Kehamilan

Menstimulasi Janin Dalam Kandungan

Proses pembejalaran si kecil tidak dimulai sejak dia lahir, tapi sejak dia masih berada dalam kandungan. Pada minggu ke-28 masa kehamilan, anak Bunda dalam kandungan telah memiliki pendengaran yang sempurna dan bisa mendengar suara klakson, musik, dan suara Anda. USG bahkan menunjukkan ketika janin tersentak karena kaget ketika mendengar suara keras atau memutar tubuh untuk melihat sumber cahaya.

Untuk itu, Bunda bisa mulai menstimulasi otak bayi sejak dia masih dalam kandungan. Selain untuk mendidik si kecil, pemberian stimulasi ini juga membantu Bunda merasa terikat dengan si kecil. Yang bisa lakukan untuk menstimulasi si kecil sejak dalam kandungan di antaranya adalah:

  1. Berbicara dengan si kecil sebanyak mungkin

Walaupun dia belum bisa mengerti perkataan Bunda, tapi janin dalam kandungan bisa mendengar pola dan ritme suara. Beberapa bukti bahkan mengatakan bahwa bayi baru lahir akan memutar tubuh menuju suara ayah dan ibunya

  1. Nyanyikan lagu pengantar tidur

Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi bisa mengingat dan mengenali lagu yang mereka dengar di dalam kandungan.

  1. Bacakan buku favorit

Dalam sebuah penelitian, beberapa wanita hamil diminta untuk membaca buku Dr. Seuss selama kehamilannya. Setelah melahirkan, para peneliti memutarkan rekaman suara beberapa orang membacakan cerita Dr. Seuss dan cerita lainnya. Ternyata bayi-bayi tersebut bisa membedakan rekaman suara ibunya yang membacakan buku Dr. Seuss!

  1. Dengarkan musik

Bayi menyukai semua jenis musik, tapi peneliti yang mempelajari reaksi janin pada beberapa jenis lagu menemukan bahwa mereka lebih menyukai lagu dengan ritme yang mirip detak jantung ibunya, yaitu sekitar 60 ketukan per menit. Lagu yang sesuai kriteria ini adalah karya Mozart dan Vivaldi. Sedangkan Beethoven dan Brahms memiliki ritme tidak teratur yang bisa membuat beberapa bayi tidak tenang. Musik rock juga tidak disarankan, karena air ketuban cenderung memperkeras suara

  1. Perkenalkan berbagai jenis rasa makanan

Penelitian menunjukkan bahwa bayi dalam kandungan bisa mendeteksi rasa makanan yang dikonsumsi ibunya. Stimulasi melalui berbagai rasa makanan penting bagi perkembangan otak janin. Tapi yang lebih penting lagi adalah makanan bergizi selama kehamilan, terutama asam folat dan omega 3 yang banyak ditemukan dalam ikan seperti tuna dan salmon, serta tahu, yang sangat penting dalam pembentukan otak janin.

 

Sumber:

http://o5.com/5-ways-to-teach-your-baby%E2%80%94in-the-womb/


ShareThis

 

 

 

Klik tombol tag untuk baca artikel yang berhubungan lainnya

Dian Sastro's Blog

Dian Sastro berbagi pengalaman pertamanya sebagai Ibu?

Artikel Terkait


Kebutuhan Awal Untuk Perawatan Bayi

Video

Temukan nama yang cocok untuk bayi Anda disini.