[facebook] Membahas Alergi Pada Kulit Bayi bersama Dokter Endah Citraresmi, SpA

Topik : Ruam Popok Di Sekitar Area Kemaluan BayiPertanyaan dari Bunda Vthree Biahbioh : Kalau iritasi dekat miss v karena siang malam pakai pampers bagaimana dok ?
Sebaiknya, dibatasi penggunaan diapers dan sering-sering mengganti diapers yang sudah basah. Gunakan selalu Baby Cream yang mengandung Zinc setiap sehabis membersihkan bekas pipis maupun buang air besar.
Topik : Kulit punggung keringPertanyaan dari Bunda Dian Handayani : Kulit punggung anak sering kering dan dia selalu merasa gatal. Sudah memakai sabun dan bedak namun tidak ada perubahan
Biasanya karena kulit anak sangat sensitif, bahkan terhadap keringat. Jika berkeringat, sering-sering dibasuh dengan air. Sehabis mandi selalu gunakan pelembab. Sebaiknya pelembabnya yang Hypo-Allergenic.
Topik : Alergi gigitan nyamuk/serangga (Dermatitis Atopi)Pertanyaan dari Bunda Dian Komala : Dok, anak sy 4th sering sekali kakinya timbul bentol2, pertama sy kira digigit nyamuk, tp dia garuk jd lecet dan berbekas.. Tp sering bgt dan cuma di kaki saja, tangan bersih..di lipatan lutut jg sering muncul rash.. Alergi kah? Obat/salep hilangkan bekas digaruknya apa ya?
Biasanya anak seperti itu memiliki Dermatitis Atopi dan sangat sensitif dengan gigitan serangga seperti nyamuk, semut maupun tungau. Untuk menghindari gigitan sebaiknya gunakan baju lengan panjang dan celana panjang. Kulitnya yang kering sebaiknya menggunakan pelembab sehabis mandi. Bentol yang gatal boleh diberikan salep steroid yang penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.
Topik : Mengobati luka bekas alergi gigitan nyamuk/seranggaPertanyaan dari Bunda Nyonya Irawan : Anak saya umur 3th 10bln kalau habis digigit nyamuk atau semut pasti terus bentol ada airnya kayak cacar air kecil gitu, setelah meletus jadi luka basah gt Dok, kira2 solusinya apa ya? Anak saya sedari bayi memang gak mau makan hanya konsumsi sufor saja. Makasih
Sebagian anak memang sangat sensitif terhadap gigitan nyamuk maupun serangga lain seperti semut, kutu dan tungau. Gigitan ini biasanya memang paling sering mengenai area yang terbuka seperti tangan dan kaki. Paling baik sebetulnya adalah menghindari gigitan nyamuk dan serangga bisa dengan menggunakan kelambu, baju tertutup ataupun lotion yang mengandung bahan alami penolak nyamuk. Usahakan agar tidak digaruk karena akan makin membuat gatal bertambah dan menjadi luka. Boleh diberikan kompres dingin untuk mengurangi gatal. Dapat juga diberikan salep kulit steroid yang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk penggunaannya.
Topik : Iritasi sekitar pinggang dan bokongPertanyaan dari Bunda Restoe Hidayati : sore dok....anak saya umur 15 bln.dr awal pake pampers tidak ada masalah,tapi sdh 4 hari ini ada kyk iritasi gitu disekitar pinggang & daerah (maaf) bokong ny.klo alergi,alrgi apa y dok?coz pampers n susu ny tdk ganti dr dl.atau karena sy kasih vitamin ikan anak saya jd alergi?tq dok sebelumnya
Biasanya meskipun tidak ada penggantian merk diapers, sangat mungkin timbul dermatitis kontak akibat kontak yang lama terhadap urine dan tinja. Karena itu, biasakan untuk selalu mengganti diapers setiap basah oleh urine maupun kotor oleh tinja. Jika dengan baby cream tidak membaik sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk dinilai apakah sudah terjadi infeksi jamur atau memerlukan salep kulit steroid.
Topik : Mengatasi bekas iritasi akibat ruam popokAnakku pernah kena iritasi karena pampers bayi dan akhirnya bekas iritasi itu menjadi putih,apakah kulit babyku akan bisa kembali normal ya bu dan kira2 pampers merk apa ya bu yg bagus untuk kulit baby yang sensisitif,makasih bu dokter atas jawabannya
Bekas putih pasca timbulnya ruam, disebabkan oleh pigmen kulit yang tertekan akibat peradangan pada saat ruam muncul. Ini bersifat sementara dan akan hilang sendiri meskipun membutuhkan waktu lama.
Topik : Kulit merah akibat liurPertanyaan dari Bunda Echa Mamanya Nizam : sore Zwitsal dan Dr.Endah aku mau tanya nich anakku nizam sering ngences karena mau numbuh gigi..dan kulitnya sering merah karena kena air liur dileher..dan juga badannya sering merah2 ,apa itu alergi yach???apa mungkin dokter endah aku punya alergi pada makanan apa bisa nular ke anaku,makasih Zwitsal dan Dr.endah
Biasanya ruam merah di leher itu memang disebabkan oleh air liur maupun keringat. Sebaiknya sering-sering dibasuh jika anak berliur berlebihan maupun berkeringat. Dengan bertambahnya usia biasa akan menghilang. Alergi makanan pada Ibu mungkin bisa menurun ke anak meskipun gejala alerginya bisa berbeda.
Topik : Ruam karena ASIPertanyaan dari Bunda Safitri Bekti : Sore dokter, biang keringat itu apakah termasuk alergi ya dokter, bagaimana cara menghilangkan/mengobati biang keringat tsb. ? anak saya 2th sering sekali bruntusan di seluruh kening, pdhl tidak memakan makanan yg membuatnya alergi. bila memakan makanan yg buat dia alergi langsung gatal daerah mata smpek merah digaruk2, berbahayakah dokter ? pernah beberapa kali seperti itu tp krn saya sdh tahu penyebab makanannya tdk saya berikan lagi. mohon jawabannya, terima kasih.
Biang keringat atau milia disebabkan oleh kulit bayi yang masih sensitif bahkan terhadap keringatnya sendiri. Cara terbaik adalah dengan mengusahakan suhu tidak terlalu panas sehingga bayi tidak terlalu banyak berkeringat, sering2 membasuh area yang berkeringat. Penggunaan bedak dibolehkan jika memang terasa gatal.
Topik : Alergi makanan/seafood/susuPertanyaan dari Bunda Inayah Augustine : Sore bu dokter,tanaya (3.5bln)anak saya dbilang alergi sm dokter spesialis anaknya,anak saya ada alergi,sejumlah makanan turunan sapi ga bs saya makan,seafood jg ga bisa,suami saya pernah asma,dan saya asi eksklusif pertanyaanya gmn cara mencegah asma sejak dini dan kapan saatnya saya sanitasi anak saya biar saya bs makan turunan sapi n seafood?
Ruam merah yg biasanya terjadi di pipi merupakan salah satu bentuk alergi yg disebut Dermatitis Atopi (DA) / Eksim. Anak dengan DA memiliki kulit yang kering dan sangat sensitif terhadap benda2 yang mengiritasi kulitnya. Kosmetik, keringat, sabun, deterjen merupakan penyebab yang tersering. ASI bukan merupakan penyebab namun bayi bisa saja alergi terhadap kandungan allergen yang ada di dalam ASI yang dimakan oleh ibunya. Cara menangani ruam tersebut adalah dengan memberikan pelembab setiap sehabis mandi untuk membuat kulit tidka kering. Jika ruamnya sangat mengganggu dan bayi merasa gatal sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan salep kulit steroid.
Topik : Benjolan di leherPertanyaan dari Bunda Milda Bunda Zivana : Sore dok... Mau tanya anak saya umur 18bln d leher bagian blakangnya itu klo d pegang kyk ada benjolan kyk klenjar kykny tmbah besar dr pas wktu dia bayi. Itu bahaya juga gak iya dok? cz anakku gak pnah ngeluh skit slamani, dia pnya riwayat alergi susu sapi itu jg berpengaruh ma benjolan yang ada di leher belakangnya. Tq
Benjolan tersebut biasanya adalah kelenjar getah bening yg memang sering sekali membesar pada anak. Penyebab membesar biasanya adalah adanya infeksi di saluran nafas (batuk pilek) atau alergi di kulit, di sekitar muka dan leher. Selama benjolannya tidak lebih dari 2cm biasanya tidak dilakukan apa-apa.
Topik : Detergen khusus untuk pakaian bayiPertanyaan dari Bunda Myhijab Muslimah : Apakah bayi hrs memakai detergen khusus pakaian bayi biar kulitnya ga alergi dok?
Tidak perlu menggunakan deterjen khusus untuk bayi tetapi untukbayi yg memiliki kulit sensitif seperti bayi dengan Dermatitis Atopi, sebaiknya pakaiannya dibilas 2x pada saat dicuci untuk mengurangi deterjen yang masih menempel di baju.
Topik : Menghilangkan kehitaman bekas gigitan nyamukPertanyaan dari Bunda Fitri Yuniandy : Selamat sore dokter,anak saya umur 16 bulan n alergi gigitan nyamuk n serangga dgn meninggalkan bekas kehitaman n udah lama gak hilang apalg suka digaruk anak saya.tlg dokter berikan informasi resep obat apa bwt ngilanginnya soalnya anak saya putih n terlihat sekali.terima kasih
Cara terbaik adalah sebenarnya dengan menghindari gigtan nyamuk. Namunjika sudah terjadi dan berbekas kehitaman, tidak ada cara paling efektif untuk menghilangkannya dengan cepat. Untungnya bekas kehitaman tadi akan hilang sendiri seiring dengan waktu. Boleh diberikan pelembab untuk kulit bayi yang kering
Topik : Kebiasaan mengucek mata pada bayiPertanyaan dari Bunda Hikmah : Sore dok....anakku juga seperti bunda Ing Enha Settiauan sering garuk2/kucek2 muka tapi udah sejak umur 1bln sampe sekarang udah 6bln kenapa ya? sering kucek2 matany bahaya ga ya dok.. terima kasih
Bayi yang sering mengucek2 muka dan mata biasanya karena gatal. Bayi ini kulitnya biasanya sangat kering dan memiliki Dermatitis Atopi. Berikan pelembab pada kulit bayi yg kering setiap habis mandi.
Topik : Gatal di telinga/alergi makananPertanyaan dari Bunda Yeyen Khoirudin : Anak saya 18bln dari mulai bayi sudah alergi. dokter menyarankan untuk mengganti sufornya dengan susu soya. sekarang anak saya mengkonsumsi susu Soya. Mpe kapan ya bisa sembuh?klo lagi kambuh, telinganya gatal2 mpe luka.sekarang dia sudah tdk tak pakein anting. Dokter menyarankan untuk tdk mengkonsumsi ayam, ikan, telur, kacang hijau, bayam dan santan. trus mo dikasih apa dong?kan kasian. kadang nggak makan yang dilarang oleh dokter, tiba2 gatel. merah2 gtu kadang mpe luka. kasih saran dok
Gatal di telinga biasanya disebabkan oleh Dermatitis Atopi. Perlu diberikan salep steroid untuk mengurangi gatal dan meredakan peradangan. Dermatitis Atopi hanya sebagian kecil yg disebabkan oleh alergi makanan. Sangat jarang pula anak alergi terhadap berbagai jenis makanan sekaligus. Sebaiknya konsultasikan ke dokter alergi.
Topik : Alergi minyak telon/minyak kayu putihPertanyaan dari Bunda Fitri M : Anak sya kulitny sering jd merah & gatal bila d beri tel0n atw kayuputih.. Tp kadang2 ga apa2 klw d kshin.. Knp ya? d ksh apa ya, klw shbis mandi atw lg cuaca dingin,biar ga msuk angin? Krn tel0n /kyuputihny sya ga pke lg Mksh d0k..
Anak tertentu ada yg sensitif terhadap kosmetik seperti minyak telon, minyak kayu putih dan cologne. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari memberikan kosmetik tadi. Biasanya jika sudah tidak diberikan, ruam merahnya akan hilang sendiri.
Topik : Akupuntur untuk menghilangkan alergiPertanyaan dari Bunda Eveline Darmadi : Mau tanya apa alergi ini bisa di hlgkan dgn cara akupuntur?? Krn anak sy hampir 2 thn ini, dah menghindari mkn2 yg alergi tp msh tetap kdg timbul termsk tipe giant utikaria, kl minum obat baru hlg, dah minum susu soya, mkn daging sapi, sayur, dan buah yg mgd alergi spt pisang, papaya dah dihindari. Gmn solusinya ya? Apa bnr ada artikel kl madu bisa menyembuhkan? Mohon dijawab ya. Makasih.
Urtikaria yang timbul terus menerus (kronis) jarang disebabkan oleh makanan apalagi sudah berbagai makanan yang dihindari masih juga tidak membaik. Sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli alergi untuk dicarikan penyebab urtikaria nya. Akupunktur belum terbukti secara ilmiah dapat mengatasi penyakit alergi. Demikian juga madu.
Topik : Resiko Terpapar Alergen (penyebab Alergi) Secara Terus MenerusPertanyaan dari Bunda Risma Lestari : Dok, klo seorang anak alergi terhadap sesuatu tapi terus2an terpapar alergen itu apakah akan berakibat fatal?apakah dgn terpapar terus alergennya akan membuat anak menjadi kebal atau sebaliknya?
Anak yg menderita alergi yg berat tidak diperbolehkan untuk terpapar allergen tadi karena bisa berakibat fatal. Contohnya, ada anak yg langsung sesak nafas (anafilaksis) saat mengkonsumsi kacang tanah. Alergi lain yg sifatnya lebih ringan jika terus menerus terpapar allergen tidak berbahaya tetapi akan sangat menggangu kualitas hidup karena biasanya anak merasa gatal atau mengalami gejala alergi lainnya. Sebagian alergi makanan seperti terhadap susu sapi & telur akan menghilang sendiri biasanya setelah usia 1-2 tahun. Alergi terhadap kacang tanah dan seafood seringkali menetap sampai dewasa.
Topik : Kulit kepala bayi berketombe, berkerak dan merah-merah(cradle cap atau dermatitis seboroik)
Pada bayi, kadang kulit kepala tampak seperti berkerak kekuningan atau berketombe. Kondisi tersebut disebut cradle cap atau dermatitis seboroik. Selain mengenai kepala, dermatitis seboroik dapat juga mengenai area lain seperti lipatan leher, ketiak dan area diaper.
Penyebabnya diperikrakan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit bayi baru lahir, akibat hormon ibu yang masih beredar di darah bayi. Kadang disebabkan juga oleh jamur di kulit. Sebagian akan hilang sendiri dalam beberapa minggu, sebagian lagi baru menghilang dalam beberapa bulan.
Biasanya dianjurkan untuk menggunakan baby oil atau minyak lainnya untuk melembutkan kerak, dan menyisirnya dengan sisir halus, lalu keramasi bayi dengan shampoo bayi yang ringan.
Topik : Biang keringat di leher(miliaria)
Biang keringat atau heat rash atau miliaria merupakan kondisi yang sering dijumpai pada bayi. Disebabkan sumbatan kelenjar keringat, sering terjadi pada kondisi yang panas. Pada bayi biasanya muncul di leher, ketiak dan selangkangan.
Bisa berbentuk berupa gelembung kecil jernih, seringnya berupa ruam dan papul merah, bahkan bisa timbul nanah akibat peradangan dan infeksi bakteri. Dengan terapi apa pun, biang keringat akan membaik dalam 5-6 minggu.
Hal-hal yang perlu dilakukan:
Hindari berkeringat – gunakan penyejuk ruangan dan pakaian yang tipis dan longgar. Hindari iritasi kulit dengan menghindari pakaian yang berlapis-lapis dan ketat sehingga menggesek kulit, penggunaan sabun berlebihan dan kontak kulit dengan bahan iritan. Sering-sering membasuh atau mengkompres dengan air bisa menyamankan area yang sangat merah dan gatal. Lotion calamine dapat membantu menyamankan biang keringat. Kadang pada kondisi yang sangat mengganggu, dapat diberikan salep steroid yang ringan untuk membantu meredakan miliaria. Mandi dengan air biasa dapat membantu meredakan gatal maupun mengurangi paparan keringat di kulit leher. Mandi dapat dilakukan kapan saja, bahkan sebelum tidur.
Topik : Ruam dan iritasi di daerah bokong / area popok(diaper rash)
Disebut sebagai diaper rash atau nappy rash atau napkin dermatitis. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai ruam popok. Sangat sering terjadi pada bayi, akan menghilang sendiri jika bayi sudah berhenti menggunakan popok. Penyebab tersering akibat dermatitis kontak iritan. Kontak urine dan tinja akan menyebabkan ruam pada kulit jika berlangsung lama. Kadang terbentuk ammonia dan mengiritas kulit. Infeksi bakteri maupun jamur juga dapat mengenai area popok. Ruam popok tidak disebabkan oleh popoknya sendiri.

Cara pencegahan
Baik menggunakan popok sekali pakai atau popok kain, gantilah popok sesering mungkin. Jangan biarkan bayi menggunakan popok yang basah atau kotor. Basuh pantat bayi setiap mengganti popok, gunakan air hangat untuk membasuh semua urine dan tinja. Penggunaan sabun dan tissue basah bisa membuat perih jika sudah terjadi ruam. Keringkan dengan ditepuk-tepuk, jangan digosok. Beri pelembab atau baby cream kulit yang kering setiap mengganti popok. Jika ruam tidak kunjung membaik, periksakan ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan salep steroid ringan dan/atau salep anti jamur.
Topik : Ruam merah di pipi: kena ASI kah?(dermatitis atopi)
Ruam merah yang gatal di area pipi pada bayi, adalah dermatitis atopi atau atopic eczema. Sebagian dokter secara keliru memberikan istilah asma kulit. Biasanya dermatitis atopi timbul pada anak yang memiliki bakat alergi dari orangtua yang penderita alergi.
Dermatitis atopi disebabkan oleh interaksi kompleks faktor genetik dan lingkungan. Meliputi keruskaan pada fungsi barrier kulit sehingga kulit lebih sensitif terhadap bahan-bahan yang menyebabkan iritasi seperti sabun, kosmetik, juga terhadap perubahan cuaca dan suhu serta pencetus tidak spesifik lainnya.
Ruam yang muncul biasanya merah, gatal kadang basah. Saat tidak kambuh, kulit bisa tampak normal atau mengalami eczema kronis yang ditandai area yang kering, menebal dan gatal. Kulit biasanya kering, bersisik dan kemerahan dan sering tampak bekas garukan. Biasanya lokasi pertama terkena adalah pipi dan bisa meluas ke seluruh tubuh. Area popok biasanya tidak terkena karena cukup lembab. Pada sebagian anak, timbul ruam di belakang telinga atau disebut ear eczema.
Hal-hal yang perlu dilakukan:
Hindari faktor pencetus (jika memungkinkan), penggunaan pelembab secara teratur, dan sesekali penggunaan salep kulit steroid dengan pengawasan oleh dokter.
Topik : Jika terkena sinar matahari timbul bercak merah di kulit
Terdapat kondisi yang disebut photosensitivity atau photodermatosis. Ruam muncul setelah kontak dengan sinar matahari, hanya di area yang terpapar sinar matahari. Cara menanganinya hanya dengan menghindari kontak dengan sinar matahari.
Topik : Bercak putih di pipi dan badan (pityriasis alba)
Pada anak, terdapat bentuk dermatitis ringan yang tidak diketahui penyebabnya, disebut pityriasis alba. Bercak putih ini akan hilang sendiri dalam beberapa bulan meski beberapa kasus sampai membutuhkan bertahun-tahun untuk hilang. Tidak ada terapi yang diperlukan. Bisa diberikan krim pelembab untuk memperbaiki kulit yang kering. Biasanya dianjurkan untuk menghindari sinar matahari agar kulit sekitar tidak terlalu bertambah gelap sehingga membuat bercak putih semakin terlihat. Jika masih ragu, periksakan ke dokter karena perlu dibedakan dari panu yang merupakan infeksi kulit oleh jamur.
Topik : Gigitan nyamuk menimbulkan bentol besar dan berbekas kehitaman (insect bite atau papular urticaria)
Nyamuk dan berbagai jenis kutu, pada anak dapat menimbulkan bentol yang besar (papular urticaria) dan sangat gatal sehingga menyebabkan anak menggaruk. Bentolnya berlangsung beberapa hari dan meninggalkan bekas kehitaman. Dengan bertambah besarnya anak, kulit menjadi tidak sensitive sehingga keluhan semakin berkurang.
Saat anak digigit nyamuk atau kutu dan timbul bentol besar, dapat diberikan salep steroid ringan untuk mengurangi peradangan dan gatal. Cegah anak menggaruk. Bekas kehitaman akan menipis dan mungkin hilang setelah beberapa bulan. Yang terbaik adalah mencegah gigitan dengan menggunakan baju dan celana panjang serta menggunakan insect repellent yang aman untuk anak.
Topik : Ruam merah setelah demam( roseola atau tampek)
Beberapa virus tertentu, selain menimbulkan demam, juga menimbulkan ruam merah. Ruam merah di seluruh tubuh yang timbul setelah demam turun, biasanya disebut roseola atau exanthema subitum, atau dalam bahasa awamnya tampek. Disebabkan oleh virus, sembuh sendiri dan tidak membutuhkan obat apa-apa selain parasetamol saat demam. Demamnya biasanya tinggi, selama beberapa hari. Saat muncul ruam merah, tidak ada pantangan apa pun pada anak. Anak boleh mandi seperti biasa. Penyakit ini sangat menular, hindari anak kontak dengan temannya supaya tidak menularkan.
Topik : Bentol di seluruh tubuh akibat makanan atau obat atau sebab lain: urtikaria
Beberapa anak memiliki alergi terhadap makanan atau obat dalam bentuk timbul bentol di seluruh tubuh yang disebut urtikaria. Urtikaria ini akan menghilang saat pencetusnya dihentikan Untuk mengatasi rasa gatal akibat bentol, dapat diberikan kompres dingin, bedak cair/calamine lotion, dan jika sangat luas dan tidak membaik, dapat diberikan antihistamin. Urtikaria yang disertai bengkak di bibir atau kelopak mata (angioedema) perlu diperiksakan ke dokter dan mendapatkan antihistamin. Dikhawatirkan bengkak bisa terjadi juga di saluran napas sehingga bisa menyebabkan sumbatan napas. Satu-satunya cara efektif dalam tata laksana urtikaria karena alergi adalah dengan mencari pencetusnya dan menghindarinya. Urtikaria ini bisa juga bukan merupakan proses alergi. Ada anak yang jika kedinginan (misal sehabis mandi) menjadi merah dan bentol, atau ada yang jika kepanasan (terkena sinar matahari, berkeringat) menjadi bentol. Dan ada juga yang timbul urtikaria akibat infeksi virus atau bakteri. Biasanya urtikaria ini timbul saat anak demam. Baiknya jika penyebabnya tidak diketahui, periksakan pada dokter.
Topik : Alergi makanan dan tes alergi
Alergi makanan dapat timbul pada sebagian anak dengan gejala yang paling sering muncul adalah gejala di kulit berupa bentol di seluruh tubuh atau urtikaria atau ruam merah yang gatal berupa dermatitis atopi. Bisa juga mengenai saluran cerna berupa muntah dan diare atau BAB berdarah.
Jika mencurigai alergi makanan, segera hentikan makanan yang dicurigai. Dianjurkan untuk menghentikan sekitar 2-4 minggu sambil diamati apakah gejalanya menghilang atau tidak. Jika menghilang, maka sangat mungkin makanan tersebut yang menyebabkan alergi. Konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan menganjurkan provokasi atau memberikan ulang makanan tersebut untuk mengetahui apakah muncul kembali gejala yang sama. Tindakan open challenge tersebut merupakan cara untuk mengetahui penyebab alergi makanan.
Selain itu, dapat pula dilakukan tes alergi baik berupa tes kulit (skin prick test) maupun tes darah memeriksa IgE spesifik terhadap alergen tertentu. Skin prick test dapat dilakukan di RS yang memiliki dokter dengan subspesialisasi alergi.
Cara terbaik dalam tata laksana penyakit alergi adalah menghindari pencetusnya. Jadi proses identifikasi alergen pencetus sangat penting. Alergi terhadap susu sapi tidak berarti akan juga alergi terhadap daging sapi. Daging sapi sangat jarang menyebabkan alergi sehingga aman dikonsumsi.
Topik : Memilih produk perawatan kulit yang cocok untuk bayi
Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Bahkan bayi tertentu dapat memiliki kulit kering dan peka terhadap bahan iritan yang berasal dari kosmetik. Karena itu, sebelum menggunakan suatu produk pada bayi, cobakan dulu di pergelangan tangan bagian dalam. Tunggu selama 1-4 hari. Jika tidak timbul reaksi, produk tersebut dapat digunakan pada bayi. Jika mungkin, pilih produk yang hipoalergenik.
Bedak saat ini tidak dianjurkan digunakan pada bayi karena bisa membahayakan jika terhirup. Untuk mengatasi gatal karena biang keringat, dianjurkan memberikan calamine lotion.
Topik : Telapak kaki yang kering dan bersisik
Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan telapak kaki kering dan bersisik pada anak. Kondisi ini sering terjadi pada anak yang memiliki dermatitis atopi. Hal yang perlu dilakukan:
Berikan pelembab pada area kaki secara rutin.
Gunakan selalu alas kaki, jangan berjalan dengan telanjang kaki.
Jika ada tanda infeksi (nanah), konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.
Topik : Bekas operasi atau cacar meninggalkan bekas
Bekas sayatan operasi pasti akan meninggalkan bekas. Pada sebagian orang, bekas ini sangat menonjol dan mengganggu (keloid). Keloid ini tidak mengganggu secara fungsi, namun mengganggu dari segi penampilan. Tidak ada treatment yang efektik menghilangkan keloid. Beberapa dokter menganjurkan penyuntikan obat steroid ke dalam lesi, namun biasanya tidak bisa menghilangkan dengan sempurna. Cacar air biasanya tidak meninggalkan bekas yang nyata. Namun jika lesi cacar air digaruk dapat terinfeksi dan mengenai lapisan kulit yang lebih dalam sehingga meninggalkan bekas.
Topik : Jerawat pada bayi, infantile acne
Sebagian bayi akan mengalami timbul jerawat yang penyebabnya tidak diketahui. Sebagian besar akan menghilang sendiri dalam beberapa bulan. Jika terinfeksi, konsultasikan ke dokter.
Topik : Ruam merah di kulit alergi atau jamur?
Kadang memang sulit untuk menentukan penyebab suatu ruam merah di kulit. Kondisi yang cukup sering adalah alergi, meski infeksi jamur juga tidak jarang menyebabkan ruam merah. Jika memang belum jelas, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Berdasarkan bentuk ruam, dokter akan menentukan penyebab ruam tersebut. Jika belum yakin atau untuk mengkonfirmasi diagnosis, dokter mungkin akan menganjurkan melakukan pemeriksaan kerokan kulit untuk memeriksa jamur.

ShareThis