berhenti dr botol gmn caranya ya dok supaya dia mau mnm susu digelas?trmksh
Hai bunda, Batuk pilek yang berulang paling sering disebabkan paparan virus yang berulang. COba evaluasi dilingkungan sekitar apakah ada yang sedang sakit batuk pilek juga? Anjurkan utk menggunakan masker. Anak sebaiknya tdk banyak pergi keluar rumah supaya tdk tertular virus ditempat umum. infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus akan sembuh sendiri dilawan oleh daya tahan tubuh anak dan biasanya membaik dalam 2-3 minggu. Pemberian antibiotik ataupun obat batuk pilek tidak akan membantu.Anak diatas 12 bulan tidak lagi sangat membutuhkan susu sehingga jika tdk mau tidak perlu diberikan. Berikan saja keju atau yoghurt sebagai pengganti.
Topik : Pemberian Zinc pada bayi yang diarePertanyaan dari Bunda Kartika Merdekawati : mau tanya dok, baby 13 bulan, BB 11.2kg,TB 84cm, apakah perlu diberikan zinc apabila sudah 11 hari diare (1hari bisa 10x bab) dengan konsistensi tinja cair berampas?(slama ini hanya dikasi lacto b & pedialyt) dan kalau masih diare apakah boleh diberikan yoghurt?thanks dok
Hai bunda Kartika Merdekawati, WHO memang menganjurkan pemberian zinc pada anak dengan diare akut karena virus. JIka diaer maih berlangsung lebih dari 14 hari, sebaiknya diperiksakan ke dokte untuk mencari penyebabnya.
Topik : Keringat berlebih pada kaki bayiPertanyaan dari Bunda Bunda Thifa : dok anak sy umur ny 5 buln,,, apa ada suatu penyakit dlm badan nya?? soalnya kaki nya berair trus dok,,, apalagi klu tidak pke kaus kaki,,jdi terpaksa sy pkein trus kaus kaki ny dok...untuk mengurangi keringat ny.
hai bunda, keringat merupakan cara tubuh utk mengatur panas. Sangat wajar anak sering berkeringat, apalagi pada anak yg punya kecenderungan kelenjar keringat berlebih.
Topik : Jika batuk pilek pada bayi tidak kunjung sembuhPertanyaan dari Bunda Ipeh Babher : met sore dr endah, anak saya umur 11 bulan hampir 1 bulan ini batuk pilek hanya mereda sementara trus kambuh lagi, ud di bawa ke dokter tp gak sembuh2 juga, katanya alergi susu, ud coba ganti susu malah babnya diare, solusinya gmn bunda? makasih
Hai bunda, Batuk pilek yang berulang paling sering disebabkan paparan virus yang berulang. COba evaluasi dilingkungan sekitar apakah ada yang sedang sakit batuk pilek juga? Anjurkan utk menggunakan masker. Bayi sebaiknya tdk banyak pergi keluar rumah supaya tdk tertular virus ditempat umum. infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus akan sembuh sendiri dilawan oleh daya tahan tubuh anak dan biasanya membaik dalam 2-3 minggu. Pemberian antibiotik ataupun obat batuk pilek tidak akan membantu.
Topik : Penyebab bayi sering demamPertanyaan dari Bunda Nyimas Siti Khodijah : dok anak saya 5bln..... suka panas semingu sekali... kl uda seminggu psti panas trz turun bis itu kl da seminggu panas lagi.. saya perhatikan sdh 3minggu in... dbawa kdokter ktny gk ada apa2...... emang dy punya flu... bagaimana ya dok cr pencegahan nya..... terima kasih
Hai bunda Nyimas Siti Khodijah, apakah di rumah banyak yang sedang sakit batuk pilek? Kalau iya, mungkin virusnya bolak-balik menulari anak sehingga sakit berulang. Oya, sebaiknya singkirkan juga infeksi saluran kemih dengan memeriksa kultur urine, karena dapat menyebabkan demam berulang pada bayi. Coba diskusi lagi dengan dokter
Topik : Bercak hijau kehitama di daerah punggung dan bokong bayi Pertanyaan dari Bunda Rosita Itha Meilantri : bunda...penyebabnya apa ya klo ank bayi bru lahir suka ada warna kehijauan d daerah punggung atau sekitar pantat ?
Hai Bunda Rosita Itha Meilantri, bercak hijau kehitaman di punggung dan bokong adalah mongolian spot yang merupakan tanda lahir yang dijumpai pada sebagian besar anak Indonesia dan ras mongoloid. Biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa bulan.
Topik : Ibu minum es menyebabkan bayi batuk dan pilek? Pertanyaan dari Bunda Meli Inay : dok anak saya sudah 1bulan pilek obatny p yh dik. Apa gara2 q minum es tiap hari
Hai bunda, pilek yang lama kadang disebabkan oleh alergi. Pencetus tersering adalah tungau debu rumah, dan juga bisa dipengaruhi oleh udara dingin serta polusi udara (asap rokok). Sebaikny aperiksakan ke dokter untuk tau penyebabnya.
Topik : Diare akut pada bayi 10 bulanPertanyaan dari Bunda Ibay Rich Ramadhan : Sore dok??dok anakku umur 10bln kmaren anakku diare dah dkash obat tp ga ngaruh,,tp tetap aktif blajar mrambat. Anak nya sangat susah makan dok,tolong kasih sarannya dok,makasih
Hai bunda, Diare akut (mendadak) pd anak paling sering penyebabnya adalah virus. BIasanya diare cair dan bisa berlangsung selama 5-7 hari. selama tidak berdarah lanjutkan observasi dirumah. Jaga jgn sampai dehidrasi. Jika diare berlangsung lbh dari 7 hari periksakan ke dokter.
Topik : Apakah alergi susu sapi bisa sembuh?Pertanyaan dari Bunda Oppie Que : Dktr babyq usia 5bln...wkt usia 1bln mukanya kluar bintik mrh n ksr,kta dktrnya alergi susu sapi.Akhirnya sufornya q gnti dg hypo allergenic.Babyq g mnm asi..tp 2bln ini stok hypo alergenic kosong,q g brani gnti susu merk lain,q gnti soya baby g mau..2bln ini baby mnm susu sapi biasa.Tp y q lht tdk mslh,tdk kluar bintik merah,hidungnya jg g bnyk lendir..dok apa mgkn alergi babyq uda smbh?Ktnya bsa smbh stlh usia 1th.Klo bru 5bln apa mgkn bsa smbh?
Hai bunda, susu hypo allergenic (HA) bukan merupakan susu untuk mengobati gejala alergi susu sapi. Jika bayi bunda membaik gejalanya dengan susu HA dan saat ini diberikan formula biasa juga tidak ada keluhan, berarti bayi bunda tidak alergi susu sapi.
Topik : Ciri-ciri diare pada bayiPertanyaan dari Bunda Silvie Christianti : Dok, bayi sy 1.5 bln. BB 3.85kg, TB 53.5. Krn asi sdkt, dr RS diberi sufor a, kmdn mengakibatkan sembelit, jika bab ngeden sampe nangis. Akirnya sy ganti sufor b, sdh tdk sembelit lg, bab lunak , yg mau sy tanyakan knp wktu bab dia tetap ngeden dan nangis2 pdhl bab nya tdk keras, apa ada indikasi lain? Kategori mencret pd bayi tekstur feses spt apa? Terima kasih
Hai bunda Silvie Christianti, sudahkan bunda konsultasi ke konselor laktasi untuk meningkatkan produksi ASI dan kembali memberikan ASI eksklusif? Usahakan bayi sering menyusu ke Ibu dan setelah selesai menyusui perah ASI untuk meningkatkan produksi. Jika BAB tidak keras, tidak perlu khawatir jika bayi mengedan saat akan BAB. Otot perut bayi masih tipis sehingga butuh usaha lebih banyak untuk mengeluarkan tinja. Bayi dikatakan diare jika BAB sangat cair dan lebih sering dari biasanya
Topik : Ketika bayi 1 tahun selalu batuk saat udara dinginPertanyaan dari Karini Luvvsupartamylovely : sore dok...anak saya umur 1 tahun 3 bulan ,,,sudah hampir 3 minggu ini dya batuk2 tp batuknya tiap kena udara dingin...apalagi malam hari dan menjelang pagi...apa penyakit ini serius dok..mohon tanggapannya...trima kasih
Hai bunda, Jika batuknya memang hanya karena udara dingin (malam dan menjelang pagi) sangat mungkin disebabkan oleh alergi. Alergi yang menyebabkan batuk antara lain, asma dan rhinitis alergi. Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter utnuk mengenali pencetus alerginya.
Topik : Mimisan pada bayi/anakPertanyaan dari Fitri Gracia : Jagoanku umur 23bln pas usia 1th dy mi2san wkt it pas panas tngi... stlh itu stp dy dmam,ato siang abs maen kpanasan dy gmpg bgt mi2san. ap bs krn fktr ktrunan,krn kta ibu saya,wkt kcil sy jg srg bgt tp aq kdg tkt jgn2 it gjala skt yg gak umum..
Hai bunda @Fitri Gracia, mimimsan/epistaksis pada anak memang merupakan kondisi yang sering dijumpai karena pembuluh darah dihidung sangat halus dan tipis serta mudah pecah, misalnya jika sedang demam, pilek, udara terlalu dingin. Selama mimisan tidak mengalir deras (berhenti dengan mudah), tidak perlu khawatir dan biasanya akan menghilang sendiri dengan bertambah besarnya anak. Faktor keturunan mungkin saja.
Topik : Menangani bayi susah BABPertanyaan dari Bunda Ragiel Tasya : dok,anak saya umur 2 tahun. anak saya sudah 3 hari susah BAB dok kira2 kenapa ya dok??? kasih tips"a dong dok.. terima kasih..
Hai Bunda Ragiel Tasya, coba berikan serat (sayuran hijau dan buah alpukat, pear, melon) dan air lebih banyak ya. Boleh juga ditambah puding dan yoghurt
Topik : Radang tenggorokan disebabkan makanan mengandung minyak?Pertanyaan dari Bunda Fina Lismeini : sore dok.....anak saya kenapa kalau makan makanan yang mengandung minyak (walaupun minyak baru) sehabis makan radang tenggorokan, akhirnya pengganti minyak saya buat yang goreng-gorengannya dengan mentega, terima kasih info nya dok
Hai Bunda Fina Lismeini, minyak tidak menyebabkan radang tenggorokan (sore throat), penyebab sore throat tersering adalah infeksi virus. Tapi memang makanan yang berminyak cenderung menyebabkan tenggorokan mudah teriritasi pada sebagian orang. Saran saya, ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang dikukus atau rebus, lebih sehat.
Topik : Mandi malam hari sebabkan bayi kembung?Pertanyaan dari Bunda Rika Puspitasari : Bayiku 2 bulan perutnya sering kembung,kata ibu krn sy suka mandi malem. mitos atau fakta?
Hai bunda Rika Puspitasari, tidak ada kaitannya perut kembung dengan mandi malam. Bayi kecil memang sering kembung namun hal itu lazim dan tidak mengganggu. Biasanya akan berkurang dengan sendawa atau buang angin.
Topik : BAB bayi berdarahPertanyaan dari Bunda Septi Dipitri : Sore Dok,,anak sy baru usia 21bln..ahir" ini puf ny berdarah terus udh d kasih jus pepaya alhmdlh sht tp skrng lg panas badan ny puf ny berdarah lg..sy blm bawa ke dktr anak..itu apakah emang panas dalam bkn ya..?makasih
Hai bunda, Jiak BAB nya keras disertai darah maka penyebanya adalah sembelit dan perlu diberikan serat serta minum lebih banyak. Jika anaknya BAB sering dan cair(diare), yang disertai darah, sebaiknya diperiksakan ke dokter.
Topik : Pola BAB, campak dan cacar air pada bayiPertanyaan dari Bunda Meisin Gilang : dDok, ank saya usianya 1 thun, dia sering BAB nya dok,kadang encer kadng warnanya agak hitam gitu dok, trus sering kna campak dn cacr air, gimna semuanya tuh dokter, apaa ada masalh gakk dok .
Hai Bunda Meisin Gilang, BAB sangat dipengaruhi oleh asupan makanan. Jika makanan banyak mengandung serat (sayur/buah) biasanya BAB lebih sering. Campak dan cacar air merupakan infeksi virus yang hanya terjadi sekali dan tidak akan berulang. Jangan lupa lengkapi imunisasi
Topik : Cara alami menangani batuk pilek pada bayi 5 bulan. Pertanyaan dari Bunda Elly Qwill The'a : Sore dok,..baby ahza 5 bln sering pilek,hidungnya trsumbat.gmn y cr alami yg bs d lakukn utk menyembuhkn.krn gk tega bgt liat ahza minum obt.pengennya cr yg alami..buat melegakn hidungnya.
Hai bunda, Bayi memang dominan bernafas lewat hidung, jadi jika pilek dia akan terganggu saat menyusu. Bersihkan ingusnya dengan cotton bud kecil atau pembersih ingus. Jika mampet boleh diberikan tetes hidung NACL untuk mengencerkan lendir. Kecilkan AC. Jika kesulitan menyusu, perah ASI dan sendoki. Pilek disebabkan oleh virus, akan membaik sendiri dan tidak butuh obat.
Topik : Penyebab ruam merah yang disertai kulit mengelupasPertanyaan dari Bunda Cici Mniez : dok,ank sya umr 2 thn sya mau tnya ni pnykit p cm alergi,ank sya seringnya dpnggung sringnya kluar mrah2 ctlah pnas tp g lm mrah2 tu nybabin klit ank sya mngelupas ky kbkar gt n ni sring bgt trjd tu knp y dok n gmn cr mngatasine??terima kasih,,
Hai bunda Cici Mniez, Mungkin saat anak demam, diikuti oleh keringat yang berlebihan sehingga keringat itu mengiritasi punggung dan menyebabkan ruam merah. Untuk mengatasinya. Sering basuh jika berkeringat dan ganti bajunya jika basah.
Topik : Bintik merah di dada anakPertanyaan dari Bunda Feeda Ravita : Dokter anak sy di dadanya kok ada bintik2 merah y?mungkin ga sih dok itu krn efek sinar merah waktu terapi cold n flu?soalny kmrn hbs terapi..makasih
Hai Bunda Feeda Ravita, bintik merah di kulit banyak sekali penyebabnya. Salah satunya adalah dermatitis kontak misalnya akibat kontak terhadap balsam, minyak telon, dll. Infra merah bisa saja menyebabkan bintik2 merah pada anak yang sensitif
Topik : Seputar demam pada bayiPertanyaan dari Bunda Merry Bundami Azka : sore dok,, penyebab baby demam itu apa dok?? biasana kan klo baby mau merangkak demam, mau jalan demam, tumbh gi2 demam.. n solusi untk mencghna apa???
Hai bund Merry Bundami Azka, demam pada anak biasanya merupakan respon tubuh terhadap infeksi. Dengan kata lain demam itu dibuat oleh tubuh untuk melawan kuman. Yang terpenting adalah mencari penyebab demam. Setelah tubuh selesai mengatasi penyebab demam (infeksinya) demam akan mereda sendiri. Demam tidak ada kaitannya dengan perkembangan (mau jalan, tumbuh gigi, dl)
Topik : Batuk dan muntah pada anak 2,5 tahunPertanyaan dari Bunda Eri Rimasari : dsore dok,,anak sy 2,5 thn batuk sdh seminggu lbh gak sembuh2 setiap batuk pasti muntah,,skg ga mau makan sama sekali dok,,udh dbawa k dktr katanya cm batuk biasa,,dikasi obat batuk racikan sudah maw habis obatnya dan suplemen perangsang makan,,tp batuknya masi bandel,,help dok,,thank..
Hai bunda Eri Rimasari, penyebab batuk tersering adalah infksi virus yang akan sembuh sendiri. Batuk karena virus bisa berlangsung sekitar 2-3 minggu. Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan lendir berikut kuman. Karena itu batuk tidak akan kita hentikan karena batuk bermanfaat sebagai cara pertahanan tubuh. Selama anak tidak sesak, minumnya baik, lakukan observasi di rumah. AC dikecilkan.
Topik : Anak usia 2,4 tahun sering demamPertanyaan dari Bunda Maria Natalia Sitorus : sore dok, anak saya laki2 berumur 2 tahun 4 bulan setiap bulannya pasti ada panas atau batuknya dok apakah itu wajar untuk seumuran anak saya ? biasanya penyebabnya apa yah dok? trimakasih
Hai Bunda Maria Natalia Sitorus, demam batuk pilek pada anak biasanya disebabkan oleh virus. Sangat lazim anak >12 bulan mulai sering sakit karena mulai sering terpapar virus bahkan jika anak mulai sekolah akan sering sakit tertular dari teman-teman sekolahnya.
Topik : Nafas bayi berbunyi saat pilekPertanyaan dari Bunda Dewi Maryani : dok.anak saya umur 3bl 15hari,sekarang dia pilek.napas nya grok grok gitu,kalo mimi pasti di tarik2 kaya yg sesak gt,gmana cara ngobatin nya ya?makasih
Dear bunda Dewi Maryani, Bayi memang dominan bernafas lewat hidung, jadi jika pilek dia akan terganggu saat menyusu. Bersihkan ingusnya dengan cotton bud kecil atau pembersih ingus. Jika mampet boleh diberikan tetes hidung NACL untuk mengencerkan lendir. Kecilkan AC. Jika kesulitan menyusu, perah ASI dan sendoki. Pilek disebabkan oleh virus, akan membaik sendiri dan tidak butuh obat
Topik : Solusi agar BAB bayi tidak kerasPertanyaan dari Bunda Wilis Bundanya Nayaka : dok, anak saya klo pup koq agak keras ya..pdhl sdh dikasih serat, umurnya 1 thn 3 bulan..makannya juga lebih suka nes*** ga suka klo dikasih bubur sehat/tim... solusinya donk dok..
Hai bunda, anak usia diatas 12 bln seharusnya sudah makan nasi. Sertakan sayur mayur&buah2an. Sayur yg mengandung serat banyak adlah sayur yang berwarna hijau. BUah berikan alpukat, pear, melon, dan hindari pemberian pisang.
Topik : Cara mengobat bekas gigitan seranggaPertanyaan dari Bunda Lovely Vin : Dok, ditangan maupun kaki anak saya yg brumur 4 bulan sering terdapat merah2 lebar dan klu ditekan keras(mirip gigitan semut) sebenarnya penyebabnya apa, dan cara mengobatinya dgn apa??
Hai bunda, sangat mungkin apa yg dialami anak bunda adalah insec bite. Bisa karena semut, nyamuk atau tungau. BIasanya akan menghilang sendiri namun kadang meninggalkan bekas kehitaman yang nanti lama kelamaan akan menipis.
Topik : BAB bayi 6 bulan berwarna kuningPertanyaan dari Bunda Etha : Sore dok.. Anak saya 6 bulan, pup(maaf) nya berwarna kuning, kdg encer. Apa itu normal? Ada pengaruh di susu kah? Thankss sebelum nya
Hai bunda, warna BAB sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dlm hal ini ASI, Susu formula/MPASI. Tdak perlu khawatir dengan warna BAB kuning selama tidak ada darah. 49. Bayi 2,5 bulan sering rewel malam hari
Topik : Bayi 2,5 bulan sering rewel malam hariPertanyaan dari Bunda Nurani Al-Mughnii : sore dok,anak saya bru 2,5bln kalo malem tuh suka rewel nagis terus,mimi ga mau.apa ASI saya hambar atau baby nya sakit perut??perlukah pake susu tambahan dok pake susu formula,makasih sebelumnya.
Hai bunda Nurani Al-Mughnii, Bayi ASI di bulan-bulan pertama memang biasanya lebih aktif menyusu di malam hari. Bukan artinya ASI nya kurang atau hambar. Teruskan menyusu sesuka bayi. Jika penambahan berat badan baik, tidak perlu khawatir. Tetapi jika berat badan tidak naik dengan baik, silahkan diskusi dengan dokter
Topik : Bayi 4 bulan tidak BAB selama 5 hariPertanyaan dari Bunda Sovia Ika : bayi saya bru berumur 4 bln dan minum asi.yg mau sy tanya,byi saya sdh 5 hr tdk BAB,klo bleh share apa pnyebabnya dan bagaimana mengatasinya.tq
Hai bunda, sebagian bayi ASI memang buang air besar bisa sampai 14 hari. disebabkan ASI sangat mudah diserap sehingga tdk banyak ampas yang dihasilkan sehingga butuh waktu utk dikeluarkan. Selama bayi tdk rewel dan menyusu dgn baik tdk perlu khawatir.
Topik : Apakah bekas luka pada kulit bayi akibat alergi bisa hilang?Pertanyaan dari Bunda Oktiana Widha : dokter baby sy usia 8 bln, kmren smpet kna alergi kulit...awalnya kulit anak sy tu bintik merah smacam di gigit nyamuk tapi lama2 mlepuh smacam luka bakar, dan tu tdk cm satu tp da bbrp. Lalu sy bawa k dokter kt dokter trkena alergi debu kotor, dan allhmdllah skrg sdh sembuh...namun mslahnya skrg da bekas2 lukanya dok...apakh bekas lukanya tu bisa dihilangkan??? dan dengan apa??? trm ksih...
Hai bunda, Bekas luka dikulit biasanya tidak bisa hilang dengan cepat. Tetapi siring dengan pertumbuhan kulit, bekas luka akan menipis dan memudar.
Topik : Menangani biang keringat yang sering kambuhPertanyaan dari Bunda Mala Kyut : dok anak sya sudh 1thn.dri usia 8bln smpe stahun ini biang kringet nya gk ilang2 dok.pdhal salep sma bdak2 sudh sya cba tpi gk ada hsil nya dok..trima ksih
Hai bunda,Anak yang sensitif thd keringat memang biasanya biang keringatnya akan selalu kambuh. sering2 basuh dgn air jika anak berkeringat, ganti bajunya jika basah, mandi dgn air biasa. Jika sangat mengganggu dan gatal konsultasikan ke dokter.
Topik : Mata belekan pada bayi 5,5 bulanPertanyaan dari Bunda Egie Noa Nien : sore dok.. mau tanya nih anak saya umur 5,5 bulan matanya sudah 3 hari belekan dan berair apakah itu penyakit? dan sudah seminggu ini pilek apa ya obat pilek yang manjur?
Hai bunda Egie Noa Nien, belekan pada anak penyebab tersering adalah virus (Viral Conjunctivitis/pink eye). Cukup bersihkan dan kompres dnegan air matang. Biasanya memang menyertai pilek. Akan membaik setelah pileknya mereda. Pilek penyebabnya biasanya virus, tidak butuh obat dan akan sembuh sendiri. Bisa dibantu dengan mebersihkah ingus supaya tidak mampet
Topik : Mencegah terjadinya ISPA pada bayiPertanyaan dari Bunda Carolina Nurita Swari : Dok anak saya batuk sebulan, demam 8 hari.. Cek darah tnyt CRPnya tinggi = 119.. Diagnosa Ispa.. Diresepi Bactesyn sembuh.. Penyebabnya apa ya dok ? Cara pencegahannya bgmn dok?
Hai bunda, ISPA tersering diebabkan oleh virus, namun jika demam terlalu lama dan batuk lebih dari 3 Minggu, memang sebaiknya diperikasakan ke dokter untuk menentukan penyebabnya. Jika dari hasil pemeriksaan didiagnosis infeksi bakteri, maka butuh antibiotik. Pencegahannya dengan cuci tangan secara rutin, menghindari kontak dengan penderita batuk pilek dan menghindari polusi termasuk asap rokok
Topik : Apakah infeki paru bisa menyerang anak 1 tahun?Pertanyaan dari Bunda Khartie Ajjah Dwehh : Inspeksi paru bsa menyerang anak umur 1 th jg y dok ksh info thank
Hai bunda, infrksi paru atau pneumonia bisa menyerang segala usia, termasuk bayi baru lahir.
Topik : Ketika BAB bayi usia 3 bulan berwarna hijauPertanyaan dari Bunda Nurani Al-Mughnii : dok,anak saya usisanya 3 bln,setiap pup,(maaf) pupnya itu wrna hijau.apakah itu dikatakan masuk angin ya dok??
Hai bunda, warna BAB sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dlm hal ini ASI atau Susu formula. Tdak perlu khawatir dengan warna BAB hijau selama tidak ada darah.
Topik : Impetigo pada bayiPertanyaan dari Bunda Putry A Sukma Pratwy : dok anak sy umur 1th6bln kmren abis kena tampek dan sbgian blm pada hilang bekas2nya,, skrg muncul bintil2 merah gitu di mukanya ada nanah juga semacem kaya bisul tp ga ada kaya mata gitu dok,nanti yg satu sudah pecah muncul lagi di lain tempat,knapa ya dok? terima kasih
Hai bunda, Kelainan kulit agak sulit utk dikomentari tetapi coba browse impetigo di google image dan cocokkan. Impetigo biasanya butuh salep antiseptik. Untuk lbh meyakinkan silahkan diskusi dengan dokter.
Topik : Ruam di kepala bayiPertanyaan dari Bunda Bunda Jutex : sore Dok,Bayi saya Ratu 8bln,dikepalanya tubuh bintik2 seperti jerawat dan bernannah,kadang bengkak sprti bisul,kadang tidak,kadang jg suka tumbuh bergerombol,memang sih akan sembuh dlm beberapa hari tanpa diberi obat,yg saya tanyakan berbahayakah krn begitu yg 1 sembuh,makayg lain tumbuh ..terima kasih dok sebelumnya..
Hai Bunda Bunda Jutex, Ruam di kepala bayi seringkali merupakan dermatitis seboroik atau cradle cap. Tetapi perlu dipastikan dengan diperiksakan ke dokter. Jika memang tidak mengganggu, tidak perlu khawatir. Jika ada nanah, cukup dibersihkan dan beri salep antiseptik.
Topik : Bayi mengorok saat tidurPertanyaan dari Bunda Bunda Abrisam : selamat sore dok....saya punya anak sekarang umurnya 3y2m,kalo tidur itu suka mengorok kira2 apa ya penyebabnya ,apa ada kelainan dalam tubuhnya dan termasuk penyakitkah itu?terimakasih....
Hai bunda Bunda Abrisam, mengorok biasanya disebabkan ada jaringan di dalam rongga hidung (konka atau adenoid) yang membesar. Yang perlu dicari apakah penyebab membesarnya adenoid tadi. Penyebab tersering adalah alergi hidung (rhinitis alergi) yang disebabkan alergi terhadap tungau debu rumah dan dingin. Jika keluhannya sangat mengganggu, silakan periksakan ke DSA subspesialis alergi

ShareThis