Kehamilan

Perkembangan Janin minggu 1-40 (Bagian 1)

Kehamilan Minggu 1

Minggu ini sebenarnya masih termasuk dalam periode menstruasi. Bahkan, pembuahan tidak terjadi. Ini adalah minggu yang sangat awal, jika bunda sedang merencanakan kehamilan, bunda bersikap seperti sedang hamil. Artinya. Bunda harus mulai makan makanan sehat, minum vitamin untuk kehamilan yang mengandung asam folat serta berhenti minum obat-obatan dan minuman yang mengandung alkohol, merokok serta makanan tidak sehat lainnya.

Kehamilan Minggu 2
Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. Artinya, periode menstruasi baru saja selesai. Rahim mulai membentuk lapisan pada endometrium yang mengental dan mengisi dengan darah siap menerima kehadiran janin. Ini menjadi tempat yang nyaman dan saluran makanan ke janin. Pada saat yang sama salah satu dari ovarium berkembang dalam persiapan untuk ovulasi (pembuahan).

Sekitar 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya, konsepsi terjadi. Ovarium melepaskan telur yang siap untuk dibuahi lebih bawah tuba falopi menunggu untuk saluran pasangan. Telur yang telah dibuahi membagi menjadi dua bagian 30 jam setelah pembuahan. Sambil terus membagi, telur bergerak di tuba falopi menuju rahim. Sambil terus membagi, bergerak telur di tuba falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula.

Kehamilan Minggu 3
Sampai kehamilan minggu ke-3, mungkin bunda masih belum sadar jika sedang hamil. Kehamilan terjadi ketika sperma membuahi telur yang matang di tuba falopi (saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim). Ada materi genetik dalam sel sperma dan sel telur yang telah dipecah menjadi ratusan (Ukurannya sangat kecil, 0,1-0,2 mm.) yang berubah menjadi blastosit yang masuk ke dalam saluran tuba dan kemudian ke dalam rahim. Setelah sekitar 5 hari, blastosit menempel pada rahim tersebut.

Kehamilan Minggu 4
Dalam pekan ini, sekelompok sel-sel baru ditanamkan berkembang sangat pesat, berkembang dan berkerumun. Kelompok sel dibagi menjadi dua bagian, satu menjadi plasenta dan lainnya menjadi janin. Sel berlapis juga terbentuk yang berkembang menjadi bagian tertentu dari bagian tubuh bayi nanti. Lapisan ketiga adalah ektoderm, endoderm dan mesoderm. Kantung ketuban dan saluran ketuban mulai bentuk dan juga yolk sac terlihat. Yolk sac atau kantung kuning, merupakan struktur membran yang berfungsi sebagai sistem sirkulasi embrio sampai jantungnya berfungsi. Yolk sac lanjut akan berkembang menjadi saluran pencernaan bayi.

Pada akhir minggu ini, mungkin bunda akan mendapatkan hasil yang positif jika menggunakan testpack. Ada banyak jenis tes yang dapat menunjukkan hasil positif bahkan 10 hari setelah pembuahan, tetapi bunda mungkin ingin menunggu beberapa hari lagi untuk hasil yang lebih akurat.

Sebaiknya bunda harus menghindari semua jenis obat kecuali disarankan oleh dokter kandungan. Banyak obat dan suplemen atau makanan yang aman untuk dimakan saat tidak hamil, namun bisa berakibat buruk bagi kandungan bunda. Beberapa obat flu, sinus dan obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan masalah bagi bunda dan kandungan.

Kehamilan Minggu 5
Minggu ini, panjang janin sekitar 1,27 mm. Sistem syaraf, otot, dan tulang mulai dibentuk.

Dalam minggu ini, bunda melewatkan periode menstruasi dan mungkin bunda sudah mulai menduga bahwa sedang hamil. Jika menguji di rumah dengan testpack, bunda akan memiliki hasil yang positif. Namun, kadang-kadang testpack tidak menunjukkan tanda-tanda positif sampai seminggu kemudian atau bahkan lebih, jadi jangan kecewa jika hasilnya negatif. Jika masih tidak mengalami menstruasi sampai beberapa hari setelah tes pertama, silakan lakukan tes lagi karena tingkat HCG (Human Chorionic Gonadotropin) meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan Anda sehingga lebih mudah terdeteksi oleh testpack.

Mungkin ini lah saat-saat pertama bunda merasa kurang nyaman dengan perut dan muntah mulai karena serangan 'morning sickness'. Biasanya ini terjadi di pagi hari, tetapi ada juga yang mengalaminya sepanjang hari bahkan sampai malam. Ada studi baru yang menunjukkan bahwa morning sickness merupakan tanda kehamilan yang sehat. Tapi kalaupun bunda tidak mengalaminya, tidak perlu khawatir karena sebenarnya ini hanya satu gejala kehamilan.

Kehamilan Minggu 6
Selamat!
Jantung bayi mulai berdetak. Hari ini, embrio berbentuk dengan panjang sekitar 1/17 inci. Ukuran embrio rata-rata sekitar 2 - 4 mm diukur dari bagian atas kepala sampai bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah ditutup.

Tali pusar juga berkembang. Mata dan telinga mulai tumbuh. Jantung janin mulai memompa darah ke tubuh mungil ini dan sebagian organ lain yang masih berkembang.

Mual atau morning sickness masih akan terus berlangsung dalam beberapa minggu. Bisa jadi bunda mulai menolak beberapa jenis makanan, bahkan makanan yang biasanya disukai! Mulai minggu ini, sebaiknya bunda mulai menemui dokter kandungdan untuk berkonsultasi. Yang jelas, jika bunda masih merokok dan minum minuman beralkohol, ini lah saatnya untuk benar-benar berhenti!

Kehamilan Minggu 7

Pada akhir minggu ketujuh, berat janin meningkat pesat. Ukuran saat ini sekitar sekitar 5 - 13 mm panjang dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar kacang hijau. Minggu ini, otak bayi akan berkembang, serta mata, hidung, usus, pankreas, dan tenggorokan. Tonjolan kecil yang tampak seperti tangan dan kaki, terbentuk pada minggu ke 6.

Pada minggu ke-7 ini, biasanya merupakan minggu terakhir dimana gejala kehamilan terlihat. Pada tahap ini, bunda akan mengalami penurunan berat badan dan kondisi ini normal karena bunda masih sering mual dan muntah. Namun dalam beberapa minggu ke depan, berat badan bunda akan meningkat cepat. Jika masih merasa mual dan muntah, pastikan bunda makan dan minum dalam porsi sedikit namun sering.

Kehamilan Minggu 8

Detak jantung bayi dapat didengar oleh USG. Ukuran janin sekitar 14 - 20 mm. Banyak perubahan akan terjadi pada janin bunda. Jari tangan dan kaki mulai berkembang. Wajah mulai terbentuk. Usus mulai membentuk tali pusar. Bronkus, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan mulai terbentuk.

Saat ini, ukuran rahim sama dengan ukuran buah jeruk. Berat badan mungkin mulai meningkat minggu ini. Jika ini kehamilan kedua, kehamilan dapat dilihat dengan jelas, otot-otot dan sendi tidak sekuat seperti sebelumnya (mulai kendur). Mungkin bunda akan mengalami sedikit masalah dengan kulit dalam minggu ini tapi jangan khawatir karena segera akan kembali normal pada trimester ke-2.

Kehamilan Minggu 9
Tulang mulai tumbuh. Mata dan lidah mulai terbentuk dengan sempurna. Telinga luar mulai bentuk, kaki dan tangan terus berkembang. Usus mulai bergeser dari tali pusar ke daerah perut sebagai pengembangan dari tubuh bayi. Jari-jari kecil mulai muncul tapi sangat singkat.

Minggu ini, ukuran janin berkisar 22 - 30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.
Apakah bunda mulai merasa tidak nyaman di bagian perut? Sering sembelit? Hal ini memang sering terjadi saat kehamilan. Pastikan asupan cairan bunda cukup. Dehidrasi merupakan penyakit yang sering terjadi pada wanita hamil karena saat hamil kebutuhan cairan tubuh juga meningkat.

Kehamilan Minggu 10
Sekitar minggu ini janin sudah mulai bergerak di dalam rahim. Semua organ vital mulai bekerja sama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat, hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit.

Janin itu mulai terlihat seperti manusia kecil dengan ukuran panjang 32 - 43 mm dan berat sekitar 7 gram. Saat di-USG, bunda akan mengenali siku, lutut, pergelangan tangan, bahu, pergelangan kaki, seperti tangan dengan jari-jari dan kaki dengan jari-jari kecil. Tapi karena ukurannya masih kecil, bunda mungkin tidak akan melihat gerakan sama sekali.

Dalam minggu ini, bunda mungkin akan mengalami perubahan suasana hati. Mual kehamilan yang dirasakan bunda mungkin sudah sedikit berkurang, tapi bisa jadi belum karena dipengaruhi perubahan hormon yang kerap naik turun.

Selama kehamilan, volume darah akan meningkat. Rata-rata kenaikan sekitar 50% lebih sampai akhir kehamilan. Ini membuat pembuluh darah lebih terlihat pada kulit, coba perhatikan di bagian payudara, kaki, dan perut.

Berat badan akan terus meningkat. Saat menemui dokter kandungan, berat badan bunda pasti akan diperiksa untuk mengetahui apakah berat bunda sudah cukup. Berat badan di bawah rata-rata mungkin merupakan tanda masalah tertentu. Misalnya bayi berat badan di bawah rata-rata karena kurangnya asupan makanan dari plasenta. Selama hamil, sebaiknya bunda makan dengan bijaksana! Pilih lah makanan sehat. Kenaikan berat badan selama hamil yang normal berkisar antara 12-20 kg.

Kehamilan Minggu 11
Minggu ini masih merupakan saat kritis perkembangan bayi. Mulai minggu ini hingga minggu 20, pertumbuhan bayi sangat cepat. Dari 44-60 mm dan beratnya 8 gram sampai 14-16 cm dan berat 260 gram pada 20 minggu. Ukuran kepalanya adalah sekitar setengah panjang tubuh. Alat kelamin luar berkembang, namun masih terlalu dini untuk memeriksa jenis kelamin dengan USG. Cacat lahir atau kelainan dapat terbentuk pada awal minggu 10 sampai 11. Sampai minggu ini, plasenta belum mulai bekerja dan akan berubah dalam 10-14 hari ke depan.

Bunda akan mengalami nafsu makan yang meningkat dan penciuman akan menjadi lebih sensitif sehingga akan terganggu dengan bau tertentu.

Kehamilan Minggu 12

Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil. Jari kecil dan jari kaki sepenuhnya terpisah. Usus bayi berada di dalam rongga perut.

Dengan meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin juga meningkat. Ukuran janin berkisar sekitar 63 mm dan berat 14 gram.

Kehamilan Minggu 13
Pada akhir trimester pertama, plasenta berkembang menyediakan oksigen, nutrisi, dan limbah bayi. Kelopak mata bayi meringkuk untuk melindungi mata berkembang. Janin mencapai panjang 76 mm dan berat 19 gram

Kehamilan Minggu 14
Tiga bulan setelah pembuahan, ukuran panjang janin berkisar sekitar 80-110 mm dan berat 25 gram. Lehernya tumbuh lebih panjang dan lebih kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh. Kelenjar prostat pada bayi laki-laki dan ovarium berkembang turun dari perut menuju rongga panggul.

Kehamilan Minggu 15
Tulang dan sumsum tulang dalam sistem kerangka terus berkembang. Jika bayi Anda perempuan, ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pekan ini. Kulit bayi sangat tipis sehingga pembuluh darah terlihat. Pada akhir minggu ini, berat janin 49 gram dan panjangnya 113 mm.

Kehamilan Minggu 16
Janin mulai bergerak! Tapi tidak perlu khawatir jika bunda belum merasakannya. Minggu ini, janin memiliki ukuran 116 mm dan berat 80 gram.

Kehamilan Minggu 17
Dengan panjang 12 cm dan berat 100 gram, bayi masih sangat kecil. Noble coklat lapisan lemak mulai tumbuh, untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir. Tahukah Anda? Ketika ia / dia dilahirkan, berat lapisan lemak mencapai tiga perempat dari total berat.

Kehamilan Minggu 18
Coba deh bunda bernyanyi untuk sang janin, karena di minggu ini, ia mulai mampu mendengar. Ia bisa terkejut bila mendengar sesuatu yang keras! Mata bayi mulai berkembang. Janin juga akan mulai menundukan kepalanya seperti memberi hormat saat perut bunda terkena cahaya, seperti jika bunda sedang berjemur atau menyorotkan senter ke arah perut bunda. Minggu ini, ukuran panjang janin akan berkisar 14 cm dan berat 140 gram.
 
Kehamilan Minggu 19
Tubuh bayi ditutupi dengan verniks kaseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Otak bayi telah memiliki jutaan saraf motorik sehingga ia mulai mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Ukuran janin minggu ini berkisar 226 gram dengan panjang hampir 16 cm

Kehamilan Minggu 20
Minggu ini, berat janin berkisar 260 gram dan panjangnya 14-16 cm. Di bawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epidermis, dan subkutan. Rambut dan kuku juga sudah mulai tumbuh.

 

Baca selanjutnya di “Perkembangan Janin 1-40 (bagian ke-2)”

Sumber:

http://goodbabyguide.com/pregnancy/pregnancy-week-by-week-guide-week-1-40/

 


ShareThis

 

 

 

Klik tombol tag untuk baca artikel yang berhubungan lainnya

Dian Sastro's Blog

Dian Sastro berbagi pengalaman pertamanya sebagai Ibu?

Artikel Terkait


Kebutuhan Awal Untuk Perawatan Bayi

Video

Temukan nama yang cocok untuk bayi Anda disini.