Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Tips Relaksasi Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan memang penuh dengan tantangan yang tidak mudah untuk dijalani, terutama dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan dan rutinitas Bunda. Akibatnya, stres menjadi hal yang tak jarang dialami oleh ibu hamil. Tapi, stres yang tak ditangani dengan baik bisa membahayakan kehamilan Bunda, lho. Seperti yang dilansir di webmd.com, stres pada ibu hamil bisa menyebabkan perubahan pada perkembangan otak bayi yang berujung pada masalah perilaku pada bayi ketika ia tumbuh dewasa.

Karena itulah, ibu hamil juga perlu relaksasi untuk membantu mengatasi stres. Berikut ini adalah beberapa cara relaksasi yang bisa Bunda lakukan selama kehamilan:

  1. Nikmati waktu sendiri! Salah satu kegiatan me time yang bisa jadi pilihan Bunda adalah olahraga yang sangat baik untuk Bunda dan untuk bayi dalam kandungan. Olahraga selama masa kehamilan membantu melancarkan peredaran darah yang mengalirkan nutrisi untuk bayi dalam kandungan Bunda. Jadi usahakan sebanyak mungkin berjalan-jalan di udara terbuka. Berenang juga termasuk olahraga yang disarankan. Hindari olahraga yang rentan guncangan, seperti lari/jogging atau berkuda.
  2. Perhatikan postur tubuh. Berjalan atau berdiri dengan punggung membungkuk akan menimbulkan sakit punggung, terutama ketika Bunda memasuki masa kehamilan 7 bulan atau trimester terakhir. Jangan memakai sepatu berhak tinggi, jangan meregang lutut terlalu sering dan jangan melakukan gerakan tiba-tiba selama masa kehamilan.
  3. Ikuti kegiatan senam hamil atau yoga yang baik untuk kesehatan dan membantu Bunda merasa lebih nyaman agar Bunda merasa lebih santai dan bisa melakukan semua persiapan melahirkan dengan tenang.
  4. Bersantai dan tidur sejenak jika menginginkannya. Postur tidur yang baik adalah tidur dengan posisi menyamping/miring, dengan lutut sisi atas menekuk. Letakkan bantal untuk menyangga perut dan lutut yang ditekuk.
  5. Manjakan diri seperti makan di luar rumah atau pergi ke salon/spa. Jika Bunda berencana untuk pergi liburan, Bunda masih bisa berkendara menggunakan pesawat terbang hingga masa kehamilan 7 bulan.

Masa kehamilan yang bebas stres akan membantu Bunda menjaga kesehatan kehamilan, sehingga bayi dalam kandungan Bunda bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Jadi, tak ada salahnya untuk memberi diri sendiri sedikit kemewahan untuk membantu Bunda menikmati masa kehamilan!

Sumber:
www.essentialbaby.com.au

Published on: Mar 19 2012