Hindari Produk Kosmetik Ini Selama Masa Kehamilan

shutterstock_120561451
Jul 18 2013

Setiap ibu hamil pasti ingin selalu tampil cantik dan menarik selama menjalani masa kehamilannya. Namun, Bunda harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik karena beberapa di antaranya mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Setiap ibu hamil harus tetap tampil cantik dan menarik selama menjalani masa kehamilannya, namun Bunda harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik atau produk kecantikan yang akan digunakan saat hamil. Bunda harus dapat memastikan bahwa produk kecantikan yang akan digunakan menurut penelitian telah terbukti aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi kehamilan dan kondisi bayi saat dilahirkan. Oleh sebab itu, agar tidak salah melangkah, Bunda harus mengetahui berbagai info kehamilan yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan telah terbukti kebenarannya.

Di bawah ini ada beberapa info kehamilan mengenai produk kecantikan atau kosmetik yang harus dihindari dan seberapa jauh keamanannya untuk digunakan ibu hamil, antara lain yaitu:

Obat Jerawat
Faktor hormonal merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat pada ibu hamil dan jika jerawat sudah sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan Bunda untuk mendapatkan obat jerawat yang aman digunakan. Obat jerawat yang mengandung accutane, retin-A dan tetrasiklin harus dihindari ibu hamil karena dapat mengakibatkan cacat lahir yang serius pada bayi.

  1. Krim
    Krim atau losion anti penuaan dan perawatan noda hitam untuk wajah juga berbahaya jika digunakan ibu hamil. Dosis rendah retinoid atau asam salsilat dan dosis tinggi vitamin A yang terkandung di dalamnya terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.
  2. Lipstik
    Jumlah zat pengawet dan pewarna yang terkandung dalam lipstik biasanya masih dalam batas wajar sehingga cukup aman digunakan ibu hamil, meskipun tanpa sengaja terjilat atau tertelan. Agar lebih aman, gunakanlah lipstik yang berbahan alami atau pelembap bibir untuk mengurangi bibir pecah-pecah.
  3. Body Lotion dan Body Spray
    Hindari produk kecantikan yang terlalu wangi seperti hand and body lotion dan body spray. Phthalates adalah zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya dan terkadang tidak dicantumkan dalam kemasan produk kecantikan. Zat ini dapat menghentikan perkembangan janin dalam kandungan.
  4. Krim Pemutih Kulit
    Hydroquinone atau glutathione adalah zat kimia berbahaya yang ada dalam krim pemutih kulit yang dapat menghambat proses pembentukan kulit bayi yang sehat secara alami sejak dalam kandungan dan dapat  menimbulkan reaksi alergi sehingga harus dihindari pada saat hamil dan menyusui.
  5. Kuteks
    Kuteks atau cat kuku dan cairan penghilang cat mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan gangguan kehamilan seperti cacat lahir dan terhambatnya perkembangan serta pertumbuhan janin.
  6. Cat Rambut
    Pilihlah cat rambut yang berbahan dasar alami dan aman bagi ibu hamil. Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Bunda.
  7. Perawatan Rambut
    Sebaiknya hindari melakukan perawatan rambut seperti pengeritingan atau pelurusan rambut karena bahan kimia di dalamnya sangat berbahaya bagi kehamilan dan janin.
  8. Tanning
    Hindari Tanning atau penggelapan warna kulit. DHA atau dihydroxyacetone adalah bahan utama yang digunakan dalam proses penggelapan kulit. Zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sangat berbahaya bagi janin.

Selama menjalani masa kehamilan, seorang ibu hamil dituntut untuk selalu memberikan perhatian lebih terhadap kondisi tubuh dan kesehatan janin di dalam kandungannya. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, Bunda dan calon bayi akan terhindar dari bahaya yang dapat mengancam kesehatan.

Sumber:

female.kompas.com/read/2012/03/29/1016497/8.Cara.Aman.Pakai.Kosmetik.Saat.Hamil

www.oktomagazine.com/oktofamily/Kehamilan_balita/5443/hindari.produk.kecantikan.saat.hamil