[twitter] Penyakit Umum Pada Bayi bersama Dokter Endah Citraresmi, SpA

Topik : Mengatasi Ketombe pada Anak@annielaras: @zwitsal_id sjk putriQ umur sthun di kulit kepala bag atas timbul kulit kering spt ketombe, utk mnghilngkan'y gmn y bun??
Ketombe pd anak mrpkn salah satu bnetuk dr Dermatitis Seboroik. Blh diberikan cream/babyoil utk mlmbutkan ketombe. Sebagian besar Dermatits Seboroik akan hilang sendiri.
Topik : Imunisasi saat anak Batuk pilek@Ghheaa: @zwitsal_id Anak ku umr 9 bln. Skg lg bapil,mw imunisasi campak tggu sehat dlu ato gmn dok. Tq"
Tunda imunisasi hanya jika anak demam tinggi /sakit berat. Jika hanya batpil blh imunisasi.
Topik : Pertumbuhan rambut bayi lambat@Mega_arka: @zwitsal_id arka berumur 1 thn 3 bln tp rambut nya tumbuh nya jarang2 yaa? knp yaa dok"
Pd bayi pertumbuhan rambut mmg memiliki fase yg lambat. Dgn bertambah bdr rambut akan tumbuh sesuai genetiknya.
Topik : Pentingnya imunisasi tambahan@tri_shrestha: @zwitsal_id anakku 10 bulan dan untuk imunisasi terakhir adalah campak, seberapa penting imunisasi tambahan?
Imunisasi mrpkn cr utk melindungi anak dr berbagai penyakit yg berpotensi berat/fatal. Imunisasi diluar jadwal Depkes memang dianjurkan oleh IDAI dan sebaiknya dilakukan jika mampu.
Topik : Kebiasaan gumoh pada bayi@aaroseani: @zwitsal_id bayi 4w sering gumoh banyak padahal sehabis menyusu sudah di sendawakan. Kenapa ya?
Pd bayi gumoh/muntah adlh hal yg lazim krn saluran cerna blm matang. Dgn bertambah besar biasanya akan hilang. Rata2 akan sgt berkurang pd usia 4-6bln. Sendawakan,menyusu sebaiknya tdk sambil tiduran. Jika BB naik baik tdk perlu khawatir.
Topik : Saat bayi 13 bulan tidak mau makan & perawatan radang tenggorokan@rosmaja: @zwitsal_id klo anak 13 bln gk mau makan, maunya susu dan minum terus itu knp ya? klo radang tenggorokan/flu obtnya apa?
Anak yg trllu banyak mnum susu akan kenyang shg menurunkan nafsu mkn. Sebaiknya batasi susu maks 500ml/hari. Sebagian bsr radang tenggorokan, disebabkan virus demikian jg flu. Hanya butuh paracetamol jika demam. Byk istrht&minum .
Topik : MENGATASI BIANG KERINGAT@dinnamei: @zwitsal_id sudah hmpr 1bln biang keringat ankq blom smbh",,kira" apa obatnya ya dok??
Kulit anak bs sangat sensitif thd keringat. Utk mencegah, srg2 dibasuh air dan ganti baju jika berkeringat. Jk tdk membaik&cenderung memburuk periksakan utk menyingkirkan infeksi jamur yg sering memperparah biang keringat
Topik : EFEK SERING MENGGANTI MEREK SUSU FORMULA@Ghheaa: @zwitsal_id bu dok bagaimana dgn penggunaan sufor yg sering ganti2x merk tp di bayi ny tdk ad mslh,pup biasa tdk ruam dsb.
Pergantian merk sufor tdk mnjd masalah selama tdk menimbulkan keluhan pd bayi.
Topik : SAAT SI KECIL BATUK DAN PILEK@audri_nusaputri: @zwitsal_id fathar 1th 4bln kalo sakit batuk sama pilek bisa ampe 2mgg sakitt nya , bahaya ga yaah ?
Batuk pilek pd anak plg sering disbbkan virus yg akn sembuh sndri. Sgt trgntung daya tahan tubuh&jenis virus yg menyerang. Krn itu batpil bs bervariasi&kdg mencapai 2-3mggu. Jika tdk ada komplikasi sprti sesak/infeksi telinga tdk perlu khwtr
Topik : KERINGAT BERLEBIH PADA BAYI@aimon_sari: @zwitsal_id anakku umur 10 bln,klosedang tdr di badannya keluar keringat byk,segede biji jagung timbul krgtx.normal ga dok
Keringat mrpkn cr tubuh utk mengatur suhu (mengeluarkan panas). Pd bayi&anak mmg lazim keringat muncul meski sdg tidur
Topik : SAAT BAB BAYI 4 BULAN BERWARNA HIJAU@yenialbar: @zwitsal_id baby aku. 4bln,BAB ny berwarna hijau pekat knapa y?Tdnya campur ASi skg full sufor
warna BAB sgt dipengaruhi oleh kandungan sufor/ASI yg dikonsumsi. Selama bkn BAB berdarah, warna tinja kuning/coklat/hijau tdk perlu dikhawatirkan.
Topik : BATAS NORMAL WAKTU BATUK DAN PILEK PADA BALITA@Yayuq: @zwitsal_id normalnya batuk pd ank usia 2th smbuh dlm berapa hari yaa??Batas wajarnya brp hari yaa,,apakah seminggu msh wajar
Batuk pilek pd anak plg sering penyebabnya virus. Sembuh bervariasi bs smpai 2-3mggu. Selama tdk ada komplikasi, tidak perlu khawatir.
Topik : EFEK TERLALU SERING MEMBERI ANTIBIOTIK@dewikurniawaty: @zwitsal_id anak sy 17m,hmpir tiap bln batpil,tiap ke dsa slalu diberi antibiotik,bahayakah jk ksringan mngkonsumsi ab?
Antibiotik akan mmbunuh bakteri baik disaluran napas sehingga biasanya anak malah lebih sering sakit
Topik : BAYI 13 BULAN SERING MUNTAH SAAT MINUM SUSU@wiwin_chan: @zwitsal_id Alvin 13m dari bayi sering muntah2, gak mau minum susu, sekarang mulutnya bau.. Sebenarnya sakit apa?
Muntah yg sring pd anak salah stau penyebab Gastroesophageal Reflux. Kadang asam lambung mmbuat nyeri disaluran makan shgga anakmalas menyusu. sebaiknyaperiksakan ke DSA pencernaan.
Topik : MENGENAL CAMPAK@21_panca: @zwitsal_id bintik merah d kulit anak yg skt cmpak akan timbul stlh pns trn atau pas pd saat dia pns
Ruam merah pd campak muncul pd saat demam sdg tinggi. Selain itu, biasanya disertai batuk pilek & mata merah belekan.
Topik : BIBIR BAYI BIRU SETELAH MAKAN SEMANGKA@Dewyraffi: @zwitsal_id knpa ya stiap bis mkan buah smagka,bibir ank sya lgsg brubah wrna biru,apa pnyebbnya?
Reaksi alergi biasanya tdk menyebabkan bibir biru tp malah bengkak merah&gatal. Tetapi jika keluhan menetap sebaiknya hentikan mengkonsumsi semangka.
Topik : PENGARUH ALERGI TELUR TERHADAP VAKSIN MMR@elementalpony: @zwitsal_id Dok betul nggak sih jika bayi yang alergi telur tidak bisa vaksin MMR?
Alergi telur bkn merupakan kontra indikasi pemberian imunisasi MMR.
Topik : BINTIK BERISI CAIRAN BENING DI KULIT KAKI@ERosanieta: @zwitsal_id Anakku balita 3 thn, kaki tumbuk bintik berisi cairan bening yang gatal yang jika menyebar kekulit lainnya,
Penyebab bintik ditelapak kaki bs infeksi virus/jamur atau alergi(dyshydrotic eczema). Sebaiknya diperiksakan utk mengetahui diagnosis shgga bs diberikan tata laksana yg tepat.
Topik : MENGOBATI BATUK PILEK TANPA ANTIBIOTIK PADA BALITA@rahmandanada: @zwitsal_id bagaimana y cra untuk mengobati batuk / pilek anak usia 2thn tnpa hrus memberikanny antibiotik?
Batuk pilek pd anak penyebab tersering adl virus yg tdk membutuhkan antibiotik. Sangat jarang kondisi batpil yg butuh antibiotik. Anak hanya membutuhkan cairan yg banyak supaya dahak tdk kental. Batpil akn reda sendiri stlh infeksi virus teratasi olh daya tahan tubuh. Observasi komplikasi sesak&infeksi telinga
Topik : IMUNISASI SAAT SI KECIL DEMAM, BAHAYAKAH?@meyrizta: @zwitsal_id Danis(16m) bln ini ad jadwal imunisasi ulangan tp ud 3hari ni badannya anget krn mau tumbuh gigi baiknya gmn?
Demam ringan bkn merupakan halangan utk imunisasi. Imunisasi ditunda jk demam tinggi/sakit berat
Topik : BAYI 13 BULAN BAB 6-8 KALI, NORMALKAH?@tiqa2: @zwitsal_id baby13 bln,sdh 11 hr BAB 1hr bs 6-8x,apakah wajar?sering kentut dan langs pup sedikit2,sdh dipijit,apakah kembung?
Jk BAB lbh sering dari biasanya, >5x perhari, konsistensi cair, bisa dikatakan diare. Penyebab tersering virus. Jk >14 hr, periksakan ke dokter .
Topik : PERTAMBAHAN BERAT BADAN NORMAL ANAK@itsMeMitHaa: @zwitsal_id dok,anak sya 7bln.naik BB nya kok dikit bgt tiap bln ya?kira2 cm400gr,pdhl makanny cukup,apa krn dy aktif?
Penambahan BB antara 6-12bln sekitar 300gr/bln. Yg terpenting plot BB&TB di GrowthChart WHO. Jk baik tdk perlu khawatir
Topik : MENGOBATI BATUK PILEK PADA BAYI 1,5 TAHUN@christ_leny: @zwitsal_id bgaimna cara mnangani bapil pd by17 bln dg berat 7,8 kg ya dok?diberi obat ap?tq
Batpil pd anak merupakan reaksi tubuh thdp infeksi virus disaluran napas. Sbagian bsr tdk butuh obat, hanya bth cairan/minum yg cukup. Biasanya membaik sendiri dlm 2-3 minggu.
Topik : JIKA SI KECIL TUMBUH GIGI DISAMPING@bunda_azza: @zwitsal_id anakku br tumbuh giginya tp bkn di dpn tp disamping (bkn geraham). Apakah berpengaruh?
Tumbuh gigi pertama biasanya memang ditengah, tapi kadang dipinggir & bkn merupakan suatu kelainan. Tdk perlu khawatir
Topik : SOLUSI SEDERHANA MENANGANI BIANG KERINGAT@eri_santy: @zwitsal_id Ankku 3thn, kulit sk muncul bintik2 kasar klu dy merasa gerah n hbs d garuk Solusi y pa y dok?
Sering2 basuh jk berkeringat. Jk kulit kering berikan pelembab setiap sehabis mandi
Topik : PENYEBAB SEMBELIT DAN PENANGANANNYA@ninja122: @zwitsal_id anak sy 14bln klo BAB selalu ngejan &keras kadang berdarah, pdhl sudah mkn buah & sayuran, knp ya?
Penyebab BAB berdarah & mengejan (sembelit/konstipasi) adlh kurang serat & air. Pilihlah buah & sayur yg bnyk serat, spt Pir, Alpukat, Plum & sayuran hijau. Beri minum setiap sehabis makan. Jika konsumsi susu berlebihan, batasi maksimal 500ml
Topik : PENYEBAB SEMBELIT DAN PENANGANANNYA@EviCarolin: @zwitsal_id sore dok, anak sy (6 bln) jarinya melepuh & merah2 kena setrika. Diolesi apa ya biar sembuh?
Luka bakar yg melepuh tdk perlu diolesi apapun. Ckp biarkan bersih tdk terkena kotoran. Luka akan membaik sndiri. Jk luka bakarnya luas/dalam, periksakan ke dokter.
Topik : IMUNISASI PADA SAAT SI KECIL BATUK DAN PILEK@dadezcoklat: @zwitsal_id anakq 8m2w pilek dari mgg lalu, hr ini jadwal imunisasi..boleh gak ya .. bahaya gak ya...
Batpil ringan tdk merupakan hambatan utk imunisasi. Tunda imunisasi jk anak demam tinggi/sesak
Topik : SAAT SI KECIL BATUK DAN MUNTAH@novi_roslaini: @zwitsal_id anak sy jk batuk sllu dsertai muntah.Jk sdh muntah,timbul demam tggi.Jgnkn bbur,ssu/air putih sllu muntah
Batuk yg ckp keras sering memicu muntah. Biasanya bkn problem disaluran cerna. Akan mereda stlh lendir/batuk berkurang.Beri makan/minum dgn porsi kecil tapi sering agar tidak memicu muntah.
Topik : MENGATASI BENTOL BEKAS GIGITAN NYAMUK@rinnbags: @zwitsal_id babyku 3bln tangan dan kaki merah2 kyk digigit nyamuk,knp yaa? Dan gmn mengatasinya
Bentol/bintik ditangan & kaki, sering disebabkan olh gigitan serangga (nyamuk, semut, dll). Biasanya sembuh sendiri meski kadang berbekas hitam yg lama kelamaan akan hilang.
Topik : BAHAYA KONSUMSI ANTIBIOTIK SECARA TERUS MENERUS PADA BAYI@rinnbags: @zwitsal_id anak sy17m,hmpir tiap bln batpil,tiap ke dsa slalu diberi antibiotik,bahayakah jk kseringan mkonsumsi ab?
Penggunaan antibiotik yg tdk ada indikasi berpotensi menyebabkan resistensi bakteri thdp antibiotik tsb. Sehingga jk terkena bakteri tsb butuh antibiotik yg lebih kuat & mahal. Selain itu bakteri baik ditubuh akan mati shingga ganggu sistem pertahanan tubuh. Gunakan antibiotik scr tepat/rasional
Topik : AGAR BAYI TIDAK MUDAH SAKIT@AmyrizkiAmy: @zwitsal_id dok by ak 10bln,gampang sekali ketularan batuk pilek,vitamin apa utk baby ak y, spy dia tdk gampang skt,tks
Tbh sdh dilengkapi dy tahan tbh utk mlawan infeksi. Slm gizi seimbang tdk diperlukan tambahan vit utk kekebalan tbh. ASI mengandung anti infeksi sehingga dpt membantu anak meningkatkan daya tahan tbh nya. Hindari paparan virus dgn membatasi pergi ketempat ramai, org dewasa yg sakit menggunakan masker.
Topik : MENANGANI JAMUR PENYEBAB KETOMBE PADA BAYI@annielaras: @zwitsal_id Ketombe sdh di bersihkan pake babyoil, bs hilang tp kemudian timbul lagi, sudah setahun lbh spt itu,apa ada obat khusus dok?
Kdng jamur jg berperan dlm menimbulkan ketombe/dermatitis seboroik, sehingga dibutuhkan shampo yg mengandung anti jamur. Cobalah konsultasikan ke dokter
Topik : BALITA 2 TAHUN SERING SESAK NAFAS KETIKA FLU@odiendha: @zwitsal_id anak saya 2 tahun dok. setiap kali dia flu..pasti sesak..susah bernafas..apa setiap dia flu perlu di nebul dok?
Bedakan susah nafas krn mampet hidung dgn sesak nafas. Jk susah nafas bersihkan ingus, matikan AC. Klo perlu blh beri tetes hidung NaCL. Jk sesak nafas periksakan sgr & tanya diagnosisnya krn harus ditangani segera. Nebulizer diberikan kpd anak asma.
Topik : WARNA BAB DETEKSI PENYAKIT PADA BAYI?@DsheKay: @zwitsal_id apakah warna pup bisa mnjelaskan bayi sedang sakit atw tidak ya?
Warna BAB bisa bervariasi berwarna kuning, cokelat, atau hijau tergantung asupan makanan/susu/ASI. Namun jk BAB ada darah segera periksakan krn bkn merupakan hal yg normal.
Topik : PEMIJATAN SAAT ANAK DIARE MENYEBABKAN KEMATIAN?@yenialbar: @zwitsal_id btul g ank,2th g blh dipijit Di bag. Perut klo lg diare,ini terjd ama anku stelah dpjt kejang2 trs ga ktolong
Turut berduka cita, tapi pijat seharusnya tdk menimbulkan kejang. Penyebab kejang pd Diare bnyk faktornya. Bisa krn kekurangan cairan/elektrolit, atau infeksi virus diotak (ensefalitis).
Topik : JIKA SI KECIL JARANG BAB@ye4ye: @zwitsal_id baby aku 8bln BAB kurang dr 3X seminggu,gimana solusinya dok.
BAB yg lbh jarang dibanding biasanya, apalagi disertai mengejan, tinja yg keras bisa disebut sembelit. Jk tdk disertai mengejan, tinja tdk keras, tampaknya bkn sembelit. berikan serat & cairan lbh banyak.
Topik : KULIT BAYI BERSISIK DAN MENGELUPAS @zwitsal_id Pd sebagian anak yg kulitnya sensitif, sering kulit mnjadi merah, bersisik & kemudian mengelupas.
Paling sering trjd didaerah punggung. Bkn merupakan hal yg bahaya. Dgn bertambah besarnya anak biasanya akn menghilang
Topik : JIKA LIDAH BAYI BERWARNA PUTIH TEBAL@odiendha: @zwitsal_id dok apapenyebab lidah anak sy berwarna putih tebal sy ska mmberihkannya pake airhangat&kasa! Berbahaya gak dok!
Pd anak yg msh banyak mengkonsumsi susu/ASI, seringkali lidah berwarna putih. Tdk berbahaya, akan hilang sendiri. Jk bercak putih menggumpal spt susu dilangit2 & bibir, tdk menghilang dgn dibersihkan .Mungkin disebabkan jamur & perlu diberi anti jamur olh dokter
Topik : BERAT NORMAL BAYI USIA 2 BULAN@ekarosmayanti: @zwitsal_id bayi usia 2m dan bb ampe 7,8 kegemukan ga ya makasih
Pd bayi ASI tdk perlu khawatir jk berat badan naik dgn pesat. ASI akan mencegah bayi obesitas dikemudian hari.
Topik : IMUNISASI DI USIA LANJUT (2 TAHUN)@cen78: @zwitsal_id mau tanya.kalau udh 2 th masi.perlu imunisasi lagi? Tq
Jdwl imunisasi bs dilihat di http://idai.or.id . Usia 2th ada imunisasi tifoid & hepatitis A. Usia 5th ada ulangan DPT/Polio 5.

ShareThis